Healthy,  Parenting,  Review

Cara Mengatasi Ruam Popok, Agar Bos Kecil Tetap Ceria

Halo Moms aku mau sharing nih informasi dan tips yang bermanfaat banget yang aku dapatkan dari acara Blogger Gathering kemarin, cara mengatasi ruam agar Bos Kecil di rumah tetap ceria dan bebas bergerak aktif. Pengetahuan yang berguna apalagi untuk new moms yang masih bingung dan panik, kok muncul merah-merah pada area kulit si kecil yang menggunakan popok. Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat ya moms Aamiin.

Alhamdulillah kamis 20 Agustus lalu, aku bisa ketemu teman-teman Blogger lagi di acara Blogger Gathering Fimela x Bepanthen, happy banget rasanya, setelah sekian lama berjumpa secara online, akhirnya bisa bertatap muka dan saling sharing secara langsung. Gak sekedar kumpul-kumpul biasa, kali ini Fimela dan Bepanthen ngasih ilmu dan tips yang akan aku bagikan di tulisan ini.

Bertempat di Wyl’s kitchen Hotel Veranda, Bepanthen menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, masalah ruam popok pada si kecil dibahas secara rinci. Selain itu ada QnA session yang memberikan kesempatan buatku bertanya soal alergi pada si kecil. Ya aku sempat khawatir, anakku yang ada bakat alergi apakah akan mudah terkena ruam atau tidak. Ini dia para narasumber yang sudah membagikan ilmu dan tips di acara tersebut:

  • Reza Fahlevi, seorang Pediatrician
  • Ibu Debi Widianti, Marketing Manager Dermatology PT. Bayer Indonesia
  • Nabila Gardena, Personal Blogger

Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, aku sempat khawatir Zahwan yang usianya belum genap 2 tahun ini akan mudah terkena ruam karena ada bakat alergi yang diturunkan dari aku dan suami, ternyata resiko ruam popok ini penyebab utamanya terjadi ketika kulit bayi yang tertutup rapat oleh popok dibiarkan dalam waktu yang lama, sehingga urin dan kotoran yang ada di popok menjadi bercampur dan menjadi tempat berkembangnya jamur dan bakteri. Selain itu adanya gesekan popok dengan kulit bayi yang akhirnya menyebabkan infeksi. Jadi penyebab utamanya bukan alergi moms. Namun anak yang memiliki alergi khususnya alergi kulit, perlu diperhatikan lebih detail, kulitnya akan lebih sensitive.

Ruam popok pada si kecil ini gak bisa kita sepelekan karena bisa berdampak pada kesehatan kulit dan pastinya membuat bos kecil lebih rewel, merasa gak nyaman dalam bergerak dan beraktivitas. Sebelum mencari tau cara pencegahan agar bos kecil gak kena ruam popok, yuk moms kita kenali seperti apa ruam yang muncul pada kulit si kecil:

 

 

Biasanya si kecil akan menunjukan rasa gelisah, tidak tenang hingga menangis kulitnya mengalami ruam. Kita bisa langsung mengecek nih moms, area pantat, paha hingga kelaminnya. Jika muncul kemerahan seperti gambar di atas, itu menandakan si kecil mengalami ruam. Ruam popok ini menjadi permasalahan kulit yang umum terjadi, apalagi si kecil yang setiap harinya menggunakan diapers seperti anakku. Nah ternyata banyak juga loh moms penyebab lainnya yang bisa memicu munculnya ruam popok pada si kecil, seperti:

  • Penggunaan popok yang ketat
  • Terlambat mengganti popok
  • Si kecil yang sedang tumbuh gigi atau fase oral, sehingga fesesnya lebih cair
  • Menggunakan produk perawatan bayi yang mengandung alcohol
  • Kurang bersih dalam membilas atau membersihkan urine atau feses si kecil
  • Jika si kecil menggunakan popok kain, perhatikan deterjen yang akan digunakan moms

Kita bisa nih moms menjaga si kecil agar tidak terkena ruam popok dengan menghindari penyebab-penyebab tadi. Namun jika bos kecil terlanjur terkena ruam, kita gak perlu panik karena kita sudah tau cara mengatasi ruam tersebut. Dokter Reza memberikan penjelasan cara mengatasi ruam dengan langkah ABCDE, step by step mengatasi ruam yang akan dengan mudah kita ingat.

Air yang berarti udara, memberikan udara atau menjaga sirkulasi kulit si kecil saat menggunakan popok. Terlebih popok sekali pakai. Kita perlu memilih nih moms popok sekali pakai yang memiliki rongga atau tidak ketat, sehingga kulit si kecil tidak lembab

Barrier merupakan pertahanan kulit, sama seperti skincare yang sering kita gunakan nih moms, menjaga skin barrier si kecil dengan lapisan yang berasal dari produk atau salep popok yang kita oleskan pada kulit mereka. Produk yang digunakan bisa menjadi lapisan yang menjaga kulit bos kecil dari iritasi dan ruam

Clean menjadi tahapan yang hampir setiap jam kita lakukan ya, membersihkan kulit si kecil harus benar-benar bersih hingga ke lipatannya. Sebaiknya dibersihkan dengan air yang mengalir agar sisa – sisa kotoran yang menempel bisa hilang dengan sempurna

Diaper jadi pengingat kita nih moms untuk cermat memilih produk diaper yang akan digunakan oleh si kecil, kita perlu memperhatikan bahan dari diaper tersebut

Edukasi ini penting banget, kitab isa dapatkan melalui banyak kesempatan, jangan lupa untuk berbagi edukasi kepada para ibu lainnya. Dengan edukasi yang tepat, moms tidak akan mudah panik dan tau harus melakukan apa ketika si kecil mengalami ruam atau gangguan kesehatan lainnya, knowledge is power.

Sharing dari Dokter Reza ini memberikan banyak tips agar moms gak perlu khawatir jika bos kecil terkena ruam. Pencegahan lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah menyediakan salep khusus yang bisa digunakan oleh si kecil jika terkena ruam. Produk yang bisa dipakai sebagai pelapis pada kulit agar kulit memiliki pertahanan terhadap ruam dan infeksi kulit.

Di acara Blogger Gathering kemarin, aku mendapatkan rekomendasi salep popok yang aman dan tepat untuk dioleskan ketika bos kecil terkena ruam, yaitu salep popok Bepanthen. Ternyata salep ini sudah tersebar di 130 Negara dan berasal dari Brand global yang sudah ada lebih dari 75 tahun, sudah terpercaya moms.

Selain itu Bepanthen sudah memiliki sertifikat halal MUI dan sudah teruji klinis untuk merawat kulit bayi di area popok. Aman digunakan pada kulit bayi yang baru lahir ataupun kulit sensitive. Bepanthen memiliki formula Triple Action yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit bayi dari gesekan tapi memiliki manfaat lain yaitu melembutkan kulit dan merawat kulit dengan kandungan Pro Vitamin B5.

Ibu Debi juga menambahkan bahwa Bepanthen ini mampu menjadi pelapis pada kulit si kecil selama 10 jam, jadi tahan lama moms, dioles secukupnya pada kulit di sekitar area popok. Bepanthen akan memberikan lapisan pelindung tanpa menghalangi sirkulasi air dan udara.

Selain menjadi pelapis kulit agar bos kecil terhindar dari ruam, ternyata Bepanthen ini bisa digunakan juga untuk mengobati puting moms yang lecet. Cukup dioleskan pada area puting yang lecet, sebelum si kecil menyusui moms bisa bilas terlebih dahulu. Manfaatnya sama moms, Bepanthen memberikan pelindung atau pelapis pada kulit.

Happy banget bisa menjadi bagian dari acara Blogger Gathering kemarin, terima kasih kepada para narasumber yang sudah berbagi informasi dan pengetahuan agar bos kecil di rumah tetap ceria, bebas dari ruam dan gangguan kesehatan kulit lainnya. Semoga para new moms gak panik lagi ya kalau bos kecilnya tiba-tiba rewel atau muncul kemerahan pada kulit area popok dan sekitarnya.

Untuk pembelian Bepanthen, moms bisa dapatkan di Official Store Bayer yang ada di Shopee. Gunakan kode voucher BAYERBE11 untuk mendapatkan diskon ya moms, lumayan banget jadi lebih hemat. Biar gak ketinggalan informasi bermanfaat ataupun promo menarik lainnya, follow juga official Instagram @BepanthenID, yuk berikan perlindungan tepat agar Bos Kecil bisa tetap ceria dan bebas dari ruam.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.