Education,  Review,  Technology

Bikin Konten Makin Maksimal dengan ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)

Era digital memang membawa perubahan besar terutama profesi yang belakangan ini banyak digeluti dan sangat menyenangkan untuk aku tekuni, yakni content creator. Banyak informasi dan ilmu baru yang bisa dipelajari sekaligus mengembangkan kemampuan diri. Aku juga bisa lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman dan sekitar melalui konten yang aku bagikan di beragam platform.

Dalam pekerjaan ini, aku banyak menggunakan beberapa media seperti video, teks, audio dan gambar yang biasanya akan melalui proses editing terlebih dahulu, selain itu ada beberapa aplikasi editing yang sering aku gunakan seperti VN, Canva, hingga Adobe Photoshop®.

Demi hasil konten yang lebih maksimal, content creatorsepertiku pasti membutuhkan  beragam perangkat, salah satunya Laptop.  Untuk menghasilkan kreativitas yang menarik, laptop handal dan berfitur lengkap menjadi pilihan tepat untuk digunakan sehari-hari.

Alhamdulillah melalui acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 yang dikoordinir Mba Katerina, aku bisa berkenalan dan mendapatkan pengalaman untuk mencoba langsung laptop Ultimate yang menjadi incaran para content creator. Sebelum aku spill laptop idamanku ini, aku mau cerita dulu keseruan acara kemarin.

Sumber foto: Kiri (Dokumentasi by @dessyachieriny) Tengah (Dokumentasi by @travelerien)

Rasanya bukan acara ASUS kalo nggak diadakan di venue yang besar dan berkelas. Semanggi Lounge Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta menjadi pilihan tempat yang dipilih untuk memperkenalkan beberapa laptop kepada kami, para Blogger yang diundang. Mba Rien yang biasa aku sapa, mengajak para Blogger untuk hands-on produk-produk laptop seperti ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), ASUS Zenbook 14 OLED (UX3402), ASUS Vivobook 14X (M1403), ASUS Vivobook GO 14 (E1404F) dan ASUS Vivobook 14X (K3405).

Kamis, 14 September 2023 acara ASUS Blogger Gathering 2023 semakin seru dan menyenangkan dengan suguhan makanan lezat yang disiapkan pihak Hotel. Acara ini juga menjadi ajang untuk kami saling bertukar cerita dan reuni seru sesama Blogger. Durasi acara yang berjalan kurang lebih 3 jam sama sekali gak terasa, aku asik mencoba pengalaman menggunakan Laptop kasta tertinggi di kelasnya, yup aku mendapat kesempatan hands-on laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE).

Sumber foto : ASUS

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), Performa Kencang dengan Fitur Beragam

Laptop ini terasa special sekali karena punya 2 layar berteknologi touchscreen. Layar sentuhnya juga sudah menggunakan ASUS OLED yang bisa menghasilkan warna yang akurat dan sudah tervalidasi PANTONE. Kualitas warna pada layer laptop tuh penting banget saat proses editing foto atau video, agar warna yang diinginkan tidak berbeda dengan warna yang dihasilkan layar laptop.

Ketajaman dan akurasi warna pada layar ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) gak perlu diragukan, ASUS OLEDnya punya color gamut 100% DCI-P3, didukung teknologi HDR juga. Teknologi inipun sudah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Layar sentuh utamanya memiliki resolusi 2.8K, HDR 16:10 dengan kecepatan refresh rate hingga 120Hz. Sedangkan layar sentuh kedua atau layar tambahannya memiliki ScreenPad Plus yang membuat penggunanya akan merasakan ‘pengalaman nyata’ saat melihat gambar atau video yang ditayangkan pada layar laptop. Tampilan visual dari layarnya bakalan memanjakan mata.

Fitur di laptop ini memang banyak banget dan benar-benar menjawab kebutuhan para content creator, buat yang sering begadang atau berjam-jam mengerjakan tugas atau konten di laptop, gak usah khawatir sama kesehatan mata, ASUS sudah membekali laptop ini dengan fitur ASUS OLED Care. Efek screen retention dan burn-in bisa dicegah dengan fitur ini. Nantinya fitur ASUS OLED Care bisa diakses dan dikontrol melalui aplikasi MyASUS.

Selain ada layar special yang dual touchscreen, laptop ultimate dari ASUS ini juga dibekali prosesor generasi terbaru yaitu 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H dengan dukungan RAM DDR5, konektivitas PCIe Gen 4.0, ditambah fitur pendukung Intel Quick Sync. Hardware yang digunakan di dalam ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan prosesor yang biasa dipakai pada laptop gaming loh, kebayangkan ngebut dan kencangnya mesin pada perangkat gaming. Gak sekedar mempermudah tapi mempercepat juga.

Masih belum sempurna kalau aku belum ngasih tau GPUnya nih, laptop ini menggunakan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dengan memori sebesar 4GB, kemampuan grafis terbaiknya menjadi incaran para animator, editor dan pastinya kita yang suka berkreasi dalam membuat konten.

Mesin kencang dengan banyak fitur pasti perlu system pendingin yang oke. Nah ASUS sudah memberikan 2 sistem pendingin yang powerful untuk menjaga ketahanan performa dan umur panjang perangkat laptop. Ada teknologi ASUS Ice Cool Plus cooling system yang bisa memberikan pendinginan maksimal.

Gak usah khawatir overheating saat beban kerja lagi numpuk karena ada tambahan sistem pendingin dari ASUS. Ada teknologi AAS Ultra terbaru yang memberikan rongga udara ekstra untuk menambah pendinginan pada laptop. Jadi ada engsel khusus pada layar kedua yang jika terangkat akan membentuk rongga, sehingga memaksimalkan laju udara pendinginan pada laptop.

Meskipun laptop ini punya 2 layar dan mesin yang handal, tapi tetap compact loh untuk dibawa-bawa atau dipakai sehari-hari. Bobotnya hanya 1,75kg dengan dimensi laptop 32.35 x 22.47 x 1.79 ~ 1.96 cm. Makin nyaman dipakai wfh di café atau saat sedang berpergian ya. Kelengkapan portnya juga mendukung banget, sudah dilengkapi port HDMI, 3.5mm combo audio jack, dan USB Type-A, ditambah dua port USB Type-C Thunderbolt 4. Memindahkan data cepat, pengisian dayapun mudah.

Menurutku spesifikasi laptop yang dibutuhkan para content creator atau mereka yang punya produktivitas tinggi, ada semua di laptop ini. Gak heran kenapa masuk kasta tertinggi di kelasnya. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini bisa di dapatkan dengan harga sekitar 30 jutaan, untuk aktivitas yang produktif dan hasil konten yang lebih maksimal, harga segitu cukup worth it ya, menurut kamu gimana?

Sumber foto: ASUS

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

One Comment

  • Annisa

    Laptop saya juga Asus, tapi yang gaming series. Pertimbangannya waktu beli tahun 2020 adalah ROG itu spesifikasinya udah tinggi dan tahan banting sehingga bisa dipakai lebih lama untuk pekerjaan non gaming.
    Tapi kalau melihat ASUS dual display ini jadi ngiler sihh… Semoga kebeli…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *