Taman Sahabat Generasi Maju
Education,  Events,  Healthy,  Lifestyle

Stimulasi Tepat Untuk Kembangkan 5 Potensi Prestasi Anak

Sharing this:

Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang anaknya. Tak hanya memberikan asupan nutrisi, stimulasi, peran kita dalam mendampingi tumbuh kembang mereka juga juga sangat diperlukan. Setiap anak pada dasarnya terlahir dengan bakat yang berbeda namun ada potensi dalam diri setiap anak yang bisa kita kembangkan melalui stimulasi tepat, sesuai tahapan usianya. Potensi tersebut bisa optimal jika kita terus mengasah dan mengembangkannya, apa saja sih potensi anak yang bisa dikembangkan dan stimulasi seperti apa yang bisa kita berikan?

Tumbuh tinggi kuat, cerdas kreatif, mandiri, supel dan percaya diri merupakan 5 potensi prestasi yang bisa dikembangkan sejak dini. Tentunya stimulasi yang diberikan tidak hanya diberikan satu-dua kali saja tapi harus dilakukan secara berkesinambungan.

Melalui acara Media dan Blogger Gathering SGM Eksplor tanggal 21 Juli 2019, saya dan teman-teman media kembali belajar dan mendapatkan informasi penting terkait pemenuhan nutrisi pada anak juga pemberian stimulasi tepat untuk mengembangkan 5 potensi prestasi tersebut. Mba Anna Surti Ariani,S.Psi.,M.Si,.Psi selaku pakar Psikolog anak dan keluarga menyampaikan bahwa “Penting untuk memberikan dukungan komplit bagi si kecil yang terdiri dari pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mendukung dan mengasah potensi prestasi si kecil”.

para narasumber di acara gathering taman prestasi
Para Narasumber – Blogger dan Media Gathering Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju

Selain kehadiran Psikolog anak Mba Anna Surti Ariani,S.Psi.,M.Si,.Psi , acara media dan blogger gathering Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju juga menghadirkan Mikha Tambayong sebagai representasi anak Indonesia yang beprestasi, Mba Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor, dan juga jajaran Eksekutif Danone.

Rangkaian kegiatan edukatif Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju ini diharapkan bisa membantu dan memberikan inspirasi kepada orang tua untuk memberikan stimulasi tepat guna mengembangkan 5 potensi prestasi si kecil. Tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal akan mencetak generasi maju yang mendorong pertumbuhan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Apa saja stimulasi yang bisa kita berikan untuk mengembangkannya:

Stimulasi Tepat Untuk Kembangkan 5 Potensi Prestasi Anak

  1. Tumbuh Tinggi Kuat

Tumbuh kembang anak secara fisik menjadi indikator pertama yang perlu kita perhatikan. Apakah tumbuh kembangnya sudah sesuai dengan tahapan usianya. Kita juga bisa menggunakan panduan tumbuh kembang anak melalui informasi yang tertera di buku pemeriksaan si kecil atau posyandu yaitu dengan melihat kurva pertumbuhan. Stimulasi yang bisa kita berikan harus kita sesuaikan dengan usianya juga, nah berikut ini beberapa stimulasi sederhana yang bisa bantu tumbuh kembang seperti:

  • Ajak si kecil berolahraga ringan, berdiri tegak lalu lakukan beberapa lompatan kecil
  • Putar lagu kesukaan si kecil dan menarilah
  • Ajak si kecil beraktivitas di luar, terutama agar terkena matahari pagi
  • Berlari dari satu titik ke titik lainnya

Pastikan sebelum melakukan stimulasi ini, si kecil memang sudah siap ya, kesigapan dan kekuatan geraknya sudah siap untuk melakukan ativitas fisik ini.

  1. Cerdas Kreatif

Pernah dengar moms jika anak cerdas saja tidak cukup, alangkah baiknya jika mereka bisa berfikir kreatif. Anak akan kreatif jika dia memiliki ruang eksplorasi yang lebih banyak, selain itu jangan memberikan banyak larangan atau penolakan ketika si kecil banyak bertanya dan mencoba hal baru. Stimulasi yang diberikan seperti:

  • Membaca buku
  • Ajak si kecil mengobrol dan bercerita
  • Ajak si kecil mewarnai lalu biarkan ia menyebutkan nama benda yang ia warnai sambal mengenal warna juga nih moms
  1. Supel

Potensi prestasi si kecil satu ini bisa dilatih dengan melatih kemampuan sosialnya. Berikan ia kesempatan untuk bermain bersama teman-temannya. Selain itu ajak si kecil berkomunikasi dengan saling menatap, berikan perhatian penuh saat mengajaknya berbicara. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memaksa si kecil untuk langsung berbaur bersama teman atau lingkungan baru, sebaiknya beri ia waktu dan tenangkan jika ia takut. Anak membutuhkan waktu moms untuk proses beradaptasi terhadap lingkungan baru.

  1. Mandiri

Anak akan menjadi pribadi yang mandiri jika kita sebagai orang tua memberikan kesempatan kepadanya untuk mencoba menyelesaikan ‘tugas’ nya sendiri. Misalnya saat makan, biarkan ia mencoba makan sendiri meski nantinya akan berantakan atau mengotori lantai, tapi proses tersebut bisa melatih kemandiriannya. Beri juga kesempatan kepada si kecil untuk mencoba hal tersebut berulang kali.

  1. Percaya Diri

Mengembangkan rasa percaya diri si kecil bisa dimulai dengan memberikan ia kesempatan untuk mengekspresikan diri, jangan sampai mengeluarkan kalimat negatif atas usaha atau tindakan yang ia lakukan. Mom juga bisa ajak ia untuk tampil di depan orang lain misalnya dengan menyanyi atau sekedar bercerita. Jangan lupa untuk berikan pujian ya atas usaha dan keberaniannya. Berikan apresiasi sebanyak mungkin mom

5 potensi prestasi si kecil dapat juga dikembangkan melalui aktifitas outdoor yang menyediakan fasilitas ramah anak, salah satunya Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju yang dipersembahkan oleh SGM Eksplor.

Melalui Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju, SGM kembali memberikan dukungannya untuk anak-anak Indonesia dan juga para orang tua agar terus berupaya memberikan asupan nutrisi lengkap dan stimulasi tepat untuk mencetak generasi maju. Seperti yang kita ketahui jika anak-anak Indonesia saat ini akan menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Selain itu Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju ini menjadi momentum juga dalam merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh tanggal 23 Juli 2019 kemarin. Menyambut hari anak nasional dengan acara yang edukatif dan menyenangkan untuk anak-anak. Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju menyediakan 4 taman bermain yang berisi kegiatan menarik dan edukatif seperti Taman Ketangkasan, Taman Cerdas Berkreasi, Taman Petualangan, dan Taman Sehat.

taman cerdas kreasi untuk kembangkan potensi prestasi anak
Taman Cerdas Berkreasi

Di taman cerdas berkreasi si kecil bisa mencoba permainan simulasi Pilot Generasi Maju. Ia belajar mengendalikan kemudi pesawat sekaligus belajar bagaimana menghindari semua rintangan yang ada di layar. Arfa yang saat itu aku ajak sangat excited mencoba permainan simulasi ini. Di samping permainan simulasi pilot ini, ada juga area untuk si kecil belajar menggambar dan mewarnai.

 

taman ketangkasan untuk kembangkan potensi prestasi anak
Taman Ketangkasan
taman petualangan untuk kembangkan potensi prestasi anak
Taman Petualangan
taman sehat untuk kembangkan potensi prestasi anak
Taman Sehat

Lain halnya di Taman Ketangkasan dan Taman Petualangan, si kecil bisa mencoba berbagai permainan yang akan melatih keberanian, rasa percaya diri serta mendukung tumbuh kembangnya. Di taman ini lebih ke aktifitas motoric, seperti wall climbing, Flying fox dan Bouncy Trampoline.

Permainan lainnya ada di Taman Sehat, si kecil bisa mencoba permainan milk factory. Gak Cuma itu anak-anak juga bisa mencoba konsumsi langsung susu SGM Eksplor yang kaya akan nutrisi. Wah happy sekali pastinya, seusai bermain sekaligus belajar anak-anak bisa langsung minum susu.

Ternyata SGM Eksplor tidak hanya memberikan dukungan dan perhatiannya kepada anak-anak Indonesia saja loh, Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju juga menyediakan edukasi gizi bagi para bunda untuk bisa konsultasi atau sharing seputar tumbuh kembang dan nutrisi anak. DIsana juga ada Klub Bunda Generasi Maju, puluhan hadiah menarik juga penawaran seru lainnya, wah lengkap banget ya.

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju ini sudah hadir di beberapa kota besar lainnya seperti Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan terakhir Bandung yang akan diadakan tanggal 28 Juli 2019. Sebagai komitmen penuh dalam mendukung Generasi Maju, SGM Eksplor juga akan menyediakan Mini Mobi yang akan berkeliling ke 11.000 wilayah di Indonesia. Menjangkau seluruh orang tua dan anak-anak Indonesia dengan mengedukasikan pentingnya nutrisi dan stimulasi demi Generasi Maju Indonesia.

Masih banyak keseruan dan informasi event menarik lainnya yang akan SGM Eksplor adakan, jangan sampai ketinggalan informasi ini ya, follow terus official account dari SGM Eksplor. Selain mendapatkan banyak informasi menarik, promo, kita juga bisa live chat dengan para ahli dibidangnya seperti psikolog dan dokter anak secara gratis. Yuk kita pemenuhan nutrisi anak-anak Indonesia dengan Complinutri dan pastinya terus berikan mereka stimulasi tepat untuk kembangkan 5 potensi prestasinya.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares