Education,  Lifestyle

Berbagi Kebaikan Bersama Lifebuoy Untuk Pejuang Kanker di Indonesia

Meskipun pandemi sudah berlalu tapi dampaknya masih dirasakan hingga saat ini, terutama perkembangan sosial dan emosi anak-anak. Menurutku anak-anak sekarang agak kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain, terutama yang mereka baru temui.  Seperti kejadian kemarin saat mereka menghadiri undangan tetangga yang sedang berulang tahun, cukup lama untuk membujuk Ara putri ketigaku untuk  mau bergabung bersama kakak dan teman-teman sebayanya.

Memang dampak physical distancing selama pandemi membuat interaksi sosial mereka jadi terhambat. Padahal banyak sekali manfaat yang didapatkan jika interaksi anak dengan keluarga, teman dan lingkungannya berjalan optimal, mereka bisa belajar berempati, kerja sama, saling menghargai dan perilaku positif lainnya yang pasti baik untuk membangun karakter anak di masa depan. Apalagi aku sangat mendambakan mereka tumbuh menjadi anak-anak yang memiliki kelapangan hati untuk mudah berempati dan bermanfaat bagi orang lain.

Menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak memang bukan pekerjaan satu atau dua pekan sih, harus terus diarahkan dan dicontohkan melalui stimulasi-stimulasi sederhana seperti mengajak mereka untuk berbagi kebaikan. Ada banyak peluang kebaikan yang bisa sama-sama kita lakukan bersama anak-anak, seperti berdonasi rambut untuk memberikan semangat dan bantuan kepada para pejuang kanker. Ya rambut yang kita punya ini bisa dijadikan peluang memberikan kebaikan untuk orang lain. Inilah gagasan mulia yang diinisiasi oleh Lifebuoy. Akupun baru tau ternyata ada donasi rambut yang bisa memberikan banyak dukungan dan manfaat bagi para pejuang kanker di Indonesia.

Kampanye Berbagi Kebaikan Dari Lifebuoy

photo by kak @akunovitania

Aku bersyukur bisa ikut sharing tentang kampanye ‘’Berbagi Kebaikan’’. Lifebuoy bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia mengajak dan menginspirasi keluarga Indonesia untuk ikut memberikan dukungan kepada para pejuang kanker. Kampanye Berbagi Kebaikan ini bisa memberikan semangat dan rasa percaya diri untuk mereka. Kita sebagai orang tua juga bisa memberikan contoh dan stimulasi kepada si kecil bahwa berbagi itu bisa dari pintu mana saja, tidak perlu menunggu limpahan materi tapi bisa dilakukan dengan hal sederhana seperti menyumbangkan potongan rambut.

Kampanye Berbagi Kebaikan ini resmi diluncurkan kemarin tanggal 2 Juni 2022 melalui acara offline dan juga melalui zoom atau secara virtual. Alhamdulilah acara tersebut benar-benar insightful, meskipun aku mengikutinya secara online tapi rasa haru dan pesan dari kampanye ini tersampaikan banget. Banyak sekali pengingat dan informasi yang aku dapatkan dari acara kemarin, pemaparan dari para narasumberpun kembali menjadi reminder untukku untuk terus membekali diri dan anak-anak dengan rasa kepedulian terhadap orang lain. Acara peluncuran kampanye Berbagi Kebaikan kemarin menghadirkan para narasumber dan juga mom selebirity yaitu:

  • DR.dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP sebagai ketua umum YKI
  • Bunda Anna Surti S.Psi.,M.Si,.Psi seorang Psikolog klinis keluarga
  • Siti Annisa Nuhonni, Sp.KFR-K selaku pengurus bidang pelayanan social YKI
  • Agus Nugraha, Head of Marketing Hair Care PT. Unilever Indonesia, Tbk
  • Mona Ratuliu, selebriti yang kini memiliki 5 orang anak

Selain menanamkan nilai-nilai kebaikan, kampanye Berbagi Kebaikan ini juga mengajarkan kita untuk terus menjaga kesehatan rambut. Rambut yang sehat bisa menjadi sumber kekuatan untuk berbagi kebaikan, bayangkan dengan donasi rambut sehat, kita bisa memberikan semangat dan motivasi untuk mereka yang sedang diuji dengan sakit kanker. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, prof. DR.dr Aru Wisaksono kemarin. Kampanye berbagi kebaikan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker sekaligus mendorong semangat dan kualitas hidup pasien kanker, sejalan dengan kampanye ini kita diingatkan untuk menjaga kesehatan rambut yang bisa kita donasikan dalam bentuk wig.

Donasi rambut melalui YKI juga menjadi ide stimulasi untuk menumbuhkan kembali rasa empati dan mengembangkan perilaku tolong menolong pada diri anak anak. Apalagi setelah pandemi yang berlangsung cukup lama kemarin. Melalui donasi sederhana ini anak anak bisa ikut berkontribusi memberikan empatinya untuk para pejuang kanker. Bagaimana cara berdonasi?

Di acara kemarin, Lifebuoy menyediakan Pop Up Salon yang bisa mewadahi para tamu undangan untuk langsung memotong rambut lalu mendonasikan potongan rambutnya. Seperti yang sudah dilakukan kak Anita Maya, para blogger, Mom Mona Ratuliu dan juga Nala. Bukti nyata yang diperlihatkan oleh mereka sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye ini.

photo by Lifebuoy team

Berapa sentipun rambut yang didonasikan bisa dikonversi menjadi wig yang nantinya akan digunakan oleh pasien kanker melalui YKI. Nantinya wig akan didistribusikan YKI ke pejuang kanker di berbagai wilayah Indonesia dengan ketentuan:

  • > 25 cm akan dijadikan wig rambut asli
  • < 25 cm akan ditimbang dan dijadikan rambut sintesis

Wig yang akan terkumpul nanti tidak hanya digunakan sebagai pengganti rambut bagi para pejuang kanker tapi lebih dari itu. Seperti yang disampaikan Dr. Siti bahwa ”Kanker memberikan dampak fisik juga psikologis sehinga dukungan melalui kampanye berbagi kebaikan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat mereka”.  Bentuk dukungan yang menguatkan bahwa mereka tidak berjuang sendiri.

Nah selain donasi rambut yang bisa dilakukan secara langsung pada acara kemarin, kita yang berada di rumah atau dimanapun, tetap bisa berdonasi dengan cara lainnya yakni:

photo by instagram @lifebuoyid
  1. Donasi Rambut dengan cara mengirimkan ke PO BOX Lifebuoy

Lifebuoy menyediakan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk bisa ikut berdonasi dalam kampanye berbagi kebaikan. Kita bisa mendonasikan rambut sehat dan kuat yang kita miliki dengan langkah berikut:

  • Cuci rambut dengan bersih lalu keringkan, selanjutnya rambut tersebut dikuncir dalam satu atau dua ikatan. Jangan lupa ikatlah dengan kuat
  • Potong rambut di atas ikatan dengan memastikan rambut tidak berserakan atau berantakan
  • Rambut yang terpotong dan terikat rapi dimasukkan ke dalam amplop atau zip lock yang tahan air
  • Selanjutnya kirimkan ke PO BOX LIFEBUOY BERBAGI KEBAIKAN JAKARTA 12000 dengan menginformasikan nama lengkap, alamat dan nomor ponsel pendonasi
  1. Donasi melalui Kitabisa.com

Donasi untuk para pasien kanker yang sedang berjuang juga bisa dilakukan melalui Kitabisa.com atau melalui LINK berikut. Nantinya donasi yang terkumpul akan disampaikan kepada YKI

  1. Donasi melalui pembelian produk Lifebuoy

Lifebuoy tak hanya menyediakan Pop up salon dan mewadahi pengiriman donasi rambut, tapi juga memproduksi kemasan khusus Lifebuoy yang diperuntukkan untuk mendukung para pasien kanker di Indonesia. Kemasan limited edition ini berukuran 340ml, dengan melakukan pembelian Lifebuoy Shampoo varian Kuat & Berkilau otomatis kita akan berkontribusi untuk penggalangan dana. Nantinya dana yang terkumpul akan didonasikan ke YKI

Kampanye berbagi kebaikan ini akan berlangsung hingga Desember 2022, yuk ikut berkontribusi untuk berbagi kebaikan agar para pejuang kanker semakin semangat dan optimis, ada banyak pintu kebaikan yang tersedia, bisa berdonasi atau ikut sharing tentang kampanye mulia ini. ‘Tidak ada balasan kebaikan selain kebaikan pula’’ Q.S Ar Rahman:60

#BeraniBerbagiKebaikan

#KebxLifebuoy

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

26 Comments

    • Yanti

      Kampanye Lifebuoy Berbagi Kebaikan ini memang bagus bngt ya mengajarkan kita bagaimana berdonasi dengan cara yang sederhanapun bsa kita lakukan untuk membantu sesama yaitu melalui rambut sehat kita

      • Uniek Kaswarganti

        Bener banget mba. Ternyata berbagi kebaikan tak melulu dalam bentuk uang, juga harus dalam jumlah yang wah. Apapun bisa kita lakukan untuk menolong sesama dan membuat mereka bahagia.

    • Violita

      Manfaat berkontribusi pada kegiatan ini banyak banget. Sekecil apapun yang kita lakuin buat mereka, sangat membantu bagi yang membutuhkan ❤

      • Yanti

        Dengan kampanye berbagi kebaikan memberikan inspirasi bahwa kita bisa berdonasi melalui rambut sehat yang kita miliki untuk para penyintas kanker agar bisa tampil percaya diri

  • Lia Lathifa

    Banyak cara untuk peduli dengan pejuang kanker ini, termasuk donasi rambut ya, walau tanpa uang hal sederhana seperti ini bisa dilakukan, memberikan kebahagiaan kepada orang lain itu pahalanya dilipat gandakan, bahagia buat orang lain, bahagia untuk kita sendiri, sama-sama bikin hati lebih legowo

  • Fenni Bungsu

    Meski masih panjang waktunya, Yuk kita bisa ikutan program donasi ini.
    Karena berbuat baik untuk sesama memang membahagiakan dan saling menguatkan ya.

    • cyntiayoga

      Kita tidak pernah tau kebaikan apa yang pernah kita perbuat sehingga kita bisa mendapatkan limpahan berkah berkali kali lipat balasannya. Masya allah hanya dengan mengirimkan rambut saja kita bisa berdonasi dengan pejuang kanker. Semoga bisa terus berjalan yaa kampanye nyaa

  • Uniek Kaswarganti

    Anak-anak emang kebanyakan kalau belum kenal rada sulit berbaur mba. Makanya PR banget ya ketika pandemi ini, mereka kan makin ga pernah ketemu dengan temannya.
    Bagus nih gerakan berbagi kebaikan yang diinisiasi oleh Lifebuoy, bisa kita jadikan sarana untuk menumbuhkan empati, termasuk kepada anak-anak, tentang arti berbagi kepada sesama.

  • Lia Rahmawati

    MasyaAllah… Baru tau klo rambut bisa juga di donasikan… Mdah2an makin banyak orang2 baik yg mau berdonasi dan berbuat baik dalam bentuk apapun.

  • Risalah Husna

    berbagi kebaikan bisa dengan cara apapun. Asal dilakukan dengan ikhlas, yang menerima juga bakal hepi. Idenya Lifebuoy ini out of the box ya. Ngga kepikiran donasi rambut, ternyata bisa ya.

  • demia

    keren banget ini programnya lifebuoy yaaa, aku juga baru tau kalo ternyata rambut bisa di donasiin yaa, dan bisa bermanfaat buat orang yang membutuhkan

  • Selma Lia

    Kampanye seperti ini bagus juga ya, memberikan kebahagiaan untuk para pejuang kanker, diharapkan mereka jadi ada semangat menjalani proses pengobatannya. Keren Lifebuoy Shampo

  • icha

    Lifeboy selalu bikin kampanye yang berfaedah dan bisa dirasakan… dan kali ini untuk para pejuang kanker.. sebagai konsumen, akupun jd iku senang

  • Ririn Wandes Melalak Cantik

    Lifebouy ini sudah lama banget dikenal oleh masyarakat sih. Saya saja sejak jaman sekolah sudah pakai shampoo nya. Hmm serunya ikutan event bareng Lifebouy gini apalagi ada pop up salon itu. Tentunya semoga kebaikan ini bermanfaat untuk para pejuang kanker ya,aamiin

  • Yuniari Nukti

    Donasi rambut jarang banget ada, dan ide Lifebuoy ini keren banget lho. Ternyata berbagi gak harus dalam bentuk materi, sesuatu yang ada dalam diri kita bisa untuk membahagiakan orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.