Kembangkan Bakat Anak
Education,  Parenting

Bantu Kembangkan Karakter Penting Anak Dengan Sering Bilang IyaBoleh

Mungkin moms pernah mendengar, jika nanti akan ada saatnya kita begitu merindukan rumah yang berantakan, tembok yang kotor ataupun kericuhan anak – anak saat berebut mainan. Moment perkembangan mereka yang saat ini membuat kita lelah justru akan sangat kita rindukan. Baju dan tembok yang kotor sudah pasti bisa kita bersihkan atau kita ganti, tapi periode emas perkembangan mereka hanya terjadi sekali seumur hidup dan tidak bisa kita ulang. Bersabarlah..berjuanglah..that’s exactly what i need to remind my self all the time.

Melalui acara Advanced Excelnutri+ Blogger Gathering kemarin, aku semakin sadar dan mengerti betapa pentingnya eksplorasi bagi tumbuh kembang dan karakter anak. Acara yang berlangsung di Ayana Hotel Jakarta ini membangkitkan semangat dan awareness ku terhadap pola parenting #IyaBoleh yang seharusnya aku terapkan sejak dini.

acara dancow

Acara tersebut juga mengukuhkan gerakan 1 Juta #IyaBoleh. Mengajak aku dan para moms untuk sering berkata #IyaBoleh. Gathering ini dihadiri oleh para momblogger hingga para bunda millenial. Banyak sekali ilmu dan informasi yang aku dapatkan dari para narasumber hebat.

para narasumber dalam pembahasan karakter anak
Para Narasumber

Seperti yang disampaikan oleh salah satu narasumber di acara kemarin, Dra. RATIH IBRAHIM, M.M., bahwa ‘’cara terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah ikut terlibat dan lebih sering mengatakan #IyaBoleh kepada anak. Biarkan anak – anak mencoba berbagai hal baru. #IyaBoleh memberikan mereka kesempatan untuk bereksplorasi dimana eksplorasi merupakan salah satu cara mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Hal itu akan membantu terbentuknya 5 potensi karakter anak yang unggul moms yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin.

Berani

Dengan memberikan ia kesempatan untuk bereksplorasi, kita sudah memberikan kepercayaan terhadap dirinya sehingga ia menjadi anak yang berani. Terbentuklah rasa percaya diri dalam diri anak sehingga kelak ia mampu dalam problem solving atau decision – making.

anakku arsyila

Aktivitas yang bisa menunjang karakter berani ini seperti bermain di alam terbuka atau play ground.

Cerdas

kegiatan acara dalam membangun karakter pemberani

Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kecerdasan anak adalah bermain balok susun. Kegiatan ini menjadi kegiatan paling rutin yang anak – anakku lakukan. Kami menyiapkan balok susun berbagai bentuk dan ukuran, aktifitas sederhana ini mampu melatih kecerdasan dan motorik anak moms.

Kreatif

cara melatih karakter kreatif anak

Membiarkan anak bereksplorasi dengan lingkungan berarti kita membiarkan mereka terpapar beragam benda. Ia belajar mengenali lingkungan sekitar dan otomatis terstimulus dengan baik. Hal itu moms yang mampu memunculkan daya kreatifitas dan imajinasinya. Nah moms bisa mencoba memberikan cat air atau memperkenalkan cat lukis kepada anak. Kebetulan kegiatan eksplorasi dengan cat lukis ini menjadi kegiatan paling diminati anak keduaku.

Peduli

Dari kelima karakter unggul, karakter anak ‘peduli’ yang sangat mencuri perhatianku. Perkembangan kedua anakku memperlihatkan ada masanya mereka cenderung posesif dan tidak mau berbagi. Padahal kepedulian, simpati, toleransi hingga empati perlu dilatih sejak dini, jangan sampai mereka kelak menjadi anak yang cerdas namun memiliki sifat yang acuh terhadap lingkungan sekitar. Informasi yang diberikan psikolog kemarin bahwa kepedulian anak dapat terbentuk dengan seringnya kita membiarkan ia berinteraksi dengan orang lain atau temannya. Perlahan ia akan belajar untuk memahami perasaan orang lain, menunggu giliran serta menumbuhkan toleransi. Selain membiarkan ia berinteraksi dengan teman atau lingkungan sekitar, sikap peduli ini juga bisa kita bentuk dengan mengajarkan anak untuk memiliki hewan peliharaan moms, ehm kira – kira hewan peliharaan apa ya yang MAZ suka?

Pemimpin

Eksplorasi mampu mengasah kemampuan si kecil untuk mengontrol berbagai situasi dan kondisi akan berbagai hal yang ia hadapi. Saat mereka bereksplorasi, kita bisa memberikan pengarahan agar karakter anak bisa bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan. Contohnya dengan merapikan kembali mainan yang sudah mereka ambil atau meletakkan kembali barang – barang sesuai tempatnya.

Kebayang ya moms gimana Indonesia nantinya kalo punya generasi emas berkarakter unggul. Makanya Dancow melalui campaign positifnya terus mengajak moms untuk sering berkata #IyaBoleh. Eksplorasi ini menjadi salah satu bentuk stimulasi yang moms dan si kecil lakukan di rumah atau di luar rumah.

Supaya tumbuh kembangnya optimal, ternyata gak cuma butuh stimulasi moms tapi mereka membutuhkan perlindungan juga cinta. Memberikan nutrisi tepat agar anak mampu menjadi anak yang sehat, dimulai dengan memberikan asupan bergizi serta asupan yang melindungi saluran cernanya. Ada apa dengan saluran cerna ya?

80% daya tahan tubuh anak berada di saluran cernanya moms, selain itu penyerapan nutrisi dari apa yang ia konsumsi juga terjadi di saluran cerna. Karena itulah saluran cerna menjadi salah satu bagian penting di tubuh anak yang harus terlindungi. Agar saluran cerna sehat dibutuhkan populasi bakteri baik yang lebih banyak.

 

Komposisi gizi yang seimbang mampu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Pertumbuhan fisik yang baik berasal dari asupan kalsium dan protein sedangkan untuk kecerdasan otak diperlukan DHA, Omega 3, Omega 6, vitamin dan juga mineral.

 

Keterlibatan dan cinta orang tua berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Kita harus terlibat dalam kegiatan yang mereka lakukan agar kita bisa mengarahkan atau menyelipkan ‘’pelajaran – pelajaran’’ sederhana saat mereka asik bermain.

Pekerjaan sebagai ibu yang tidak ada habisnya menjadi tantangan tersendiri ya moms agar kita mampu mengIYAkan permintaan anak untuk bermain atau bereksplorasi. Nah kemarin Psikolog Ratih Ibrahim memaparkan juga kalo ada loh tips supaya moms bisa lebih sering berkata #IyaBoleh.

  • Kesiapan usia

Tiap anak pasti memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai usianya. Nah kita perlu tau nih moms kira – kira si anak secara usia sudah siap belum ya dengan kegiatan atau aktifitas tersebut. Jika sekiranya usianya belum siap atau masih terlalu dini, moms bisa mengarahkan ia dengan kegiatan lain.

  • Harus Aman

Berkata #IyaBoleh bukan berarti kita memberikan keleluasaan penuh tanpa memperhatikan keamanan si kecil. Pastikan area eksplorasi anak aman dari benda – benda berbahaya, atau masih dalam pengawasan kita ya moms.

  • Orang Tua Terlibat

Rumah menjadi tempat pertama anak untuk belajar sedangkan orang tua nya menjadi guru pertama bagi mereka. Keterlibatan kita sangat penting dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. Dari kitalah mereka mengambil contoh dan panutan. Dengan kehadiran kita, anak akan semakin percaya diri dan meningkatkan komunikasi yang baik Antara kita dan si kecil.

Sudah saatnya kita belajar untuk lebih sering bilang #IyaBoleh , kita dukung gerakan 1 Juta #IyaBoleh ini agar tercipta generasi emas di Indonesia ya moms.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

25 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *