Cooking,  Education,  Review

Bright Gas Tabung Gas Lebih Aman dan Terjangkau

Sharing this:

Memasak menjadi pekerjaan harianku di rumah. Dari mulai buat sarapan, menu makan siang sampai cemilan buat anak-anak. Meski rutin memasak tapi aku tidak pernah berani memasang tabung gas sendiri loh ketika habis. Cukup kerepotan sih saat gas habis dan proses memasak belum selesai, alhasil aku harus menunggu suami pulang terlebih dahulu.

Ketidakberanianku dalam mencopot ataupun memasang tabung gas sendiri sebenarnya karena aku memang belum pernah mencoba dan belum tau cara yang benar untuk memasangnya. Aku khawatir pemasangan tidak kencang atau ada tahapan pengecekan yang terlewat.

Kamis 31 Oktober 2019 kemarin, aku berkesempatan untuk datang menghadiri event ‘’Kelihatan Cerdasnya Bersama Bright Gas’’. Acara tersebut berlangsung di Hotel Grandhika Iskandarsyah Jakarta. Banyak sekali informasi penting yang aku dapatkan dalam acara tersebut. Salah satunya bagaimana memasang gas LPG yang benar dan apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih tabung gas.

Apa itu LPG

Ibu-ibu sepertiku sih sudah sangat mengenal ya sama tabung yang satu ini. Setiap hari LPG memudahkan kita untuk memasak ini itu di dapur. Tapi ada yang tau singkatan dari LPG itu apa? Nah yuk kita kenalan moms. Jadi LPG itu Liquefied Petroleum Gas atau Gas hidrokarbon yang sudah dicairkan dengan tekanan agar memberi kemudahan dalam menggunakannya, mendistribusikan hingga penanganannya. Saat ini LPG dikelola dan didistribusikan melalui perusahaan persero terpercaya yaitu PT Pertamina.

Dalam acara kemarin, aku diedukasi untuk cermat dalam memilih tabung gas LPG yang akan digunakan di rumah. Terutama apakah tabung LPG yang kita gunakan sudah sesuai dengan kondisi keuangan keluarga kita yang sebenarnya?

Pertanyaan itu muncul saat aku melihat masih banyak masyarakat mampu yang menggunakan tabung LPG bersubsidi. Jadi moms, tabung LPG bersubsidi itu hanya diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu atau umkm kecil. Ukurannya yang 3kg memang dikhususkan agar masyarakat kecil tetap bisa menggunakan manfaat LPG untuk memasak. Jadi yuk sesuaikan tabung gas LPG ini dengan kondisi keluarga kita, kan saying kalo tabung gas LPG yang bersubsidi ini tidak merata sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Kalau aku saat ini menggunakan tabung LPG non subsidi berukuran 12 kg tapi mulai kepikiran untuk mengganti dengan varian BRIGHT GAS yang 2 kali lebih aman dibandingkan tabung gas lainnya.

Keunggulan BRIGHT GAS

Inovasi Bright Gas
Bright Gas
  1. Keamanan Ganda

Bright Gas mengusung teknologi Valve Ganda untuk meningkatkan keamanan dan mencegah kebocoran pada tabung gas. Jadi teknologi ini bisa mengurangi tekanan gas yang berlebih. Jadi cocok ya untuk para ibu yang biasanya khawatir akan keamanan tabung gas. Kita bisa beralih menggunakan tabung gas ini.

  1. Mudah Memastikan Keaslian Tabung Gas

Kita sering banget ya mendengar banyak produsen nakal yang memalsukan tabung gas LPG demi meraih keuntungan besar. Moms bisa tidak membedakan produk tabung gas asli atau palsu? Nah untuk menjawab keresahan para konsumen setia, Pertamina berinovasi membuat sebuah Segel Hologram atau QR Code yang berisi informasi keaslian produk juga lokasi pengisian tabung gas terdekat. QR Code tersebut cukup kita scan dengan aplikasi pindai pada smartphone kita, mudah ya.

  1. Mudah Dibawa dan Diperoleh

Tabung pinky ini pas loh moms untuk kita para wanita karena mudah serta nyaman diangkat atau dipindahkan. Selain itu cukup mudah menemukan lokasi atau tempat pembelian maupun pengisian. Nah happynya lagi ada layanan antar gratis yang disediakan oleh Pertamina, tinggal telpon aja ya moms ke 135 untuk informasi tersebut.

