Education,  Parenting

Novakid Pilihan Belajar Bahasa Inggris Online

Bun, di Sekolah Abang kok gak ada pelajaran Bahasa Inggris ya? tanya Arfa kepadaku.

Pertanyaan Arfa tadi mengingatkanku bahwa usianya yang sudah menginjak 8 tahun, Ia belum sama sekali mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Sebelumnya aku tenang-tenang saja karena disekolah Arfa ada extra kurikuler pelajaran itu. Sudah diniatkan, nanti Arfa akan ambil pelajaran tambahan sepulang sekolah.

Sayangnya keinginan Arfa untuk belajar Bahasa Inggris pupus karena pandemi, hingga saat ini Arfa dan teman-temannya belum pernah diikutsertakan dalam program Eskul oleh pihak sekolah, secara onlinepun tidak. Kondisi pandemi memang membuat kita para orang tua harus berbesar hati atas kebijakan yang diterapkan pihak sekolah. Ini semua dilakukan demi kebaikan bersama. Namun mengingat pertanyaan Arfa tadi, aku jadi berfikir untuk mencari alternatif media belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan sesuai usianya saat ini. 

Anak pertamaku Arfa termasuk anak yang mudah bosan saat belajar via daring, ehm rasanya hampir semua anak-anak seusianya begitu ya. Apalagi sudah 2 tahun sejak pandemi anak-anak diharuskan terus-menerus menatap layar ponsel atau laptop untuk mendapatkan pelajaran. Kita yang dewasa saja kalau duduk berlama-lama di depan laptop sering gagal fokus atau mudah bosan apalagi mereka yang seharusnya merasakan proses belajar dengan metode yang fun dan interaktif. 

Kendala belajar online yang selama ini aku rasakan  

Setiap pagi sebelum memulai daring, aku selalu kesulitan menyiapkan Arfa untuk stand by depan laptop atau ponsel. Ada saja alasan yang ia buat untuk mengulur-ngulur waktu belajar. Bun, boleh main lego dulu gak? atau Bun, nanti abis belajar boleh nonton ya?

Ada saja permintaan dan negosiasi yang ia buat seolah ia tidak semangat dan antusias mengikuti pelajaran secara daring. Aku terkadang mengerti bagaimana mood dan perasaan anak yang terus-terusan daring tapi mau gimana lagi, Ia juga tidak bisa meninggalkan kelas begitu saja, ada tanggung jawab dan komitmen untuk bersekolah, ini juga sudah jadi tantangan orang tua jaman pandemi. 

Selain menjaga mood anak saat daring, kendala lainnya yang sering aku dan Arfa alami adalah jaringan internet yang tidak stabil, banyak gangguan dari adik-adiknya hingga metode belajar yang kurang interaktif dan menyenangkan. Bicara metode belajar, ini jadi hal yang penting dan jadi pertimbangan utama saat orang tua memilih platform belajar untuk anak. Bagaimana mengemas pelajaran yang terlihat sulit menjadi mudah ditangkap dan dinikmati oleh anak-anak. Terlebih Bahasa inggris ya, anak-anak harus belajar pengucapan, vocabulary hinga percakapan.

Novakid, tawarkan pengalaman belajar online yang menyenangkan

Aku senang sekali mendapatkan rekomendasi sebuah platform belajar anak seperti Novakid.  Dengan menggunakan metode yang menyenangkan, anak-anak biasanya akan lebih tertarik dan tidak mudah bosan. Program yang ditawarkan Novakid bervariatif sekali, proses belajarnya juga dikemas dengan menarik dan anak-anak bisa tetap aktif selama belajar. Dengan belajar fun online learning, anak seperti Arfa tidak akan bosan.

Dalam online learning, mood dan semangat anak perlu dijaga dan penting untuk diperhatikan. Jika mereka bisa menikmati proses belajar maka apa yang disampaikan akan cepat masuk dan disimpan dalam memori mereka. Apa saja ya keunggulan Novakid ini dengan platform online learning lainnya:

  • Metode belajar yang menyenangkan
  • Pengajar yang kompeten
  • Kelas yang Interaktif, Para pengajar menggunakan metode TPR atau Total Physical Response. Anak anak akan diajak belajar sambil bergerak, proses belajar akan menggunakan komunikasi dengan gesture atau gerakan tubuh.
  • Pembelajaran sesuai usia
  • Menggunakan CEFR yang biasa digunakan di Eropa
  • Menyediakan berbagai pilihan jadwal kelas yang bisa disesuaikan dengan rutinitas harian 

 

Buat moms yang punya anak usia 4-12 tahun dan lagi mencari rekomendasi platform online, bisa langsung ke website Novakid. Saat ini sedang ada penawaran menarik yang bisa moms gunakan. Novakid mengerti sekali kebutuhan dan harapan para orang tua dalam menyediakan sarana yang menyenangkan saat belajar. Jadi tunggu apa lagi moms, mumpung ada harga promo Rp.327.000 untuk 4 kelas. Selain website Novakid, moms juga bisa cari info lengkapnya di @novakid_id atau chat ke WhatsApp  ya

 Semoga Bermanfaat

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.