Healthy,  Parenting,  Review

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Selama Sekolah Tatap Muka

Sudah beberapa bulan lalu anakku Arfa kembali belajar di sekolah, Alhamdulillah beberapa sekolah di Bekasi sudah menerapkan PTM 100 persen, termasuk sekolah Arfa. Lega rasanya Arfa bisa berinteraksi langsung dengan guru dan teman-temannya setelah melewati pembelajaran online berbulan-bulan.

Tahun ajaran baru kali ini tentunya gak sama dengan PTM pada tahun-tahun sebelumnya, masih ada kekhawatiran penyebaran varian baru virus Covid19.  Orang tua harus lebih maksimal mempersiapkan dan menjaga daya tahan tubuh anak-anak untuk siap menghadapi kegiatan belajar di sekolah.

Selama pandemi kemarin, anak-anak udah dibiasakan sih untuk menerapkan protokol kesehatan yang bisa mengurangi resiko terpapar virus dan bakteri, tapi namanya anak-anak ya moms, mereka tuh lebih eksploratif sama banyak hal, kadang suka lupa cuci tangan, masker diturunin dan tubuh kurang terhidrasi.

Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebagai orang tua aku gak akan bisa sepenuhnya mengawasi berbagai aktivitas mereka di sekolah, seperti apa interaksinya dengan teman atau apakah mereka ingat untuk cuci tangan dulu sebelum menikmati bekalnya. Keterbatasan inilah yang menjadi alasan kenapa ketahanan sistem imun anak itu penting banget untuk dijaga. Aku sering bilang ke anak-anak kalau sistem imun itu seperti benteng pertahanan, pelindung tubuh dari berbagai virus, bakteri dan benda asing yang akan menyerang masuk.

Selain mengajarkan anak-anak tentang protokol kesehatan selama di luar rumah, salah satu cara yang paling efektif melindungi mereka adalah dengan memperkuat daya tahan tubuhnya. Kekebalan tubuh yang kuat tentunya akan membantu anak-anak untuk optimal hadir di sekolah, angka kehadirannya lebih tinggi dibanding anak-anak yang mudah sakit. Gak cuma itu, ternyata daya tahan tubuh juga berpengaruh terhadap faktor kecerdasan anak, tingkat emosi yang lebih stabil dan tentunya mengurangi resiko terkena infeksi. Nah sharing yuk moms, langkah apa aja ya yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar mereka gak mudah sakit dan pembelajaran selama sekolah tatap muka bisa lebih efektif.

Upaya Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Selama Sekolah Tatap Muka

  • Rajin mencuci tangan

Meskipun kasus covid makin landai dan angka masyarakat yang sudah melakukan vaksin booster meningkat, tapi prokes tetap harus diterapkan. Dari beberapa sumber, ternyata rajin mencuci tangan dapat meningkatkan imun tubuh. Seperti aturan dalam prokes pencegahan Covid19, sebaiknya mencuci tangan dilakukan selama 20 detik dengan sabun dan air yang mengalir.

  • Biasakan sarapan sebelum berangkat sekolah

Dari salah satu artikel kesehatan yang pernah aku baca, anak yang sering melewatkan sarapan pagi cenderung lebih rentan sakit dan mengalami fisik yang lemah dibandingkan anak-anak yang dibiasakan untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan tidak hanya memberikan energi, membantu anak untuk fokus tapi mampu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

  • Membawa bekal sehat dari rumah

Alhamdulillah sekolah anak-anak saat ini tidak menyediakan kantin atau warung, kalaupun ada, lokasinya tidak di dalam area sekolah. Anak-anak juga gak terbiasa sih untuk jajan tanpa di dampingi. Jadi mereka harus membawa bekal yang disiapkan dari rumah. Membawa bekal yang kita siapkan dari rumah bisa membantu pemenuhan nutrisi dengan gizi seimbang, lebih higienis dan mencegah mereka makan minum sembarangan.

Ini beberapa bekal Arfa yang aku siapkan. Untuk bekal Arfa, aku biasanya menyiapkan snack dan juga makan siangnya. Biar gak bingung, beberapa moms juga menyarankan untuk membuat list menu harian atau mingguan agar bisa menyiapkan bahan-bahan yang  akan diolah dan mengurangi kendala saat proses memasak (well prepared)

  • Berikan tambahan suplemen atau vitamin

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sistem imun tubuh adalah asupan nutrisi, di dapat dari apa yang kita konsumsi sehari-hari dan sejak 1000 HPK. Gizi seimbang yang dikonsumsi anak akan memperkuat kekebalan tubuhnya, tapi apakah makanan yang kita berikan sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka?

Vitamin atau suplemen ini diberikan sebagai tambahan agar kebutuhan nutrisi harian bisa terpenuhi dengan baik. Kan ada aja ya moms resiko yang bisa mengakibatkan komponen vitamin di dalam makanan yang kita olah hilang, seperti rusak saat proses memasaknya terlalu lama atau tidak bisa diserap tubuh dengan baik. Belum lagi kalau anak-anak picky eater alias suka milih-milih makanan. Seperti anakku yang pertama, untuk urusan sayuran Arfa sedikit sulit konsumsi sayuran selain wortel dan kangkung. Sehingga kebutuhan seratnya tidak terpenuhi dengan baik. Padahal serat sangat penting bagi kesehatan saluran cerna dan berdampak pada daya tahan tubuh.

70% sistem imun tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran cerna. Jika pencernaan sehat maka daya tahan tubuh akan lebih kuat. Udah banyak studi ilmiah yang membuktikan hal ini. Ada 70% komponen sistem imun tubuh itu terdapat pada jaringan usus yang letaknya di saluran cerna. Rasanya kita udah hapal banget ya moms kalau yang hidup di usus kita tuh ada bakteri baik atau probiotik yang tugasnya bisa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Segitu pentingnya saluran cerna untuk daya tahan tubuh, makanya aku memberikan anak-anak suplemen kesehatan yang mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus reuteri DSM 17938, suplemen ini juga direkomendasikan beberapa temanku. Yup Interlac + Vit D3 dari BioGaia.

Interlac + Vit D3 Suplemen Kesehatan Untuk Memelihara Kesehatan Saluran Cerna

Selain mengandung 70% komponen sistem imun tubuh, saluran cerna ini juga mempengaruhi proses penyerapan nutrisi. Apa yang kita konsumsi sehari-hari pasti akan diolah di dalam saluran cerna, kalau pencernaan kita sehat maka akan membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Nutrisi tubuh terpenuhi dan daya tahan tubuh pun menjadi kuat InsyaAllah.

Nah Interlac + Vit D3 ini mengandung probiotik sekaligus Vit D3 yang membantu memelihara kesehatan saluran cerna. Bentuknya tablet kunyah dengan rasa jeruk. Anak-anakku sih suka banget sama Interlac ini, enak seperti makan permen, udah gitu mudah larut juga di mulut. Sama sekali gak berbau obat.

1 box Interlac + Vit D3 ini berisi 10 tablet kunyah yang cukup 1 tablet sehari saja dikonsumsi. Selain mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938, ada kandungan Vit D3 dan bahan tambahan lainnya seperti Isomat, Xylitol, palm oil, orange flavor dan asam sitrat.

Vitamin D3 yang terdapat pada Interlac ini bisa membantu penyerapan kalsium pada sistem pencernaan. Manfaat dan kegunaannya juga sudah teruji secara klinis dan terdaftar di BPOM dengan nomor POM SI214566471. Gak cuma menjaga kesehatan saluran cerna, Interlac + Vit D3 ini juga memiliki manfaat lainnya seperti pencegahan diare, konstipasi, kembung pada anak dan pencegahan kolik akibat gangguan pencernaan.

Probiotik di dalam Interlac ini akan menambah jumlah bakteri baik di dalam usus anak sehingga sistem kekebalan tubuh mereka akan lebih kuat dan terhindar dari beberapa gangguan pencernaan.

Interlac + Vit D3 ini bisa dikonsumsi oleh anak sejak usianya 2 tahun, dewasa, ibu hamil dan juga lansia. Suplemen kesehatan dari BioGaia ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 400.000 untuk 10 tablet hisap. Moms bisa langsung order di Official Store Interbathealth yang ada di Shopee ataupun Tokopedia ya, selain menghindari produk palsu, moms bisa dapatkan harga lebih hemat. Saat ini harganya jadi Rp. 373.620. Selain di official store, moms bisa beli juga di  baby store, apotik dan marketplace lainnya seperti Lazada, Blibli dan lainnya.

Biar gak ketinggalan informasi dan promo menarik dari Interlac, follow ya moms Official Instagramnya . Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat dan kita bisa makin semangat membersamai anak-anak menghadapi tahun ajaran baru dengan proses tatap muka yang sudah kembali normal.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

11 Comments

  • Joko Yugiyanto

    tos kita, sama2 pengguna interlac biar bikin seluruh anggota keluarga tetap baik-baik saja terutama untuk si bocah nih, maklum saja bulan ini pertama dia di TK

  • Siti nurjanah

    Memasuki masa-masa aktif belajar kembali, anak-anak pasti butuh energi dan nutrisi yang tepat dan hal itu harus ditunjang denga pola makan yang sehat juga tanpa mengabaikan kesehatan pencernaannya. Suplemen tablet kunyah interlac ini bisa jadi refrensi ya..

  • Jeanette Agatha

    Interlac ini memang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Aku jadi keingetan kehabisan vitamin di rumah.
    Soalnya anak2 uda mulai full time di sekolah, jadi harus tetap terjaga kesehatan ya

  • Siti Mudrikah

    Menjaga daya tahan tubuh buah hati memang penting bgt, apalagi skrg cuaca gak menentu, dan virus2 gak bisa ditebak datangnya.
    owh.. Ada kualitas ada harga ya, harga interlac ini lumayan pricey menurut aku.

  • demia

    bantuan multivitamin di saat kaya gini emang dibutuhin banget sih yaa, apalagi kasus positif juga emang lagi tinggi, semoga selalau diberi kesehatan yaaa

  • Riri

    Setuju menjaga imun sikecil dimasa pandemi begini wajib dilakukan. Anak ku belum 2 tahun, melihat dari segi manfaatnya ku rasa perlu mencobanya nanti.

  • Fenni Bungsu

    Kota belum terbebas ya dari si virus Covid-19 ini, namun juga jangan sampai parno kelamaan, harus tetap beraktivitas dengan pola hidup sehat dan jaga daya tahan tubuh. Apalagi buat anak² yang rentan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.