Cooking,  Lifestyle,  Review

Memasak Kari Ala Jepang di Rumah Mudah dan Praktis

Sharing this:

Hai moms kali ini aku ingin berbagi info dan resep masakan khas Jepang yang bisa kita buat sendiri di rumah, iya masak sendiri dan gak perlu jauh-jauh ke restoran untuk menikmati sensasi makanan khas negeri sakura. Saat ini kuliner khas Jepang tuh lagi populer di Indonesia ya makanya makin banyak restoran yang menyajikan ragam makanan khasnya.

Jepang tuh jadi salah satu travel bucket list banyak orang termasuk aku. Budayanya, ke-humble-an masyarakatnya hingga ratusan kuliner yang mereka miliki. Sushi, sashimi, udon, onigiri, takoyaki hingga kari. Beberapa makanan khasnya sudah sempat mampir di lidahku hingga yang baru-baru ini aku cicipi yaitu kari khas Jepang.

Autumn Feast Event

Ternyata masyarakat Jepang tuh gak cuma hobi makan makanan mentah atau setengah matang aja loh, mereka juga terbiasa konsumsi curry atau kari yang berisi aneka macam sayuran dan daging. Nah aku jadi mengenal lebih jauh tentang kari khas Jepang ini saat menghadiri event yang diadakan oleh PT. House & Vox Indonesia di Almond Zucchini Cooking Studio.

autumn feast house kari ala jepang
Autumn Feast

Event yang bertajuk Autumn Feast ini mengundang para food blogger dan rekan media untuk langsung merasakan experience memasak dan mencicipi Kari khas Jepang. Acara ini sangat menyenangkan karena kami para food enthusiast bisa terjun langsung di dapur untuk memasak sekaligus belajar food styling. Biasanya kan kami hanya mengabadikan foto makanan dari berbagai angle agar terlihat menarik, nah kali ini kami diajak untuk mengetahui proses memasaknya dari awal.

Kedatangan kami disambut dengan hangatnya coffee dari Caribou Coffee dan manisnya aneka kue dari Anns Bakehouse & Creamery. Acara semakin terasa fun ketika mc mengajak beberapa peserta untuk bermain games yang berhadiah aneka voucher. Sambutan dari Marketing Communication Excecutive Mba Dewi Febrina menjadi pembuka acara, dilanjutkan sambutan dari Mr. Kuramochi selaku President Director PT. House & Vox Indonesia.

presdir PT. House Vox Indonesia
Mr. Kuramochi – President Director PT. House & Vox Indonesia

Menurut Mr. Kuramochi masyarakat Jepang sangat suka sekali makan kari. Variasi kari Jepang juga beragam, ada yang isinya hanya sayuran, ada potongan daging cincang atau kari dengan topping telur. Autumn Feast yang diselenggarakan ini cocok sekali dengan musim yang sedang berlangsung di Jepang yaitu autumn atau musim gugur. Biasanya kari menjadi menu andalan yang pas juga untuk dikonsumsi saat autumn dan musim dingin.

Kalau aku lihat sekilas masak kari seperti nya ribet dan butuh waktu yang lama. Makanya selama ini aku belum pernah mencoba memasak kari di rumah. Ditambah lagi aku punya pengalaman makan kari yang kurang menyenangkan saat berkunjung ke Singapore beberapa tahun lalu, yup kari yang aku cicipi saat itu memiliki bau yang sangat menyengat dan rasanya yang kurang enak, pengalaman itu menghentikan keinginanku untuk kembali mencoba makan kari. Kemarin, menjadi kali pertama aku kembali makan kari. Rasa dari produk saus padat House Kari ala Jepang ini sangat pas di lidahku, asinnya pas dan yang paling aku suka adalah aroma yang dihasilkan dari kari ini bisa ‘ramah’ di hidungku, tidak menyengat sama sekali.

Cooking Experience Bersama Chef Chitra

Chef Chitra dan Chef Iren alumni Masterchef Indonesia

Aku sangat antusias dan bersemangat saat demo memasak dimulai. Chef Chitra dan Irene Masterchef akan memandu kami untuk memasak 3 menu sekaligus yaitu appetizer, main course dan dessert. Session ini seperti salah satu babak challenge di acara masterchef yang biasa aku tonton yaitu duplicate dish. Jadi nantinya kami para food enthusiast akan menduplikat 3 menu yang sebelumnya sudah dicontohkan oleh chef Chitra.

Akupun sangat serius menyimak sambil mencatat beberapa step dan resep yang didemokan oleh chef Chitra. Sampai tiba waktunya kami harus memasak di meja masing-masing yang sudah disediakan, lengkap dengan peralatan masak dan bahan-bahan yang akan diolah. Masuk ke cooking studio Almond Zucchini berasa masuk ke galeri Masterchef, untungnya ini bukan babak untuk dieleminasi haha

Setelah selesai menduplikat menu yang sudah dicontohkan chef Chitra, kami kembali ditantang untuk menghias makanan. Ini dia resep dan penampakan hasil masakanku.

Appetizer – Vegetarian Curry Puff Pastry

vegetarian curry puff pastry
Vegetarian Curry Puff Pastry

Menu pertama yang dibuat adalah Appetizer dan ini special bagi para vegetarian. Alat yang perlu disiapkan untuk membuat menu ini adalah tray atau Loyang, kuas, mangkok dan oven.

Bahan Puff:

Untuk membuat puff atau kulitnya kita bisa menggunakan puff pastry yang sudah jadi, biasanya dijual di beberapa swalayan atau modern market atau bisa juga membuatnya sendiri. Untuk masakan yang aku buat kemarin, aku menggunakan puff pastry yang sudah jadi. Namun kita perlu menyiapkan telur, garam, susu sebagai bahan oles dan tepung terigu untuk ditaburi di atas tray.

Bahan isian:

  • Beberapa blok Kari Ala Jepang
  • Kecap Inggris
  • Saus tomat
  • Wortel, kentang rebus, bawang Bombay, paprika (diced)
  • Kacang polong
  • Air
  • Lada putih
  • Bubuk bawang putih
  • Parsley, Coriander (cincang)
  • Minyak
  • Tepung Maizena

Cara membuat:

Panaskan minyak lalu tumis bawang bombay+paprika bersama kecap inggris dan tomat, tunggu hingga layu lalu masukan wortel, kentang, kacang polong, air dan blok kari ala Jepang, aduk sambil tambahkan bubuk bawang putih, masak hingga mengental dan matang. Masukan air maizena secukupnya (ini digunakan untuk mengentalkan kari), aduk lalu tambahkan parsley serta coriander.

Setelak isian matang, kita bisa menyiapkan olesan untuk puff pastry. Kocok telur dengan garam dan susu, oles diatas puff pastry dengan kuas. Oles tipis-tipis aja jangan sampai over. Setelah dioles masukan isian kari lalu tutup. Jangan lupa tusuk – tusuk bagian puff pastry dengan garpu dan di oles juga dengan campuran telur tadi. Panggang dengan suhu 180 C selama 20 menit.

Main Course – Rice Burger with Chicken Katsu Curry

Hasil masakkanku kari ala jepang
Rice Burger with Chicken Katsu Curry

Untuk nasi:

  • Beras Jepang
  • gula
  • garam
  • Togarashi
  • Seaweed kering
  • wijin hitam + putih

Masak beras dengan tambahan gula garam, setelah matang cetak nasi dengan cetakan ring burger lalu taburi dengan seaweed, biji wijen dan gula garam dan togarashi.

Chicken Katsu:

Dada ayam (pukul-pukul dada ayam agar sama rata), Bread crumbs, telur, susu, garam, lada, Bubuk bawang putih, bubuk ketumbar, bubuk paprika, minyak.

Setelah ketebalan ayam rata, bumbui dengan bumbu seperti garam+lada+bubuk bawang putih+ketumbar+paprika. Rendam ayam ke dalam kocokan telur, susu dan garam lalu simpan sejenak di kulkas untuk rasa yang lebih enak agar lebih meresap. Dada ayam yang sudah direndam angkat dan taburi breads crumbs, panaskan minyak dan goring hingga kecoklatan.

Salad:

  • Lettuce
  • Olive oil
  • Jeruk lemon
  • garam
  • lada
  • isian puff pastry yang sebelumnya sudah kita buat (isian vege kari tadi)

Finishing:

Susun nasi+salad dilanjutkan dengan chicken katsu lalu isian curry selanjutnya tutup dengan nasi yang telah dicetak. Taburi dengan wijin hitam putih atau bubuk paprika sesuai selera.

Dessert – Strawberry Milk Pannacotta

strawberry milk pannacotta
Strawberry Milk Pannacotta

Bahan untuk topping:

  • House strawberry premix
  • Susu
  • Cookie crumble

Bahan untuk Pannacotta:

  • Cream
  • Jus strawberry
  • gelatin (rendam gelatin ke dalam air berisi es batu)
  • lemon

Cara membuat:

Topping: Campur house strawberry dengan susu, aduk-aduk dan dinginkan

Panncotta: masak cream dengan jus strawberry dan lemon, tambahkan gelatin dan masak hingga berbulh.taruh dalam wadah dan dinginkan di lemari es.

Setelah Pannacotta mengeras kita bisa tuangkan topping diatasnya tambahkan juga cookie crumble dan hias dengan edible flower atau daun mint sesuai selera.

Tentang Bumbu House Kari Ala Jepang

Bumbu saus padat House kari ala Jepang ini sebenarnya sudah ada sejak 2016 dan sudah menjadi distributor utama bahan baku untuk restoran, hotel hingga catering. Bisa jadi makanan kari yang kita makan di beberapa resto dan hotel menggunakan bumbu House kari ala Jepang ini ya. Bentuknya yang padat sangat mudah digunakan dan cukup dimasukan atau dikentalkan dengan air saat proses memasak. Bentuknya yang seperti blok cokelat juga memudahkan kita dalam menakar atau menggunakan sesuai kebutuhan.

saus pada kari ala jepang
Blok kari ala jepang saat dimasukkan ke dalam frying pan

Kabar baiknya lagi bumbu saus padat House kari ala Jepang ini satu-satunya yang memiliki sertifikat halal pertama di Indonesia. Jadi sangat aman digunakan oleh para muslim. Tersedia dalam kemasan 935 gram atau untuk penyajian sekitar 50 porsi makanan. Nah buat yang penasaran sama rasa dari kari khas Jepang ini, kalian bisa dapatkan di beberapa Supermarket seperti Grand Lucky, Papaya Supermarket, Kemchick, Ranch Market dan juga Lotte Grosir.

Jadi masak kari ala Jepang bisa kita lakukan di rumah ya moms, mudah dan sangat praktis. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk House kari ala Jepang, moms bisa kunjungi official instagramnya ya, jangan lupa di follow karena ada informasi resep masakan kari lainnya yang menggugah selera dan bisa dicontek untuk dimasak di rumah.

Semoga Bermanfaat…

19 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares