Education,  Healthy

Warung Anak Sehat Jadi Jajanan Sehat Anak Saat Di Sekolah

Sharing this:

Assalamualaikum bunda, gak terasa ya anak-anak sudah mulai aktif sekolah lagi. Nah biasanya bunda suka siapain bekal atau kasih uang jajan aja? Kalau aku masih rutin menyiapkan bekal nih karena sekolahnya saat ini belum memiliki kantin atau warung khusus. Selain itu pedagang yang berjualan di sekitar sekolah adalah pedagang gerobakan yang menjual makanan secara terbuka tanpa penutup ditambah warna warni makanannya membuat aku khawatir jajanan tersebut mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya. Sudah banyak ya bun berita tentang jajanan anak yang membahayakan.

Anak Usia Sekolah Masih Membutuhkan Makanan Bergizi

memilih jajanan sehat untuk anak
Pentingnya makanan gizi seimbang untuk anak

Kecukupan nutrisi tentunya akan membantu mereka untuk tumbuh lebih optimal, daya tahan tubuh lebih kuat, bisa berkonsentrasi hingga memberikan sumber energi untuk menunjang aktifitas eksplorasi mereka. Usia sekolah menjadi tahapan perkembangan penting dimana mereka mampu menggali berbagai minat dan kemampuan lainnya.  Asupan makanan bergizi seimbang menjadi bekal mereka dalam mengembangkan potensi prestasinya (Kembangkan Potensi Prestasi Sikecil).

WAS, Sediakan Jajanan Sehat Untuk Anak

warung sehat untuk mendukung jajanan sehat
Warung Anak Sehat -Pic Source www.sarihusada.co.id

Menjawab keresahan yang aku dan mungkin sebagian besar para ibu rasakan tentang beredarnya jajanan berbahaya, PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan Danone Ecosystem Fund menghadirkan Warung Anak Sehat atau disingkat WAS. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2011 dimana Warung ini sudah memenuhi kebutuhan jajanan bergizi bagi 446 sekolah dasar yang tersebar di berbagai kota antara lain Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

WAS merangkul sekolah-sekolah terpilih untuk menyediakan kantin sehat yang hanya menjual makanan dan minuman bergizi bagi anak-anak. Melalui penyediaan material edukasi juga pendampingan, WAS sudah memberikan banyak manfaat antara lain:

  • WAS, Akses Mudah Bagi Anak Memilih Jajanan Sehat

anak-anak yang antusias dalam memilih jajanan sehat
Warung Anak Sehat – pic source www.sarihusada.co.id

Warung Anak Sehat ini mempermudah anak–anak mendapatkan akses untuk memilih makanan dan minuman yang sehat dengan pilihan makanan yang beragam. Jajanan yang disediakan bebas dari 3P (Pemanis buatan, Pewarna dan pengawet). Bahan yang terkandung dalam makanan harus aman dan halal dikonsumsi. Makanan dan minuman yang dijual di WAS ini tidak hanya sehat tetapi dikemas dengan menarik.

  • WAS, Berikan Edukasi Gizi Bagi Anak, Orang Tua, Pendidik dan IWAS

Sharing Knowledge Para IWAS – source: FB Warung Anak Sehat

Aku happy banget sama program ini karena bisa meningkatkan literasi gizi banyak pihak. Orang tua, IWAS dan pengajar bersinergi untuk saling berbagi informasi gizi demi membentuk lingkungan sekolah yang lebih sehat. Para IWAS bisa sharing berbagai pengalaman hingga resep makanan sehat melalui kegiatan-kegiatan seru.

  • WAS, Membentuk Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Edukasi Sejak Dini untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat

WAS tidak hanya menyediakan jajanan sehat tapi meningkatkan kesadaran anak-anak juga untuk menerapkan kebiasaaan baik salah satunya mencuci tangan. Memulai aktifitas harian dengan kebiasaan mencuci tangan dapat menghindarkan mereka dari paparan bakteri dan virus. Melalui berbagai platform, program WAS ini memberikan banyak arahan dan contoh mengenai healthy habits yang bisa kita mulai sejak dini.

  • Warung Anak Sehat, Pemberdayaan Perempuan Sebagai Wirausaha

Banyak sekali kemampuan yang bisa dikembangkan dari seorang perempuan, karena itulah program WAS ini ingin memberdayakan perempuan – perempuan hebat untuk memiliki usaha. Membekali diri dengan ilmu dan informasi gizi yang disediakan Sarihusada, para Ibu Warung Anak Sehat ini bisa menjual beraneka ragam makanan sehat untuk anak-anak. Bekal dan pengalaman yang mereka miliki akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk mengembangkan usahanya. Menjadi kebanggaan bagi para perempuan untuk memilki pendapatan sendiri dalam mengelola kantin sekolah sekaligus turut andil meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia.

Semoga program ini akan terus hadir hingga ke pelosok Indonesia, sehingga setiap sekolah nantinya memiliki kantin sehat yang bisa menyediakan pilihan jajanan bergizi bagi anak-anak.

Official Website Sarihusada
Fanpage Aku Anak SGM
Instagram Aku Anak SGM

18 Comments

  • Avatar for Leila Rizki Niwanda
    Leila Rizki Niwanda

    Wah, ini program yang menarik, ya. Anak-anak jadi aware sama makanan sehat sejak awal, orang tua pun jadi lebih tenang karena tahu jajanan yang dikonsumsi oleh anak sudah dipastikan jajanan sehat. Apalagi aktivitas anak sekarang banyak di sekolah, ya, dan tidak semua sempat menyiapkan bekal sehat dari rumah (atau kalaupun sudah disiapkan, belum tentu cukup, anak bisa saja sudah lapar lagi atau sekadar tergoda jajanan temannya.

  • Avatar for Diani Sekaring
    Diani Sekaring

    Wah keren banget! Ini salah satu kekhawatiran orang tua jaman sekarang buat yang punya anak sekolah yah, takut jajan macem-macem yang gak sehat. Ini bagus banget sih, semoga nanti di daerah saya ada juga 😉

  • Avatar for Diani Sekaring
    Diani Sekaring

    Wah keren banget! Ini salah satu kekhawatiran orang tua jaman sekarang buat yang punya anak sekolah yah, takut jajan macem-macem yang gak sehat. Ini bagus banget sih, semoga nanti di daerah saya ada juga 😉

    • Avatar for Enny Ratnawati
      Enny Ratnawati

      Wah bgs ya kalau ada warung anak sehat gini. Bagaimana ya cara ngajuin biar sekolah anak kita ada warung begini hihi.. Mungkin ke sari Husada ya hehe
      Tapi bener kita suka khawatir kan sama jajanan anak skrg selama mereka d sekolah. Karena gak terdeteksi sama kita. Semoga semakin byk warung kayak gini ya

  • Avatar for Okti Li
    Okti Li

    Program bagus bagi anak sekaligus orang tua nih. Selain belajar berwirausaha kita juga bisa mengajarkan anak tentang hidup sehat, serta makanan yang sehat dan baik untuk anak ya…

  • Avatar for Mellisa
    Mellisa

    Baru tahu ada program ini. Semoga di kota ku juga segera ada program ini. Ngeri jajanan sekarang rawan mengandung zat berbahaya, apalagi yang beli anak sd masih polos gitu kan. Huhu.

  • Avatar for Finaira Kara
    Finaira Kara

    Duh, ini program keren banget, Mbak. Secara gitu, kan, nggak semua orang tua atau anggota keluarga bisa menyiapkan bekal makanan bagi anak-anak pas ke sekolah, setiap hari. Jadi, bisa jadi opsi dan jadi andalan pas lagi sibuk-sibuknya, nih.

  • Avatar for Elly Nurul
    Elly Nurul

    Program warung sehat ini sudah sejak tahun 2011 ya.. ya ampun kemana aja ya saya.. baru tahunya setelah baca tulisan ini.. aku mendukung banget warung sehat ini, supaya orangtua ngga khawatir tentang jajanan anak disekolah ya.. semoga Depok sudah banyak warung sehatnya disekolah.. aamiin

  • Avatar for Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni

    Wah ternyata yange dibawa buka cuma warung sehat tapi juga pemberdayaan perempuan yaa mom. Semoga Makin banyak warung Anak Sehat di Jakarta dan kota lainnya

  • Avatar for Annisa
    Annisa

    Aku baru tahu ada Warung Anak Sehat ini. Dukung banget deh kalau ada di sekolah-sekolah, apalagi anak-anak SD ya yang lagi butuh banget gizi untuk perkembangannya. Biar mereka ga jajan sembarangan dan aneh-aneh sih.

  • Avatar for Siska Amelia
    Siska Amelia

    Ide ini sangat menarik menurut saya, karena jajanan anak-anak sekarang sangat mengkhawatirkan. Kadang isinya angin doang, gak ada nilai gizinya, padahal anak-anak kan dalam proses tumbuh kembang.

  • Avatar for Ajeng Pujianti Lestari
    Ajeng Pujianti Lestari

    Sekolahnya anakku enggak ada kantinnya dong, rntah harus senang atau sedih. Hahahaha.

    Orang tua mau enggak mau wajib ngebekelin makan siang dan snack buat anak. Kalau air minum sih ada galon di kelas.

    Dan warung jajan anak sehat ini ide bagus banget. Mudah2an bisa diterapkan di sekolah anakkuuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares