Cooking,  Lifestyle,  Parenting

Wisata Rasa MPASI Untuk Atasi Anak GTM

Masa MPASI selalu menjadi tantangan buatku, meski anak sudah 4 tapi selalu ada saja ujiannya. Rasanya baru kemarin aku harus bergelut di dapur untuk menyiapkan beragam menu MPASI untuk si bungsu Zahwan. Berbeda dengan kakak-kakaknya, Zahwan sulit makan dan agak pemilih.

Tidak semua jenis sayuran dan buah dapat dikonsumsi Zahwan, sejauh ini hanya pisang saja. Kalau sayuran, aku harus memotong sangat kecil agar tertelan olehnya, harus diaduk dan disatukan dengan nasi dan abon kesukaannya. Pokoknya aku selalu mencari cara agar Zahwan mau makan dan bisa mengenal banyak rasa. Alhamdulillah GTM Zahwan perlahan bisa berkurang.

Banyak mitos yang sering beredar di sekitar kita tentang menu MPASI, salah satunya banyak yang bilang kalau MPASI gak boleh berbumbu, gak boleh ada penambahan rasa, katanya harus hambar. Nah itu ternyata mitos yang sangat menyesatkan moms, kita bisa mengenalkan beragam rasa sejak dini melalui menu MPASI yang kita buat, wisata rasa bisa mencegah anak GTM.

Alhamdulillah aku mendapatkan banyak edukasi terkait MPASI nih dari ikutan acara Wisata Rasa MPASI ROYCO kemarin. Di acara itu aku makin mengenal fakta dan mitos seputar MPASI. Jadi si kecil bisa berWisata Rasa nih melalui olahan menu MPASI, selama penambahan rasa atau bumbunya masih dalam batasan rekomendasi ya.

Acara Wisata Rasa ini menjadi persembahan Royco untuk mendukung para bunda mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, memberikan edukasi mengenai MPASI sekaligus menyambut Hari Anak Nasional. Royco juga memperkenalkan program Royco Nutrimenu melalui kampanye Wisata Rasa MPASI Royco.

Di acara ini ada beragam aktivitas seru dan bermanfaat moms, ada konsultasi gizi, demo memasak, dan talkshow yang menghadirkan para narasumber seperti:

  • Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia
  • Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University
  • dr. Miza Afrizal, SpA, seorang Dokter Spesialis Anak
  • Nikita Willy, Celebrity Mom

Pemberian MPASI ini menjadi moment penting yang berdampak terhadap tumbuh kembang anak, pemenuhan nutrisi pada 1000 HPK. Jika nutrisi yang didapatkan anak optimal maka resiko stunting dan permasalahan lainnya bisa teratasi.

Ibu Amaryllis juga menyampaikan tujuan dari kampanye Royco ini, selain mendukung para ibu untuk memenuhi nutrisi anak sesuai isi piringku, Royco juga berkomitmen mengatasi permasalahan malnutrisi di Indonesia. ‘’Selama puluhan tahun, Royco selalu menjadi andalan ibu dalam menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi bagi keluarga. Dengan purpose Gerakan Pangan untuk Masa Depan, Royco memiliki komitmen berkelanjutan untuk berperan mencegah berbagai permasalahan malnutrisi di tengah keluarga Indonesia, tak terkecuali dalam periode MPASI.” Ungkap Ibu Amaryllis selaku Direktur Nutrition Unilever.

Pada sesi talkshow, dr. Miza memberikan banyak insight dan edukasi tentang menu MPASI terutama mengenai penambahan rasa. Menambahkan garam, gula atau bumbu lain seperti bawang merah, bawang bombay diperbolehkan, selama kadarnya masih dalam batas yang dianjurkan.

ASI yang menjadi makanan pertama si kecil ternyata memiliki rasa moms, yaitu manis gurih. Nah sejak awal bayi sudah mengenal rasa, jadi ketika kita memberikan MPASI yang terus menerus hambar, si kecil tentu akan menolak atau biasa kita kenal dengan GTM.

dr. Miza juga menambahkan ‘’Untuk itu, ibu perlu membimbing anak melakukan ‘Wisata Rasa’ di tahapan pengenalan MPASI dengan menambahkan gula, garam, atau bumbu lainnya sesuai takaran yang direkomendasikan agar membantu anak mengeksplorasi berbagai jenis bahan makanan dan rasa, sekaligus menambah nafsu makannya,”.

Sesi sharing bersama para narasumber semakin seru dengan tips mencegah GTM yang Nikita Willy sampaikan. Baby Isa yang usianya saat ini 1 tahun lebih, pernah juga mengalami GTM namun tidak sering bahkan amat jarang. Tips mencegah GTM dari Nikita adalah dengan membiasakan anak untuk mengikuti feeding rules dan feeding schedule secara konsisten.

Nikta juga sudah mengenalkan beragam rasa kepada baby Isa, jika Baby Isa sedang GTM maka Nikita tidak terlalu cemas karena Ia yakin bayi akan mengenal rasa lapar, apalagi jadwal makan yang sudah di tetapkan sejak awal diikuti dengan baik.

Sebagai seorang new mom, aku sangat paham betapa pentingnya untuk selalu teredukasi dengan informasi yang terpercaya. Aku sendiri terus belajar di fase MPASI ini, termasuk dalam menyusun menu MPASI yang menarik, baik dari ragam rasa ataupun bahannya supaya bisa memberikan pengalaman ‘Wisata Rasa’ yang menyeluruh untuk Issa. Seneng banget sekarang ada pilihan rangkaian Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI, aku jadi lebih percaya diri mengekplorasi variasi menu yang flavorful dan bernutrisi seimbang untuk Issa.” Ungkap Nikita Willy di acara Wisata Rasa MPASI Royco.

Selain memberikan wadah edukasi untuk para bunda, Royco juga bekerja sama dengan IPB University untuk melakukan pemberdayaan kepada kader kesehatan di wilayah Bogor. Kerja sama yang terjalin berupa edukasi, training of trainers hingga demo masak. Alhamdulillah pemahaman para kader seputar MPASI semakin meningkat. Semoga mitos-mitos yang beredar tentang MPASI bisa semakin diberantas.

Di akhir sesi talkshow, Nikita Willy juga mendemokan menu MPASI yang praktis dan disukai baby Isa. Menu tahu bakso kuah yang cocok banget disajikan saat si kecil lagi batpil, ungkap Nikita. Menu ini pastinya menggunakan Royco Kaldu Special Hijau yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam dan tanpa pengawet.

Penambahan rasa pada menu MPASI si kecil ini bisa dibuat lebih praktis dengan menggunakan Royco Kaldu Special. Ini jadi Inovasi terbaru dari Royco, aku tertarik banget untuk mencoba menu MPASI Tahu Bakso Kuah ini di rumah. Sajian MPASI yang bisa aku berikan untuk Zahwan sekaligus kakak-kakaknya nih. Cukup sekali masak, satu rumahpun bisa makan, yeay.

Ada 2 varian rasa dari Royco Kaldu Special yaitu bumbu kaldu rasa ayam special dan bumbu kaldu rasa jamur special. 2 pilihan rasa ini pas banget untuk menambahkan rasa pada menu MPASI ya, Royco kaldu special cocok untuk menu MPASI si kecil.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat menu ini sederhana dan mudah didapatkan, aku cukup menyiapkan daging ayam giling, wortel, tepung maizena, daun bawang, tahu putih dan pastinya Royco Kaldu Special.

Cara membuatnya juga mudah, seperti membuat sop atau sayuran bening dengan bakso. Resep dengan takaran lengkapnya bisa dilihat juga di website Royco. Seneng banget deh Royco membagikan buku resep ‘’Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Special’’. Ada 30 menu MPASI yang bisa dijadikan acuan membuat menu enak bernutrisi untuk si kecil. Inspirasi menunya juga bisa diakses gratis melalui website Royco dan jangan lupa follow juga Instagramnya, biar gak ketinggalan promo dan inspirasi lainnya.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *