Healthy,  Lifestyle

Pentingnya Sarapan Bagi Tubuh dan Manfaat Gandum Utuh

Sharing this:

Hai moms, tau gak kalo sarapan pagi itu penting banget untuk tubuh? Ternyata gak cuma sebagai sumber energi aja tapi banyak banget manfaat lainnya terutama untuk proses belajar dan tumbuh kembang anak moms. Sayangnya nih masih banyak orang Indonesia yang melewatkan rutinitas sarapan di pagi hari. Masih banyak anak-anak yang tidak sarapan sebelum memulai aktivitas belajar mereka.

Berdasarkan analisis data konsumsi pangan dari Riset Kesehatan Dasar 2010, ada sekitar 26,1 persen anak-anak di Indonesia yang sarapan hanya dengan minum air saja. Ya sama saja seperti tidak sarapan ya moms karena sarapan itu baiknya terdiri dari makanan atau minuman yang bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh. Mungkin sebagian besar dari masyarakat kita masih mengabaikan atau belum mengetahui betapa pentingnya sarapan pagi bagi tubuh, terutama untuk anak -anak yang tumbuh kembangnya masih sangat pesat.

Selama daring atau proses belajar online di masa pandemi ini, aku tetap membiasakan anak-anak untuk sarapan terlebih dahulu, tidak ada yang berubah dari agenda pagi seperti biasanya. Si sulung memulai akivitas daringnya pukul 7, ada beberapa sesi materi yang harus ia jalani. Jadi selain sarapan biasanya aku juga menyiapkan hidangan cemilan.

Proses belajar yang dilalui anak-anak tentunya membutuhkan konsentrasi, fokus dan kemampuan lainnya. Nah semua itu pastinya membutuhkan energi dan metabolisme tubuh yang baik. Energi dan komponen yang dihasilkan dari sarapan pagi. Apalagi proses belajar secara virtual ini sepertinya membutuhkan daya kerja otak dan tingkat fokus yang lebih tinggi ya moms.

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas:

• Sumber Energi Tubuh, seperti yang kita tau nih moms kalau malam hari saat tidur, tubuh kita menghabiskan banyak energi untuk pembentukan hormon, pertumbuhan organ dan regenerasi sel. Yup ternyata justru proses penting tubuh terjadi saat kita beristirahat ya. Jadi pas bangun tidur, kita butuh asupan sumber energi lagi nih biar tubuh siap, tetap fit dan gak mudah lelah untuk memulai aktivitas

• Menjaga Konsentrasi dan Daya Kerja Otak , proses belajar yang dilalui anak-anak membutuhkan daya kerja otak, mereka perlu menyerap, menganalisa dan memproses setiap materi yang didapatkan agar bisa dipahami. Nah sarapan memberikan sumber nutrisi untuk mendukung daya kerja otak dan menjaga tingkat konsentrasi

• Mencegah Penyakit Maag, pasti moms udah hapal deh kalo point satu ini. Ternyata moms maag itu tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan telat makan tapi juga mengabaikan sarapan pagi. Kalau gak sarapan, lambung akan terlalu lama kosong hingga akhirnya menimbulkan rasa perih

• Faktor terhadap Indeks Masa Tubuh, yup indeks masa tubuh kan menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh ya, nah kalo kelamaan mengabaikan sarapan pagi, biasanya indeks masa tubuhnya akan cenderung menurun yang nanti akhirnya berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Itu dia alasan-alasan kenapa sebaiknya kita tidak mengabaikan moment sarapan pagi setiap hari. Aku makin semangat menyiapkan sarapan pagi untuk anggota keluarga setelah dapat informasi dan ilmu penting melalui Prescon Kamis 19 November 2020 lalu. Materi dan informasi yang disampaikan para narasumber semakin membuatku aware akan pentingnya sarapan pagi dan nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini para narasumber yang memberikan banyak informasi penting pada presscon kemarin:

1. Bapak Alaa Shaaban, selaku Business Executive Office Nestle Cereals Indonesia
2. Dr Rita Ramayulis DCN,M.Kes, ahli gizi
3. Liena Desbi selaku Brand Manager Nestle Breakfast Cereal Kids
4. Donna Agnesia yang berbagi pengalamannya sebagai Celebrity Mom

Tidak hanya memaparkan pentinnya sarapan dan apa saja akibat jika kita mengabaikan sarapan pagi, tapi Dr Rita Ramayulis juga memberikan informasi gizi, tips hingga pedoman nutrisi apa saja yang sebaiknya ada di menu sarapan. Pemenuhan gizi seimbang dapat dihasilkan dari pemilihan menu makanan serta pengaturan porsi.

Sebaiknya menu sarapan yang kita makan memiliki sumber nutrisi seperti Karbonhidrat kompleks, sumber protein dan susu yang mana mengandung sumber vitamin dan mineral. Dr Rita juga menyampaikan bahwa kita juga perlu menjaga kedisiplinan dalam mengatur jadwal makan dan juga porsi makan, selanjutnya pilih makanan yang memiliki sumber zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Zat Gizi yang dibutuhkan tubuh seperti:

• Glukosa, sebagai sumber energi bagi daya kerja otak
• Berbagai vitamin seperti B1, B2, B3, B6
• Asam folat
• Zat Besi yang berperan untuk mentransfer oksigen dan zat gizi lainnya ke otak dan seluruh tubuh

Presscon yang mengundang para mom blogger dan media secara virtual ini, banyak memberikan pengetahuan baru seputar nutrisi dan zat gizi bagi tubuh. Senang sekali bisa mengikuti rangkaian pembahasan hingga selesai. Acara ini juga diadakan sekaligus untuk memperkenalkan produk terbaru dari Nestle Breakfast Cereal yaitu KOKO KRUNCH Nutrismarta. Cereal gandum yang sudah sangat familiar buatku, anak-anak dan masyarakat Indonesia.

Rasanya kita hapal sekali ya moms dengan cereal KOKO KRUNCH yang punya kandungan gandum utuh. Pernah gak moms bertanya atau penasaran ada apa sih atau manfaat apa sih dari gandum utuh?

Jadi si gandum utuh itu termasuk suber karbonhidrat kompleks yang dibutuhkan sebagai zat gizi baik bagi tubuh. Gandum utuh juga mengandung keseluruhan tiga lapisan yaitu kulit, endosperma, dan inti. Setiap lapisan tersebut memiliki banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan proteinnya. Wah akupun baru tau kenapa gandum utuh lebih baik dibanding gandum-gandum yang sudah diolah sehingga sebagian lapisannya sudah tidak ada.

Gak hanya itu, KOKO KRUNCH Nutrismarta ini juga mengandung kombinasi vitamin B dan Zat Besi moms, bisa jadi alternatif menu sarapan praktis yang menyehatkan ya.

Oia Nestle Breakfast Cereal juga mengajak anak-anak di Indonesia untuk memiliki gaya hidup sehat melalui KOKO Dance loh. Anak anak harus tetap bererak aktif meski sedang belajar secara online. Proses belajar virtual yang mereka lalui saat ini memang minim interaksi dan gerak fisik, padahal gerak fisik berperan penting untuk menstimulasi saluran cerna, metabolisme tubuh juga meningkatkan hormon endorphin.

KoKO Dance dari Nestle ini pas banget ya buat anak anak biar makin semangat belajar dan gak bosen meski masih #DirumahAja.
Yuk moms kita siapkan sarapan sehat untuk anak anak dan terus ajak mereka untuk tetap bergerak aktif. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *