Education,  Lifestyle

Emak-Emak Sadar Bisnis Dengan Program Makpreneur Dari Kmart

Udah gak perlu diragukan lagi ya potensi emak-emak jaman sekarang yang bisa menghandle beberapa pekerjaan sekali waktu. Emak-emak memang ahlinya multitasking, bisa urus anak, suami dan sederet pekerjaan rumah lainnya, ditambah lagi kerjaan sampingan yang menghasilkan cuan.

Sekarang para emak-emak bisa memiliki kesempatan menambah uang bulanan dengan beberapa peluang kerja. Bermodalkan niat yang kuat, keinginan dan semangat untuk terus  mengembangkan diri, InsyaAllah emak-emak bisa produktif menambah kas keluarga.

Sebagai emak anak 4, aku merasakan betul bahagianya bisa membeli sesuatu dari hasil keringat sendiri. Beli kebutuhan anak-anak atau sekedar order makanan kesukaan gak perlu minta sama suami, berasa lebih mandiri. Makanya punya penghasilan sendiri tanpa melupakan kodrat sebagai ibu dan istri jadi dambaan para emak-emak saat ini. Banyak peluang kerja yang bisa jadi kerjaan sampingan buat emak-emak, dari blogger sepertiku, content creator, penulis hingga punya bisnis yang dikelola dari rumah.

Emak bisa sukses mencapai goal yang sudah ditentukan, tentunya dengan semangat belajar dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengembangkan diri. Aku percaya setiap emak punya potensi luar biasa untuk bisa produktif dan menjadi calon emak-emak sukses. Nah ada kesempatan nih mak supaya kita bisa nambah skill juga cuan yaitu jadi Makpreneur, wah ini keinginan dan salah satu mimpiku juga.

MAKSADIS (Emak-Emak Sadar Bisnis)

Hampir sebagian besar emak-emak sekitarku sudah memulai bisnis rumahan sejak pandemi. Daya juang emak-emak tuh emang tinggi, beberapa emak yang aku kenal bahkan bisa menjadi tulang punggung keluarga, menggantikan kewajiban suami yang terkena imbas selama pandemi. Ada yang memanfaatkan keterampilan memasak dengan berjualan kue atau membuka catering, ada yang membuka jasa foto produk dan masih banyak lagi. Hampir sebagian besar transaksi jual belinya dilakukan secara online, termasuk memasarkan melalui whatsapp status dan platform sosial yang mereka miliki.

Era digital sangat mempermudah pemasaran usaha online ya, praktisnya lagi market online gini bisa membantu profesi lainnya seperti kurir dan ojol. Nah sayangnya gak semua emak-emak yang memulai usaha rumahan ini dibekali dengan informasi dan kemampuan digital yang baik, beberapa belum mengetahui strategi marketing seperti apa yang bisa menjangkau banyak mata atau masih ada emak-emak yang masih bingung memulai dari mana.

Tenang mak, sekarang tuh ada program Makpreneur yang di gagas oleh KMART. Aku bersyukur banget bisa tau program ini saat mengikuti Talkshow MAKSADIS. Jadi Jum’at 10 Desember 2021 kemarin, aku dan para emak dari berbagai latar belakang berkumpul di event MAKSADIS, sebuah talkshow yang mengajak para emak untuk sadar bisnis. Acara ini juga bertujuan memperkenalkan program pemberdayaan bisnis bagi emak-emak yang diusung oleh Bapak Radzi Saleh yaitu MAKPRENEUR.

Aku speechless melihat antusias emak-emak yang datang ke acara Maksadis kemarin, semangatnya luar biasa. Gimana para emak gak excited ya, ada Shireen Sungkar, Pak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan hadir juga para Makpreneur yang akan sharing cerita kesuksesan mereka, Mak Nurul dan Mak Lia. Wah ternyata bisnis Dato Radzi Saleh ada di berbagai aspek MasyaAllah, sebelumnya aku pernah mengulas KLIS, secondary school yang juga dikembangkan oleh Dato Radzi Saleh.

Acara yang dipandu oleh Soraya Larasati ini tidak hanya diminati oleh emak-emak saja tapi dihadiri juga para komunitas dan UMKM dari berbagai tempat. Maksadis ini juga diikuti oleh emak-emak lainnya secara virtual, emak memang luar biasa!

Program Makpreneur ini menawarkan kesempatan kepada emak di seluruh Indonesia untuk memulai bisnis yang bisa di lakukan dari rumah. Bisa sambil momong anak di rumah, emak bisa mendapatkan penghasilan yang besar melalui program Makpreneur. Seperti yang disampaikan Founder Aplikasi Kmart kemarin, Bapak Radzi Saleh.

MAKPRENEUR Bantu Emak Dapat Cuan Dari Rumah

Makpreneur ini sebuah komunitas emak-emak yang sadar bisnis. Didalamnya emak-emak akan belajar ilmu bisnis dengan arahan dari para mentor yang kompeten. Materi yang akan diberikan para mentor juga akan disesuaikan sama karakter emak, jadi gak usah khawatir dan takut duluan ya mak. Materinya akan dikemas seringan mungkin biar emak mudah memahami dan tentunya gampang untuk praktek langsung.

Pembekalan bisnis yang akan emak dapatkan dari program Makpreneur ini menurutku sangat lengkap. Gak Cuma ilmu bisnis tapi kemampuan digital emak juga akan diasah.  Ada personal branding, strategi marketing melalui WA dan media social FB IG, Content Creator, Video Marketing, Content Strategy hinggan Content Writing. Gimana mak? Materinya daging semua ya, ini sih emak-emak bisa jadi content creator handal.

Aku jadi teringat apa yang disampaikan Shiren Sungkar di acara Maksadis kemarin, tantangan jualan jaman sekarang tuh harus lebih kreatif dan harus pake ilmu. Dengan ilmu yang dipelajari, nantinya emak bisa tau bagaimana menjual produk yang sama dan sudah ada di pasaran, bagaimana memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan berbeda, sehingga bisa mendapat market share yang lebih banyak. Shireen juga menyampaikan kendala yang ia hadapi saat berbisnis, banyak orang yang menganggap artis jualan apa saja pasti laku padahal Shireen juga mengalami tantangan yang sama dalam memulai bisnisnya apalagi selama pandemi. Jadi menurut Shireen, sangat dibutuhkan ilmu dan kreatifitas dalam memasarkan produk yang akan emak jual di platform sosial.

Tidak hanya Shireen Sungkar, program Makpreneur ini juga didukung oleh Pak Menteri Sandiaga Uno, beliau sangat mendukung emak-emak yang berdaya dan bisa berpenghasilan tapi tidak mengabaikan kewajiban utama yaitu mengurus anak, suami dan rumah tangga. Jadi bisnis online yang bisa dikelola dari rumah jadi pilihan tepat yang emak bisa lakukan. Program Makpreneur ini juga mendukung kemajuan ekonomi kreatif Indonesia, bisa meningkatkan kemajuan ekonomi dan memberdayakan emak-emak millenial.

Makpreneur Bisnis Dari Rumah Melalui Aplikasi KMART

Mak bisa dengan mudah bergabung ke Makpreneur dengan melakukan pendaftaran melalui Link ini. Nantinya mak bisa memulai bisnis online dari rumah dengan aplikasi Kmart yang perlu diinstall sebelumnya. Kmart sendiri merupakan aplikasi belanja yang menyediakan berbagai produk. Ada food supplement, beauty dan aksesoris Kesehatan yang bisa disorder secara online. Sangat mempermudah kita untuk mendapatkan produk Kesehatan yang keasliaan produknya sudah dijamin.

Nah melalui Kmart ini nantinya emak-emak bisa mendapatkan kesempatan belajar bisnis online melalui program Makpreneurnya. Emak bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut sehingga keuangan keluarga bisa lebih baik. Seperti tujuan yang yang diharakan Bapak Radzi Saleh selaku Founder Akademi Inspiradzi, pengusung program Makpreneur ini ‘Memberdayakan emak-emak supaya dapat membantu ekonomi keluarga tanpa meninggalkan kewajiban utamanya’.

Alhamdulillah program Makpreneur ini bisa membantu banyak emak yang mungkin lagi berjuang memperbaiki keuangan keluarga apalagi yang terdampak pandemi, bisa jadi jembatan rejeki buat emak-emak juga menambah uang ‘jajan’ atau tabungan ya mak. Semoga Allah permudah dan berkahi setiap langkah yang sedang kita upayakan, terus semangat mak…salam daster:D

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.