Lifestyle,  Review,  Travelling,  Uncategorized

Liburan Keluarga di Putri Duyung Resort Ancol

Liburan kali ini aku dan keluarga memang merencanakan pergi ke suatu tempat, mengajak anak-anak rekreasi atau staycation sebagai reward tahunan untuk mereka. Namun tidak seperti biasanya, aku ingin anak-anak liburan sekaligus engage in nature, kalau biasanya kami staycation di Hotel, kali ini aku ingin mengajak mereka berlibur ke alam terbuka dengan pemandangan hijau dan udara sekitar yang segar.

Sejak pandemi, tempat wisata dengan ruang terbuka jadi pilihan tepat untuk mengajak anak-anak keluar rumah. Apalagi mereka bisa lebih leluasa bermain dan mengeksplorasi alam. Alhamdulillah rencana mengajak mereka liburanpun terlaksana, kali ini kami Seacation di Putri Duyung Ancol.

Liburan di Putri Duyung Ancol jadi pengalaman pertama kami yang menyenangkan. Menikmati pemandangan laut, hijaunya pepohonan juga angin semilir yang menenangkan. Benar-benar pas buat healing dari hiruk pikuk kemacetan kota atau mengajak anak-anak berlibur dengan pemandangan laut dan hamparan pasir yang menawan.

Lokasi Putri Duyung Resort Ancol

Putri Duyung Resort ini terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, tentunya harus masuk terlebih dahulu ke Ancol untuk bisa menginap disini. Lokasi tepatnya di Jalan Lodan Timur no 7, Pandemangan Jakarta Utara. Lokasinya mudah dijangkau dan akses menuju kesinipun banyak, tidak jauh dari rumah dan bisa dikunjungi kapanpun.

Room Type

Sesampainya di Putri Duyung Ancol, kami langsung menuju ke Front Office yang terletak di bagian depan kawasan untuk check in. Putri Duyung Ancol menyediakan berbagai tipe kamar yang bisa dipilih, dari mulai tipe kamar standar yakni Deluxe Suite hingga tipe Premium Suite. Putri Duyung Ancol juga menyediakan kendaraan wara-wiri yang bisa digunakan untuk menjemput ataupun mengantar tamu. Namun memang lebih nyaman membawa kendaraan pribadi jika menginap disini, Front Office dan berbagai kamar atau Cottage lokasinya terpisah, dengan membawa kendaraan pribadi selain bisa bolak balik kapanpun, kami juga bisa drop barang-barang langsung di dekat kamar dan keliling ke area di sekitar Ancol.

Check in time bisa dilakukan pada pukul 15.00 dan check out pada pukul 12.00, namun jika kamar sudah ready early check in juga bisa dilakukan. Putri Duyung Ancol juga menyediakan beberapa extra charge seperti:

  • Extra Bed : 375.000
  • Pillow: 25.000
  • Bath Towel: 50.000
  • Refill Galon: 40.000
  • Room Decoration: 250.000
  • Duvet: 75.000
  • Slipper: 20.000

Semua extra charge itu tambahan ya yang artinya kita hanya perlu membayar jika ada penambahan saja. Di tiap cottage atau kamar semua perlengkapan tersebut sudah disediakan sesuai dengan kapasitas dan standar roomnya. Selain lengkap dengan fasilitas dan varian kamar yang bisa dipilih, Putri Duyung Ancol juga sudah menerapkan Protokol Kesehatan dengan baik, hand sanitizer atau tempat cuci tangan sudah disediakan di beberapa titik, penyemprotan secara berkala hingga kewajiban mengenakan masker di fasilitas umum.

Receptionist yang berada di front office serta petugas di Putri Duyung cukup responsif dan helpful, waktu check in tidak terlalu lama prosesnya setelah itu kami langsung diarahkan ke kawasan Bawal, tempat kamar Deluxe Suite berada. Yup beberapa tipe kamar disini dinamai dengan nama-nama hewan laut, yuk langsung liat kamarnya.

Deluxe Suite

Tipe Deluxe Suite yang aku dan keluarga tempati ini memiliki kapasitas untuk 2 orang dewasa, kemarin kami juga membawa anak-anak dan menurutku kamarnya cukup luas dan nyaman untuk digunakan bersama keluarga. Deluxe Suite ini berada di bagian atas dari cottage, jadi didalam satu cottage terdapat 2 kamar dengan nomor kamar ganjil-genap. Kemarin kami menempati kamar yang bernomor ganjil yang lokasinya berada di bagian atas. Hampir semua Cottage yang ada di Putri Duyung ini di kelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, jadi udaranya benar-benar segar dan menyejukkan.

 

Tipe Kamar Deluxe Suite (Source : Dokumen pribadi)

Ruangan kamar terdiri dari kasur berukuran King Size, kamar mandi dengan toilet duduk dan shower, 1 buah sofa yang cukup besar, kulkas, dishwasher, meja, mirror area, TV juga dispenser. Gak cuma itu fasilitas lainnya seperti coffee/tea maker, handuk, toiletries, telephone, safe box juga disediakan di dalam kamar. Menurutku untuk perlengkapan dan fasilitas yang disediakan tipe Deluxe Suite ini sudah sangat lengkap, apalagi sudah ada 1 galon air yang disediakan diatas dispenser dan beberapa coffee juga tea sachet diatas meja. For entertainmentnya, sudah ada TV yang bisa diputar ke arah sofa ataupun menghadap ke arah kasur.

Desain kamarnya juga menarik, perpaduan warna soft dengan interior yang minimalis tidak terlalu berlebihan. Kami bisa menikmati pemandangan dan udara laut langsung ketika membuka jendela kamar, rasanya sangat menenangkan melihat desiran ombak laut dan angin semilir yang masuk ke dalam kamar. Oia koneksi internet disana cukup stabil dengan koneksi WIFI gratis yang disediakan oleh Putri Duyung. Untuk tipe Deluxe Suite dengan nomor kamar ganjil, ada beberapa yang perlu diperhatikan terutama jika mengajak anak-anak yang masih kecil sepertiku. Kondisi tangga untuk menuju ke kamar pijakannya itu tidak terlalu lebar jadi anak-anak harus dipantau atau dipegangi, selain itu sebaiknya pintu dikunci khawatir anak-anak melangkah menuruni tangga sendiri.

 

Fasilitas dan Aktivitas 

Putri Duyung Resort Ancol ini kawasan dengan alam terbuka yang sangat luas, kebayang donk ya banyak banget spot atau area terbuka yang bisa dipakai untuk aktivitas seru bersama keluarga. Ada banyak fasilitas dan aktivitas Gratis yang bisa kami nikmati disini, seperti lapangan olahraga, Jogging Track, Chapel Bridge, Sepeda, area Pasir Putih, Taman Bermain dan Kolam Renang. Taman Gazebo atau area bermain anak yang ada disini cukup besar dan lengkap, ada ayunan hingga peralatan olahraga sederhana yang bisa dinikmati anak-anak. Gak perlu khawatir karena playgrounnya cukup aman dan bersih. Anak-anak juga bisa menggunakan beberapa sepeda gratis untuk berkeliling di sekitar Putri Duyung. Selain itu Putri Duyung Ancol juga menyediakan sepeda listrik namun ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan sepeda listrik, chargenya dihitung perjam.

 

Dari sekian banyak fasilitas yang ada di Putri Duyung Ancol, kolam renangnya yang menjadi daya tarik dan yang paling banyak diminati. Beberapa review menyebutkan pemandangan kolam renang di Putri Duyung Ancol itu seperti Jakarta rasa Bali. Kolam renang yang menghadap ke laut lepas yang luas dengan pepohonan hijau disekitarnya.

Awalnya Putri Duyung Ancol memiliki 2 kolam renang, dewasa dan kiddie pool, sayangnya saat kami kesana Kiddie Poolnya sedang tidak beroperasi. Padahal bentuk dari kiddie poolnya ini gemash banget,  perahu yang dijadikan kolam dengan beberapa tempat duduk yang cozy.

Swimming pool dari atas – source: dokumen pribadi

Foto diatas benar-benar memperlihatkan kolam renangnya yang seolah menyatu dengan laut ya, nah kiddie poolnya itu yang bentuknya perahu. Air kolam renang disana juga bersih dan clear banget, sayangnya agak perih di mata, jadi aku sangat merekomendasikan penggunaan kacamata renang saat berenang disana. Meski sedikit perih, kami tetap menikmati berenang sekaligus bermain air hingga berjam-jam, termasuk anakku yang paling kecil berusia 1 tahun. Tangga dari kolam renangnya bertekstur dan sama sekali tidak licin (seperti di foto), jadi sangat aman untuk diinjak anak-anak. Gak heran mereka betah berjam-jam berada di kolam tersebut.

Kolam renang ini Gratis dan khusus diperuntukkan untuk para tamu Putri Duyung Ancol. Disana tersedia tempat bilas yang berada di luar berupa pancuran juga kamar bilas sekaligus toilet bagi tamu wanita. Di dekat kolam renang ada akses ke jembatan yang memiliki spot foto kece dan instagramable. Kalau dari foto, jembatan tersebut berada disamping kiddie pool yang berbentuk perahu. Selain ada kolam renang yang cozy, ada juga area resto yang sangat luas, yuk kita menuju ke Nyiur Resto.

Restaurant

Restaurant Putri Duyung Ancol ini bernama Nyiur Resto, tempat makan ini terbuka untuk umum juga loh, jadi tidak hanya tamu yang menginap di Putri Duyung Resort saja. Restaurantnya sangat luas dengan beberapa pilihan tempat duduk, ada yang indoor, semi outdoor dan juga ruang terbuka yang langsung menghadap ke arah swimming pool. Ada berbagai menu yang disediakan disana, dari menu western hingga Indonesian food. Nah sekarang aku mau cerita menu breakfast yang kemarin aku nikmati bersama keluarga.

Nyiur Resto – Dokumen Pribadi

Harga menginap di Putri Duyung Resort ini sudah termasuk dengan breakfast dengan breakfast A la carte. Breakfast dimulai sejak pukul 07.00 hingga jam 10.00. Aku dan keluarga kemarin sarapan pukul 9 lebih hampir mendekati batas akhir untuk breakfast, jadi ada beberapa menu yang sudah habis dan mungkin sedang dalam proses refiill. Menu yang disediakan saat aku berkunjung kesana ada nasgor-nasi putih, sayur tumis, Ayam, Bihun, Kerupuk, bubur kacang hijau, aneka roti, jus, infused water, coffee/tea, olahan telur, sop daging, gandum crunchy for kiddos dan beberapa menu lainnya yang mungkin aku skip.

Putri Duyung Resort Ancol menyediakan layanan 24 jam room service bagi para tamu yang menginap. Bisa pesan aneka menu untuk lunch ataupun dinner buffet all you can eat. Cukup call via room aja untuk melakukan pemesanan menu-menu yang ada di Nyiur Resto, nantinya makanan dan minuman yang sudah dipesan bisa diantar ke Cottage oleh petugas Nyiur Resto.

Publish Rate dan Reservasi

Untuk pemesanan cottage ataupun reservasi lainnya, kalian bisa mengunjungi Official Website Putri Duyung Resort atau menghubungi contact berikut : 021-2601680 dan via whatsapp di nomor 082122000222. Sedangkan untuk tiket masuk Ancol bisa dibeli melalui pembelian online H-1.

 

Ini dia rate atau harga menginap di Putri Duyung Resort per malamnya, ada 7 tipe kamar atau cottage yang bisa di pilih. Selain untuk staycation bersama keluarga, Putri Duyung Ancol juga menyediakan beberapa paket untuk Gathering, Meeting hingga Wedding yang bisa indoor ataupun outdoor. Di dalam kawasan Putri Duyung ini terdapat Convention Hall yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu.

Yuk liburan di negri sendiri dengan pesona alamnya yang memukau, tetap patuhi Prokes yangsudah diberlakukan disana ya, semoga bermanfaat

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.