Education

Saatnya Kita yang Jaga Hutan

Dampak perubahan iklim dan pemanasan global kian terasa. Cuaca ekstrim hingga munculnya beragam musibah menjadi bukti nyata bahwa kondisi lingkungan semakin mengkhawatirkan. Mitigasi iklim menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi lahan hijau yang semakin berkurang, pengelolaan sampah yang buruk hingga kondisi hutan yang fungsinya banyak dialihkan.

Dari sekian banyak lahan hijau, hutanlah yang mengambil banyak peranan penting dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Sayangnya saat ini jumlah hutan di Indonesia  makin berkurang.  Dibalik semua penyebab itu, ternyata gaya hidup kita juga turut andil mengubah kondisi hutan.

Hutan menjadi salah satu harapan kita untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Hutan tak hanya pemasok oksigen, lebih dari itu, hutan menjaga keberlangsungan hidup. Sebegitu pentingnya peran hutan, Eco Blogger Squad mengajak Hutan itu Indonesia dan Kabupaten Lestari untuk menggelar Online Gathering yang diadakan pada 29 Mei 2023 kemarin.

Peran komunitas dan individu sangat memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi efek pemanasan global. Seperti yang disampaikan kak Christian, Manager Hutan itu Indonesia. Kita semua wajib dan punya peran untuk ikut menjaga hutan.

Melalui online gathering kemarin bersama Eco Blogger Squad dan @hutanituid, aku dan teman-teman Blogger mendapatkan banyak insight dan inspirasi untuk turut menjaga bumi tetap lestari den melindungi keberadaan hutan. Online Gathering yang bertajuk ‘’Peran Komunitas untuk Menjaga Hutan dalam Mitigasi Perubahan Iklim” memberikan motivasi tersendiri bagi kami untuk ikut berkontribusi dalam upaya menjaga hutan.

Kita bisa memulai dengan hal kecil yang bisa dilakukan siapa saja, misalnya untuk membagikan informasi dan edukasi bagaimana kondisi lingkungan saat ini dan langkah apa saja yang bisa diupayakan. Awareness masyarakat untuk turut menjaga hutan perlu ditingkatkan dan semakin disebarluaskan. Harapannya anak muda dan beragam komunitas yang ada di Indonesia bisa aktif dan saling bekerja sama mewujudkan lingkungan yang lebih lestari.

Hutan Adalah Jawaban

Melalui pemaparan kak Christian kemarin, Hutan menjadi solusi krisis iklim. Pentingnya peranan hutan masih menjadi isu awam yang belum banyak dibahas. Berdasarkan data yang yang disampaikan kemarin, 82,7% responden menyatakan keprihatinan tentang kondisi hutan di Indonesia, tetapi hanya 27,3% saja yang sadar kalau perilaku manusia memiliki dampak terhadap kondisi hutan saat ini.

Hutan lebih dari sekumpulan pohon, manfaat hutan sangat banyak seperti sumber air, penyimpan karbon, hingga penyembuh mental. Sebegitu banyaknya manfaat hutan, HII mengajak kita untuk turut menjaga hutan dengan langkah:

Cerita Tentang Hutan
Wisata ke Hutan
 Konsumsi Hasil Hutan bukan Kayu
Donasi Adopsi Hutan

Masih banyak langkah dan upaya lainnya yang bisa kita lakukan, seperti yang sudah dicontohkan oleh Selaras. Mereka bergotong royong memanfaatkan hasil hutan (bukan kayu) untuk dijadikan beragam produk lokal yang kaya manfaat.

Selaras atau Sentra Ekonomi Lestari Serasan Sekate merupakan wadah anak muda di kabupaten Musi Banyuasin yang aktif berkontribusi mewujudkan pembangunan melalui visi ekonomi lestari. Banyak sekali program kreatif yang mereka lakukan agar kita #BanggaBuatanIndonesia.

Salah satu karya dari Selaras ini adalah Kain Gambo yang diwarnai dengan pewarna alami, terbuat dari sejenis tanaman perdu yang hidup tumpang sari diantara perkebunan karet. Produksi ini sangat memberdayakan para petani setempat, benar-benar produk hasil hutan yang diolah dengan tangan kreatif para petani lokal, salut.

Aku ikut bangga dengan aksi keren dan kreatif anak muda Selaras. Sangat menginspirasi dan semoga menjadi trend yang akan diikuti oleh komunitas dan generasi muda lainnya di berbagai kota.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *