Education,  Healthy,  Technology

Danone Resmikan Boiler Biomassa Industri Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama dan Terbesar di Jawa Tengah

Beberapa tahun belakangan ini dampak perubahan iklim tuh makin terasa ya. Suhu panas yang meningkat, turunnya hasil pertanian, intensitas hujan yang tinggi, bencana alam yang lebih sering terjadi  dan wabah penyakit makin bervariasi.  Covid19 yang bikin satu dunia gempar udah jadi bukti kalau kondisi lingkungan kita lagi gak baik-baik aja, beberapa populasi dan interaksi spesies pasti terkena imbas dari perubahan iklim global ini.  Kebayang gak sih seperti apa kondisi bumi kita beberapa tahun ke depan, ini jadi tantangan abad 21 yang harus sama-sama kita perlambat lajunya.

Aku selalu excited untuk sharing masalah lingkungan dan kesehatan, mungkin ini upaya kecil yang bisa aku lakukan agar awareness masyarakat terkait isu ini bisa meningkat, bisa sama-sama saling mengingatkan, saling support upaya yang sedang dilakukan untuk memperbaiki kondisi lingkungan, salah satunya mendukung inovasi yang dilakukan Danone Indonesia.

Danone Indonesia bekerja sama dengan BECIS (Berkeley Energy Commercial Industri Solution) telah membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa Industri Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama dan Terbesar di Jawa Tengah. Saat mendengar kabar baik ini, aku sangat senang dan bersyukur karena ini menjadi solusi agar emisi karbon CO2 dari aktivitas produksi pabrik bisa berkurang. Semoga banyak perusahaan dan instansi lainnya yang nantinya bisa mengikuti jejak Danone untuk berkontribusi memperbaiki lingkungan.

Peresmian teknologi ramah lingkungan ini diadakan secara online dan juga offline. Melalui Live Youtube dan Webinar, kami para Blogger dan media ikut menjadi bagian dari acara tersebut. Klaten 15 Juni 2022 lalu, Danone juga mengundang beberapa narasumber untuk bersama-sama melihat langsung fasilitas Biomass Boiler di pabrik Sarihusada Prambanan, Jawa tengah.

Melalui fasilitas ini, Danone membuktikan komitmennya untuk mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang lebih sehat. Sesuai visi One Planet One Health, kesehatan manusia selalu berkaitan dengan kesehatan lingkungan atau kesehatan bumi. Untuk itu Danone bersama BECIS, penyedia layanan energi terbarukan di ASIA, bersama-sama mengubah limbah pertanian menjadi bahan bakar industri sehingga jejak karbon sebanyak 32% dari kegiatan produksi di pabrik Prambanan bisa berkurang.

Boiler Biomassa berbahan sekam padi dapat menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon.

Upaya pembangunan dan operasional Biomass Boiler ini jadi komitmen Danone Specialized Nutrition Indonesia (SN Indonesia) untuk memitigasi perubahan iklim dengan menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak, dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan.

Bagaimana sekam padi bisa diubah menjadi bahan bakar?

Bahan bakar yang digunakan pada Biomass Boiler ini adalah sekam padi, limbah pertanian dari penggilingan beras yang biasanya tidak digunakan lagi. Menggunakan energi terbarukan ini, sekam padi dapat diolah untuk dijadikan bahan bakar operasional pabrik, sebanyak 10.500 ton/tahun sekam padi yang digunakan dapat menghasilkan energi hingga 6 ton steam per jam.

 

  • Pertama-tama sekam padi diangkut menuju fasilitas Boiler Biomassa menggunakan truk besar. Selanjutnya sekam padi tersebut dibongkar muat di dalam gudang dan dibawa menuju ruang pembakaran.
  • Setelah itu sekam padi di bakar dan panas yang dihasilkan dari proses pembakaran akan memanaskan air dan menghasilkan uap bertekanan atau steam.
  • Uap yang dihasilkan tadi selanjutnya dialirkan melalui pipa menuju pabrik sebagai sumber panas untuk menjalankan proses produksi
  • Proses dari pembakaran sekam padi tadi akan menghasilkan 2 material sisa yaitu gas buang dan abu sekam. Gas buang terlebih dahulu akan diolah melalui teknologi khusus sehingga menjadikan gas tersebut sangat bersih saat dikeluarkan dari cerobong. Sedangkan abu sekam akan diberikan kembali kepada petani untuk dijadikan pupuk. MasyaAllah tidak ada yang terbuang sia-sia ya

Inovasi Danone SN ini tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi juga memberikan manfaat sosial terutama kepada para petani. Sekam padi yang digunakan diambil langsung dari petani lokal di sekitas fasilitas, jadi para petani nantinya akan makin terpacu dan bersemangat untuk meningkatkan produktivitasnya. Selain itu Danone juga akan memberikan kembali abu sekam yang dihasilkan dari proses pembakaran kepada para petani untuk dipakai sebagai pupuk. Pupuk ini tentunya akan bermanfaat untuk menyuburkan tanaman dan sektor pertanian lainnya. jadi pemanfaatan energi terbarukan dari Boiler Biomass berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan mensejahterakan petani sekitarnya.

photo by Danone

Manfaat dari Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah

Selain menjadi upaya mengatasi perubahan iklim, Biomass Boiler ini juga memberikan dampak positif di beberapa aspek seperti sosial dan ekonomi. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Vera Galuh Sugijanto dalam acara peresmian kemarin, ”Sebagai penyedia produk bernutrisi, Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Kami juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari energi terbarukan, fasilitas Boiler Biomassa ini juga berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian”.

 

Boiler Biomass menjadi upaya berdampak besar yang terus dilakukan Danone untuk membantu mengatasi perubahan iklim dan membantu Pemerintah mewujudkan Net Zero Emission pada tahun 2060, manfaat lainnya seperti:

  • Mengurangi emisi karbon ke atmosfer
  • Mengurangi biaya bahan bakar
  • Mengurangi limbah pertanian
  • Mewujudkan ekonomi sirkular

Alhamdulillah Boiler Biomassa berbahan sekam padi ini menjadi inovasi dan solusi yang bisa memperlambat laju perubahan iklim global. Gak cuma itu semoga langkah nyata yang Danone lakukan bersama BECIS ini bisa memberikan inspirasi untuk perusahaan dan para pemilik pabrik lainnya, agar menggunakan teknologi ramah lingkungan untuk kegiatan produksi, ikut menjaga lingkungan sekitar pabrik, dan bisa berkontribusi mensejahterakan masyarakat sekitar pabrik. Save our planet

Semoga Bermanfaat

#BiomassBoiler

#DanoneIndonesia

 

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.