Cooking,  Events,  Food

Masak Kari Praktis dengan House Kari ala Jepang

Setelah sekian lama menghadiri event secara virtual dan berinteraksipun via online, akhirnya Sabtu 22 Januari 2022 kemarin aku bisa kembali bertatap muka dengan teman-teman blogger dan menghadiri event offline lagi,  menikmati rangkaian acara seru yang disiapkan oleh tim dari House Kari ala Jepang, so much fun!

Mengusung tema House of Heritages, tim House Kari ala Jepang mengajak kami para Blogger untuk menikmati acara dengan Fun Games dan membawa pulang banyak ilmu dan tips memasak. Event House of Heritages kemarin juga mendatangkan Chef Professional Theodorus Setyo untuk Live Cooking Demo. Chef Theo membagikan resep mudah memasak kari dan tips memasak lainnya yang pastinya berguna banget untuk aku terapkan di rumah.

Acara kemarin semakin seru dan berkesan karena dekorasi cantik dan venue yang pas dengan tema yang dipilih oleh House Kari ala Jepang. Bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio Kebayoran Baru, acara House of Heritages dibuka dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh Mba Dewi Febrina Iriani selaku Communication Executive dari PT. House & Vox Indonesia. Selain Mba Iriani hadir juga beberapa jajaran dari Management PT. House & Vox Indonesia. Mereka menyambut kami dengan sangat ramah.

Event House of Heritages

Acara House of Heritages ini sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan hand sanitizer di masing-masing meja peserta, wajib memakai masker selama acara berlangsung juga membagi para peserta menjadi 2 Group agar ruangan tidak terlalu penuh. Yup menuju Live cooking demo bersama Chef Theo, MC langsung membagi peserta menjadi 2 group, Group House dan Group Kari. Aku masuk ke dalam Group Kari yang akan menikmati fun games terlebih dahulu sebelum masuk ke cooking studio.

Fun gamesnya tuh seru banget, gak nyangka juga tim House Kari ala Jepang sudah menyiapkan berbagai bubuk bumbu untuk kami tebak nama dari setiap bubuk tersebut. Dari 13 bubuk bumbu, aku hanya bisa menebak 4 bumbu dengan benar, ternyata sulit juga ya mengenali bumbu dapur dengan mencium aromanya saja. Selain games tebak bubuk bumbu, ada lagi games menebak bahan masakan tanpa melihatnya, what a fun event!

Setelah asik bermain games, saatnya #GroupKari bergantian dengan #GroupHouse untuk mengikuti challenge duplicate dish, ihiyy berasa ikutan MasterChef loh. Chef Theo akan memasak menu kari yang menggunakan bumbu dari House of Kari ala Jepang, Nama menunya steak with veggie croquettes and sauce, bener gak nih penulisannya 😀 pokoknya ada daging steak, kroket kentang, sayuran dan tentunya saus kari.

Semua peserta akan memasak secara teamwork untuk recreate menu yang sudah didemokan oleh Chef Theo. Kak Tian menjadi partner masakku di sesi ini, happy banget apalagi kami bisa menyelesaikan menu tadi tepat waktu. Tim dari Almond Zucchini Studio sudah menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan di masing-masing meja peserta, jadi kami tinggal masak sambil mengingat kembali step by step dari proses memasaknya.

Steak with veggie croquettes and sauce ini terdiri dari daging steak yang tingkat kematangannya bebas di pilih, lalu ada sayuran cincang  (Brokoli, kembang kol dan wortel) yang dibungkus daun sawi hijau, ada kroket kentang yang digoreng crispy, lalu ada kari kental yang menggunakan saus padat dari House Kari ala Jepang. Untuk garnishnya sudah disiapkan oleh Chef Theo, ada baby carrot, jamur dan lainnya. Hidangannya benar-benar cantik.

 

Foto by kak Tian (Instagram: @tiandarinie)

Tara…ini dia hasil duplicate dish yang sudah aku dan kak Tian selesaikan, terima kasih banyak kak Tian atas kerja samanya. Masak kilat dan panik tiap diingetin waktunya tinggal sekian menit. Hasilnya lumayan miriplah ya sama buatan Chef Theo, hanya tingkat kematangan dagingnya yang berbeda:D haha. Menu ini bisa banget dibuat jadi hidangan untuk keluarga di rumah. Gak nyampe 30 menit semua compliment yang ada di dish tersebut selesai, kan untuk saus karinya pakai saus padat dari House Kari ala Jepang, jadinya mudah dan cepat. Gimana rasanya?

Saus Padat House Kari ala Jepang

  • Rasa dan Aroma

Sebelum aku tau ada saus padat kari yang super praktis ini, akutuh gak pernah sama sekali masak menu kari di rumah. Alasan pertama karena bumbu-bumbunya yang lumayan banyak dan alasan kedua karena aku lumayan trauma sama rasa plus aroma kari yang pernah aku cicipi di Spore, aroma karinya bau dan gak nyaman di hidung plus rasanya yang terlalu pekat dengan rempah-rempah India. Gak approved di lidahku yang Indonesia banget.

Setelah sekian lama bertahan gak makan kari, akhirnya aku nyicipin kari lagi di event Autumn Feastnya House Kari ala Jepang. Enak!! Alhamdulillah rasanya beda banget sama kari yang aku coba waktu itu.  Aroma kari dari House Kari ala Jepang ini sama sekali gak ‘mencolok’. Aroma karinya aman banget buat aku yang penciumannya agak sensitif. Ini kari instan terbaik sih yang pernah aku makan. Perpaduan rempahya pas dan gak bikin enek. Authentic taste dari Japanese curry nya itu pas sama lidah orang Indonesia.

Gak cuma aku yang bilang rasanya itu enak, karena hasil survei produk konsentrat saus pada Agustus 2015 lalu, ada 81% orang yang berpendapat sama, bahakan mereka menjawab kalau saus kari by House Kari ala Jepang ini sangat enak, dan 19% lainnya menjawab ‘enak’. Ini honest reviewku, rasanya memang approved banget di lidahku, rasa rempahnya gak terlalu strong, pokoknya wajib dicoba sih apalagi buat kamu yang suka olahan kari.

Selain rasa dan aroma yang oke, saus padat dari House Kari ala Jepang ini memudahkan proses memasak kari di rumah, praktis banget. Udah gak perlu menghaluskan bawang, ketumbar, jahe, cabe dan perintilan lainnya untuk membuat kari, cukup cemplungin aja blok saus padatnya ke dalam air, makanya masak menu kemarin yang tampilannya menu resto banget cuma butuh waktu kurang lebih 20 menitan aja, so easy!

  • Cara membuat kari ala Jepang

Langkah membuat kari dengan saus padat by House Kari ala Jepang ini mudah banget. Sama seperti yang aku dan kak Tian pratekkan kemarin, Langkah pertama tumis irisan bawang dengan sedikit minyak. Kalau mau buat kari isian daging atau sayuran berarti tumis isiannya terlebih dahulu lalu tambahkan 300ml air ke dalam tumisan tersebut (300ml itu untuk 1 blok saus padat ya). Selanjutnya masukan 1 blok saus padat House Kari ala Jepang ke dalam panci atau wajan, tunggu sampai mendidih. Lalu aduk rata dan matikan api, nanti saus karinya akan mengental.

Proses memasak saus padat hampir sama dengan konsentrat kari beku, kalau kamu menggunakan konsentrat kari beku maka cairkan terlebih dahulu kantong kemasan di dalam air panas, selanjutnya tuang kari yang sudah cair ke dalam panci yang sudah ditambahkan air terlebih dahulu, lalu didihkan. Kuah karinya tinggal di tuang deh sebagai topping di atas nasi atau katsu.

  • Merk No.1* yang sudah bersertifikat HALAL

Seneng deh makin kesini halal awareness para foodies makin meningkat, gak sedikit yang makin concern sama titik kritis tiap makanan yang mau dikonsumsi. Kehalalan jadi point paling penting yang harus diperhatikan karena apa yang kita konsumsi akan berimpact pada keberkahan dan semua aspek kehidupan kan. Alhamdulillah kari ala Jepang ini sudah bersertifikat Halal sejak 2016. Produknya juga sudah tersebar di berbagai penjuru dunia loh, InsyaAllah aman dan tenang banget untuk menikmati saus kari by House Kari ala Jepang kapanpun.

  • Varian dan Kemasan

Ada 2 jenis Kari ala Jepang yang bisa dipilih yaitu House Kari ala Jepang Saus Padat dan Konsentrat Kari Beku. Kalau saus padat disarankan untuk digunakan ke dalam olahan kari dengan sayuran dan isian daging sedangkan konsentrat kari beku biasanya lebih cocok digunakan sebagai saus siram seperti katsu kari dengan chicken katsu. Selain itu ada 2 varian rasa yang bisa dipilih yaitu Original dan Spicy. The Authentic taste of Japanese Curry ini tersedia dengan ukuran 935 gram untuk 50 porsi atau ukuran 300 gram untuk penyajian 16 porsi.

Nah House Kari ala Jepang ini sudah banyak dijual di berbagai offline dan online store, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli ataupun membeli langsung di All Fresh, Farmers Market, FoodHall dan masih banyak toko lainnya, mudah banget sih dapetin produk ini. Untuk informasi lengkapnya bisa cek langsung informasi pembeliannya melalui Official Instagram atau mengunjungi Facebooknya ya. Jadi udah siap jadi currymates yang bisa masak kari sendiri di rumah?

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.