Varian Terbaru BRIGHT GAS CAN

isi ulang tabung kecil bright gas
Bright Gas Can

Pertamina sejak lama mengajak masyarakat mampu untuk beralih ke BRIGHT GAS. Tabung berwarna shocking pink ini menjadi inovasi Pertamina untuk memberikan keamanan ganda saat digunakan. BRIGHT GAS hadir dengan 3 pilihan ukuran atau isi yaitu 5,5 kg, 12 kg dan varian terbarunya yaitu 220 gram.

Melalui acara kemarin, aku dan teman-teman blogger berkenalan lebih jauh dengan varian terbaru ini yakni Bright Gas Can. Hadir dengan kemasan yang mudah dibawa-bawa dan lebih ekonomis. Cocok banget buat travelling atau kegiatan masak lainnya. Jadi gak perlu bawa tabung gas yang besar moms, dengan Bright Gas Can ini urusan masak memasak di luar rumah bisa lebih mudah. Bright gas Can berisi 220 gram ini sudah bisa didapatkan di SPBU Pertamina, Indomaret, outlet modern lainnya atau layanan antar di 135. Wah semakin mempermudah dan lebih terjangkau ya.

Masak Dengan Bright Gas

demo memasak bersama chef di acara
Demo memasak dengan menggunakan Bright Gas

Acara kemarin semakin seru saat Chef Deny Gumilang mulai mendemokan cara memasak dengan menggunakan Bright Gas. Menurut Chef Deny Gumilang, peran Gas yang Berkualitas tidak hanya menjamin keamanan saat proses memasak tapi juga berpengaruh terhadap cita rasa masakannya. Api biru yang dihasilkan oleh gas yang berkualitas bisa membuat masakan matang secara sempurna dan merata. Gak cuma itu peralatan masak yang kita gunakan tidak gosong atau menghitam sehingga lebih mudah dibersihkan.

Chef Deny gumilang mendemokan 2 jenis masakan yaitu Sphagetti dan masakan bersambal khas Indonesia banget. Kualitas api yang baik sangat mempercepat proses memasak loh moms, kalau apinya merata masakan bisa matang secara menyeluruh jadi waktu yang dibutuhkan untuk memasak bisa lebih cepat, sekaligus lebih hemat dong.

Cara Memasang Tabung Gas

Selain ada demo memasak, event kemarin aku juga diajarkan cara memasang gas yang benar oleh pihak Bright Gas. Simulasi yang diajarkan sangat mudah dipahami. Ternyata mudah ya memasang gas sendiri, jadi tidak perlu bergantung pada suami atau orang lain saat gas di rumah habis. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemasangan atau penggantian tabung gas di rumah, seperti :

  1. Pastikan tabung gas yang kita beli adalah produk asli atau memiliki segel resmi Pertamina
  2. Gunakan peralatan LPG yang sudah berstandar SNI. Perlu diketahui nih moms, saat ini Pertamina belum mengeluarkan peralatan LPG tambahan seperti regulator, selang atau lainnya. Namun kita bisa memilih produk yang sudah bersertifikat SNI
  3. Ruangan memasak memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Hindari juga meletakan tabung gas di dekat sumber panas ya moms
  4. Pastikan pada saat pemasangan tidak ada sumber api yang menyala. Cek terlebih dahulu kalau kompor dalam keadaan mati
demo pemasangan selang gas yang benar
Simulasi pemasangan gas yang benar

Setelah memastikan beberapa point diatas, kita bisa langsung melakukan pemasangan tabung gas dengan melepas segel plastic pada tabung LPG. Setelah itu pasang regulator pada katup tabung LPG. Putar knop regulator searah jarum jam. Nah dalam pemasangan ini, pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk ya. Setelah gas sudah terpasang jangan langsung nyalakan kompor ya moms, coba kita cium udara sekitar apakah bau gas atau tidak, jika ada bau gas coba kita lepas kembali dan pasang dengan lebih akurat. Jika sudah tidak ada bau gas yang tercium, moms bisa menyalakan kompor untuk memastikan gas sudah bisa digunakan.

Setelah dapat edukasi pemasangan gas serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan, aku jadi ingin mencoba mengganti gas sendiri di rumah. Agar proses memasak tidak berhenti di tengah jalan seperti sebelumnya. Apalagi sudah ada layanan antar yang Pertamina sediakan, wah udah gak ragu dan gak takut deh. Untuk informasi selengkapnya moms bisa kunjungi Official Website Pertamina atau official instagram Bright Gas ya.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares