nippon-paint-featured
Healthy,  Parenting

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Cat Anti Noda

Sharing this:

Berbagai cara dilakukan oleh orangtua untuk bisa optimalkan tumbuh kembang anak. Hal ini membuat para orangtua tentunya tidak ingin membatasi ruang gerak, imajinasi dan kreativitas anak-anaknya dalam bereksplorasi di ‘dunia’ mereka. Apalagi ragam kegiatan tersebut bisa mengembangkan bakat dan membangun jiwa kreatif anak sejak dini.

Banyak sekali aktifitas kreatif yang biasanya dilakukan anak – anak, seperti menggambar, mewarnai, menggunting bahkan mencoret – coret tembok di rumah. Yup mencoret tembok membentuk aneka garis, menempelkan noda di tembok jadi salah satu kegemaran putri pertamaku. Meski aku sudah menyediakan media gambar untuknya, tetap saja area eksplorasi gambarnya meluas hingga ke tembok rumah.

Kecenderungan anak usia 1-3 tahun untuk berkreasi memang menakjubkan, ada saja ulah kreatifnya. Sebaiknya sebagai orang tua kita tidak menghancurkan dan terlalu membatasi proses kreativitas yang mereka lakukan. Menurut beberapa psikolog anak, kreativitas terbentuk ketika anak memiliki ruang yang luas dan dukungan stimulasi yang tepat. So jangan berikan aturan yang terlalu banyak apalagi mengeluarkan komentar negatif saat melihat aksi kreatif mereka, jika tidak ingin mereka tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri.

Hal yang sama disampaikan oleh Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori.com (IMC) dan penulis seri buku Montessori di rumah. Dalam acara Nippon Paint dan IMC Gathering yang aku hadiri kemarin. Elvina menyampaikan bahwa kegiatan kreatif yang dilakukan anak bersama orangtua sebagian besar terjadi di dalam rumah.

Elvina Lim Kusumo menyampaikan materi bagaimana cara optimalkan tumbuh kembang anak
Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori.com (IMC)

Ragam kegiatan kreatif bisa dilakukan anak untuk optimalkan tumbuh kembang anak. Elvina memberikan 8 areas & activity ideas di rumah yang bisa dilakukan anak agar kesempatan bereksplorasinya lebih terasah.

  • Logic & Math : Counting, patterns, matching game, card game, checkers
  • Language: Read books, Storytelling, write a journal
  • Music: Play music, music lessons, sing songs
  • Spatial: Build, Puzzle, memory game, draw and read maps
  • Body & Physical Control: Dance, play with balls, jump, craft

Selain memberikan kesempatan untuk mereka berekslorasi dan melakukan hal – hal yang kreatif. Kita juga perlu mendampingi mereka dan menyediakan lingkungan rumah yang sehat agar proses bermain dan belajar yang mereka lakukan lebih optimal. “Pendampingan langsung orangtua dan didukung dengan lingkungan rumah yang sehat, tentunya menjadi faktor penting pada setiap proses belajar anak. Kenyaman beraktivitas di dalam rumah perlu dibangun, guna mendorong percaya diri, keberanian, dan semangat anak dalam menyelami minat dan bakatnya. Lingkungan yang nyaman tentunya juga memberikan kenyamanan bagi orangtua ketika mendampingi anak belajar”, tambah Elvina.

Acara yang berlangsung di Chipmunk Playland Kota Kasablanka ini dihadiri oleh para moms blogger, media dan IMC moms. Dengan tajuk ‘How to Sparks Your Child’s Passion’ Elvina memberikan banyak tips dan informasi baru untuk mengungkap minat dan bakatnya. Selain itu acara Nippon Paint x IMC gathering ini juga menjadi bagian dari kampanye rumah sehat yang dilakukan Nippon Paint dalam rangka mengajak dan mengedukasi orangtua untuk menyediakan lingkungan rumah yang bersih dan sehat sebagai faktor penting mendukung minat, bakat dan tumbuh kembang anak.

Pada kesempatan yang sama, CEO Decorative Paints Nippon Pain Indonesia, Jon Tan mengatakan “Kampanye rumah sehat bukan hanya memperkenalkan produk Nippon Spot-Less Plus sebagai cat anti-noda dan anti-kuman terdepan dan terbaik untuk orangtua, namun untuk memberikan edukasi dalam rangka mewujudkan rumah sehat untuk keluarga sehat”.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara independen oleh Nippon Paint ada beberapa fakta yang cukup mengejutkan yaitu:

  • 20% anak yang mengalami stress dan kegelisahan karena dilarang bermain
  • 70% orangtua menyatakan bahwa anak rata-rata menghabiskan 8-20 jam di dalam ruangan setiap harinya
  • 76% orangtua setuju bahwa anak-anak menyandarkan diri pada dinding ketika belajar berjalan
  • 88% orangtua tidak menyadari bahwa permukaan paling luas di dalam rumah yang banyak di huni kuman adalah Dinding
Linda Kam dari Nippon Paint yang juga hadir dalam acara
Linda Kam, Maketing Manager Nippon Paint Indonesia

Untuk itu penting sekali memilih cat rumah yang aman dan sehat untuk optimalkan tumbuh kembang anak. Seperti yang disampaikan Linda Kam, Maketing Manager Nippon Paint Indonesia. Lingkungan rumah yang sehat akan berimpact pada kondisi kesehatan anggota keluarga.

Anak – anak juga sering melakukan kegiatan kreatif di dinding rumah dimana dinding menjadi salah satu media transmisi penyakit. Dinding bisa menjadi tempat kuman dan kotoran menempel bahkan menumpuk. Nippon Paint Spot-less Plus memberikan inovasi melalui keunggulan produk terbarunya yang dapat mewujudkan rumah yang bersih dan sehat.

  1. Formula Silver Ion didalamnya telah lulus uji anti-mikroba dari SETSCO (lembaga akreditasi dari Singapura) dan diakui oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang efektif membasmi bakteri berbahaya di dinding.
  2. Stain Guard yang memberikan kemudahan bagi orangtua membersihkan noda di dinding seperti noda krayon, tinta warna, jus, saus sambal, dll. Adanya Stain Guard ini membuat lapisan cat tidak akan rusak walau sudah disikat lebih dari 10.000 kali pengujian.
  3. Clean Air yang menjadikan udara dalam rumah menjadi aman karena Nippon Spot-less Plus tidak mengandung Volatile Organic Compound (VOC) – zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Hal ini terbukti dengan diperolehnya sertifikat Green Label Singapore.
cat nippon paint untuk mendukung optimalkan tumbuh kembang anak
Nippon Paint Spot-less Plus

Nippon Spot-less Plus ini jadi cat inovatif yang bisa dipilih untuk dekorasi rumah terutama ruangan yang lebih banyak digunakan anak – anak untuk kegiatan kreativitasnya. Karenanya ketika acara tersebut aku mulai berpikir, jika aku menggunakan media belajar menggambar seperti buku yang bahan baku asalnya dari tumbuhan/pohon, kenapa aku tidak mengganti saja media tersebut dengan sesuatu yang lebih sehat dan mudah untuk dibersihkan.

Hal itu sekaligus akan mengajarkan kepada anak-anaku untuk lebih peduli dan bijak dalam menggunakan sesuatu yang terbuat dari alam. Ada sih opsi lain seperti papan tulis atau glass board tapi sepertinya hanya akan menambah jumlah barang di dalam rumah yang sekarang saja aku sudah bingung untuk menatanya. Lain halnya jika memanfaatkan media dinding yang tentu tidak menambah perabotan di rumah, terlebih jika ditambah dengan sentuhan Nippon Spot-less Plus. Selain bisa sebagai media belajar yang praktis, Nippon Spot-less Plus juga memiliki keunggulan anti-noda dan anti-kuman yang pasti sehat serta mudah untuk dibersihkan. Tambahan lainnya yang tak kalah menarik adalah Nippon Spot-less Plus tentu akan mempercantik tampilan ruang bermain atau kamar dengan pilihan warna yang sangat bervariasi (kurang lebih 10.000 pilihan warna loh). Nippon Paint memberikan pilihan dari warna yang soft seperti sweet peach atau crystal pink hingga warna cerah ceria yang sangat disukai anak-anak.

SEKILAS TENTANG NIPPON PAINT DI INDONESIA

Nippon Paint di Indonesia telah berdiri sejak 1969 dan turut menjadi produsen cat yang terbesar yang mendominasi berbagai segmen utama. Cat dekoratif seperti Vinilex, Pylox, Nippe 2000 dan di segmen Premium seperti Nippon Spotless, Nippon Spotless Plus, Nippon Flaw-less, dll.

Di industry otomotif, Nippon Paint juga menjadi cat bagi brand terkemuka seperti Toyota, Honda, Yamaha dan lain-lain. Selain itu, Nippon Paint juga menjadi produsen terkemuka pada segmen cat kayu, cat pelindung dan cat kapal laut. Prestasi yang diraih oleh Nippon Paint ini telah diakui secara global maupun nasional dengan diraihnya Best Company for Leadership Award in Pain Technology Asia oleh IAIR Awards, dan Company of Year dari Frost Sullivan, TOP Brand Award dan Superbrands sebagai bukti bila produk-produk Nippon Paint adalah pilihan masyarakat Indonesia.

Saat ini, Nippon Paint memiliki total 4 pabrik dan 35 titik distribusi atau kantor pemasaran di seluruh Indonesia. Nippon Paint juga memiliki lebih dari 3.000 tenaga kerja di seluruh Nusantara dan terus berkomitmen memberikan solusi terbaik untuk semua kebutuhan cat.

Wah sudah saatnya mempercayakan cat tembok rumah dengan cat yang bisa berkontribusi menjaga kesehatan anggota keluarga dengan kenggulan utamanya yakni anti noda dan anti kuman. Pastinya proses kreativitas anak – anak di rumah juga lebih optimal dan semakin aman. Let’s explore at home kids…

20 Comments

  • Avatar for Yeni Sovia
    Yeni Sovia

    Wah hadirnya cat anti noda dari Nippon ini, membantu banget emak-emak dan anak-anak juga ya mba. Jadi anak-anak bisa berkreasi sebebas apapun tanpa takut emaknya marah-marah temboknya dicorat coret wkwkwk

  • Avatar for artha
    artha

    benar sekali. Zril usia belum genap 2 tahun dan mulai suka corat coret. udah saya sediakan kertas besar agar ia puas corat coret pakai krayon. eh masih lirik dinding. hehe. benar sepertinya kudu dicat ulang pakai nippon paint biar kalau dicorat coret lagii, mudah bersihkannya

    • Avatar for Visya
      Visya

      Dulu waktu sepupuku kecil, Aku sempat momong, tembok kamar nenekku habis dicorat coret. Aku baru Sadar ternyata itu bukti kreativitas anak tapi kudu didikung ortu ya

  • Avatar for Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu

    Cat tembok Nippon ini yang daku suka , selain gampang dibersihkan, warnanya juga nggak cepat pudar. Harganya juga sesuai dengan kualitasnya yang bikin irit, jadinya tiap tahun gak perlu nge cat

  • Avatar for Grandys
    Grandys

    pemilihan cat tembok ketika kita sudah ada babby atau todler bahkan org dewasa pun harus cermat ya, aku suka gengges kalo rumha habis d cat. Tp tidak lagi karena ada Nippon ini nih

  • Avatar for Lia Yuliani
    Lia Yuliani

    Anakku juga usianya 3.5 tahun, memang senang rasanya bisa memantau Perkembangan anak. Metode Montessori ini bagus juga, ya, sayangnya saya baru familiar dengan ini. Ada cat anti noda gini pasti dicari Ibu-Ibu yang punya anak balita kayak saya contohnya. Hehe

  • Avatar for Keke Naima
    Keke Naima

    Saya udah punya pengalaman beli cat tembok asal-asalan. Hasilnya gak hanya jelek ke tembok, tetapi juga capek. Ngecatnya berulang-ulang dna tetap aja belang. Makanya sekarang udah gak mau asal lagi milih cat. Apalagi udah punya anak. Gak hanya cat yang bisa bikin warna tembok jadi bagus. Tetapi, cari cat yang membuat anak-anak nyaman beraktivitas dan aman buat kesehatan

  • Avatar for April Hamsa
    April Hamsa

    Wah seru bisa ketemu Mommy C.
    Wah baru tau ada data anak bisa berpotensi stress krn dilarang bermain ma ortu. Tugas ortu memang menciptakan suasana kondusif buat anak ya mbak buat bermain, salah satunya dengan pemilihan cat tembok yang aman.

    • Avatar for Wiwin
      Wiwin

      Keren sekali Nippon Paint ini. Mereka ga asal laku jualan cat tembok. Tapi mereka juga memikirkan tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan menciptakan cat tembok yang ramah anak.

  • Avatar for Suciarti Wahyuningtyas
    Suciarti Wahyuningtyas

    Saat anak tumbuh kembang, situasi rumah dan lingkungan juga harus ikut mendukung. Karena faktor utama tumbuh kembang anak dari rumah yang paling utama, untuk mendukung hal ini kita juga harus memperhatikan kebersihan rumah dan tentunya dapat membuat anak nyaman ya mbak. Apalagi kalau anak sudah mulai mencoret-coret dinding, kadang langsung kepikiran buat ngecat ulang gitu ya. Untung sekarang ada Nippon Spot-Less Plus yang mudah dibersihkan.

  • Avatar for lendyagasshi
    lendyagasshi

    Montessori itu anak maksimal sampai usia berapa ya, kak?
    Menarik metode pembelajarannya yaa…

    Dan paling happy kalau ada yang mendukung semua kebutuhan tumbuh kembang anak, dari mulai gizi hingga lingkungan yang bersih dan tidak membatasi ruang gerak anak.

    Nippon Paint spot-less terbukti…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares