Food,  Lifestyle,  Review

Ada Es Kopi Special Gula Aren di Dapur Solo, Yuk Cobain

‘’karena dari kopi kita belajar, bahwa rasa pahit itu bisa dinikmati -unknown’

Banyak filosofi kehidupan yang muncul dari secangkir kopi, tidak hanya sekedar minuman yang menghangatkan, kopi punya arti yang mendalam bagi penikmatnya terutama mereka yang meracik.  Butuh kejelian dan kesabaran untuk mengubah biji kopi menjadi minuman yang mampu mengurai rasa ketika meneguknya. Yaa buat beberapa orang kopi menjadi sumber inspirasi atau menjadi penahan kantuk disaat pikiran tak mampu bersinergi dengan mata.

Buatku kopi memberikan inspirasi disaat ide menulis stuck tak bergerak, kafeinnya mengembalikan fokus. Bahkan sesekali menjadi ‘obat’ disaat kepala pusing atau flu berat melanda. Sejak lama aku sudah menjadi coffee lover, bakat ngopi yang diturunkan dari kedua orang tua yang memang berasal dari daerah penghasil kopi di Sumatera. Kopi Aceh atau yang paling terkenal disana yaitu kopi gayo, ada yang sudah mencobanya? Kopi yang punya aroma kuat dan sudah cukup terkenal hingga ke benua Eropa. Sayangnya rasa pahit yang dihasilkan sangat pekat apalagi untukku yang terbiasa menikmati latte atau kopi dengan manisnya susu.

Saat ini kopi begitu beragam bahkan semakin dimodifikasi dengan campuran bahan memikat lainnya, seperti Es Kopi Special Gula Aren yang menjadi salah satu  menu baru di Dapur Solo 1988. Sebagai penggemar kopi, aku happy banget ketika diajak Ngopi Asik di Dapur Solo 1988 Matraman kemarin. Acara santai yang menjadi ajang kumpul para blogger penikmat kopi. Dari acara kemarin, akupun jadi tau tenyata Dapur Solo ini gak cuma #AhlinyaMasakanJawa aja, sekarang sudah bisa menjadi tempat nyeruput kopi sambil mencari inspirasi di tengah kota Jakarta.

Es Kopi Special Gula Aren

Kopi ini jadi salah satu menu baru yang ditawarkan Dapur Solo 1988. Dibuat dari perpaduan biji kopi lokal Indonesia, biji kopinya berasal dari Temanggung. Seperti yang aku bilang, terciptanya secangkir kopi itu butuh proses yang gak main-main dan gak sebentar. Dari mulai memilih biji kopi yang akan dipakai sampai biji kopi itu diolah dan dipadukan dengan bahan lainnya, meraciknya seperti membuat karya seni!

Di acara Ngopi Asik kemarin, aku dan teman-teman blogger bisa menyaksikan langsung bagaimana sang barista meracik es kopi ini. Satu persatu alat yang akan digunakan berjejer rapi di atas meja. Ada dripper, ro presso, water kettle, timbangan, hingga coffee grinder, duh peralatan yang menjadi wishlistnya para coffee enthusiast.

Es kopi ini dibuat dengan teknik manual brew atau diproses secara manual sehingga biji kopi yang diolah tetap menonjol. Menggunakan perpaduan biji kopi Arabika dan Robusta dengan perbandingan 70:30, selanjutnya biji kopi tersebut digiling halus dan dipadukan bersama manisnya susu dan legitnya gula aren. Tambahan es batu membuat es kopi ini segar dinikmati disaat cuaca terik.

Es kopi special gula aren ini gak hadir sendirian, ada beberapa varian kopi lainnya yang bisa dijadikan pilihan seperti Es Kopi Alpukat Gula Aren, Kopi Klotok, Es Kopi Susu Coffee Jelly, Kopi Jahe dan masih ada yang lainnya. Kurang afdol rasanya kalau ngopi gak ada kudapannya, nah Dapur Solo 1988 juga menyediakan beragam kudapan khas Jawa seperti serabi, bakwan jagung, singkong goreng dengan sensasi rasa keju dan gemblong cotot yang terkenal banget di daerah Salatiga. MasyaAllah kuliner lokal yang rasanya akan membuat kita makin kagum sama cita rasa Nusantara.

Dapur Solo 1988 Matraman Raya

Udah kenalan sama menu baru dari Dapur Solo 1988, sekarang resto tour yuk ke cabang Dapur Solo ke-35 yang berada di Matraman Raya Jakarta Timur. Dapur Solo yang udah berdiri sejak 1988 ini ternyata udah punya 37 cabang yang tersebar di berbagai tempat. Selain melayani Dine-in, pengiriman antar, di Dapur Solo Matraman ini juga bisa dijadikan venue untuk berbagai acara seperti meeting, gathering, pertunangan, dan lainnya.

Dapur Solo Matraman memiliki 2 ruangan meeting yang mampu menampung 10-15 orang per ruangan, 1 ruangan serbaguna yang cukup luas (kapasitas 20-50 orang), smoking area dan pastinya ada area dine-in dengan interior yang modern. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, seperti musola, toilet yang bersih, area tunggu yang nyaman bagi para driver ojol dan area parkir yang cukup luas.

Dapur Solo 1988 Matraman ini berhasil dalam memberikan paduan apik desain Jawa dengan konsep modern yang elegant, terlihat dari hiasan di dinding dan berbagai komponen lainnya di dalam setiap ruangan. Smoking area disana dilengkapi juga dengan jejeran pohon hijau yang diharapkan mampu memfilter udara sekitar.

Jadi ada dua area outdoor yang bisa dipilih, bisa digunakan juga sebagai area meeting atau simple gathering seperti acara Ngopi Asik Blogger Gathering kemarin. Outdoor area ini ada dibagian depan dan juga pada sisi samping resto utama. Rasanya pas banget dijadikan tempat ngopi-ngopi santai sambil menikmati angin alami dari udara sekitar.

 

Oh iya saat pertama kali masuk ke area resto, aku langsung tertarik dengan jejeran toples berisi aneka bubur yang disusun rapi. Ternyata ada 5 macam bubur tradisional yang bisa dinikmati, boleh dicampur ataupun memilih salah satunya. Ada bubur Jawa, bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau dan biji salak dengan pisang, aneka bubur tadi juga dilengkapi dengan santan yang bisa ditambahkan sesuai selera. Kalau lagi pengen makan bubur tradisional, udah gak bingung donk cari dimana.

Aku kenal Dapur Solo itu pas dapet lunchbox dari sebuah event, yup nasi kotaknya DS itu udah terkenal banget ya dan menurutku salah satu resto yang menyajikan beragam pilihan menu yang komplit. Jadi lauk yang disediakan gak cuma satu macam, ada beberapa jenis dengan rasa yang approved di lidahku, gak lupa ada sambal yang selalu jadi penambah nafsu makan. Alhamdulillah pas acara Ngopi Asik kemarin, aku jadi bertemu lagi dengan nasi Langgi komplit. Salah satu signaturenya DS yang diandalkan dalam berbagai kesempatan.

Biar gak penasaran gimana segarnya Es kopi special gula aren tadi dan sekomplit apa sih nasi langgi yang aku cicipi, cuss langsung ke Dapur Solo terdekat atau kepoin dulu menu-menu yang ada disana melalui Instagram Dapur Solo 1988. Selain jadi Ahlinya Masakan Jawa, Dapur Solo juga Ahlinya LunchBox dadakan, menunya beragam dengan harga yang terjangkau. Kalaupun kalian gak sempat nyobain makan dan ngopi langsung disana, Dapur Solo juga menyediakan layanan antar yang bisa diakses melalui beberapa platform delivery partner seperti Gofood, Grabfood, ShopeeFood, TravelokaEats atau chat langsung sama CSnya melalui Whatsapp. Yuk jelajahi kuliner Nusantara di Dapur Solo.

 

#dapursolo #dapursolomatraman #ngopiasik #kopijadoel #kopitradisional #ahlinyamasakanjawa #nongkrongenak

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

One Comment

  • Nurjanah

    Penasaran sama kopi gula arennya?
    Karna gak terlalu suka kopi jadi pasti klo makan minumnya es teh manis. Tapi bukan berarti gak pernah ngopi
    Belum sempet nyobain, karna biasanya apapun makannya minumnya es teh manispernah kesini seh waktu ngemall di lippo bareng mamak sekolah anak2. biasalah anaknya sekolah mamamya ngopi cantik sekalian brunch bener bgt makannanya ngena bgt dilidah walaupun temanya agak kejawaan. . Next kita kesini bareng lagi yuuu ahhhhh ade ipar dket pula dulippo puli seklaian metime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *