Food,  Lifestyle

Kopi dan Wisata Lereng Kelir yang Mengagumkan

Pernah gak membayangkan betapa panjangnya proses diubahnya biji kopi menjadi secangkir kopi nikmat yang siap diseruput?

Ternyata ya, prosesnya tak sesederhana meneguknya, ada keteguhan petani kopi yang merawat, ada dedikasi tinggi untuk meraciknya hingga inovasi untuk membuat kopi tersebut mudah dinikmati.

Sebagai penikmat kopi, aku sungguh senang sekali mendengar cerita proses pembuatan kopi dari Muhammad Taufik, salah satu orang dibalik suksesnya Kelir Berdikari yang pada tahun 2022 menerima penghargaan dari Anugerah Pewarta ASTRA sebagai Desa Sejahtera ASTRA.

Sumber foto: Instagram @hillside_cafe

Kelir Berdikari merupakan Mitra Pendamping sekaligus badan usaha yang berasal dari Desa Brongkol Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Sebagai Desa penghasil kopi Robusta dan Arabika, Kelir Berdikari mampu mengembangkan cita rasa kopi menjadi minuman khas yang banyak diminati.

Muhammad Taufik mengungkapkan, setiap kopi yang baik di rawat dengan penuh kasih sayang seperti di beri pupuk dan perawatan tanaman, kopi yang cita rasanya baik di petik melalui buah kopi yang sudah matang (petik merah buah kopi), melalui proses pasca panen yang baik seperti penjemuran, penggilingan, perendaman, pencucian, hingga sortasi biji kopi yg terbaik, kopi-kopi tersebut lalu di sangrai dengan tingkat kematangan yang cukup untuk mencari citarasa yang sesuai dan digiling hingga sampai bisa di nikmati hingga ke penikmat kopi. Begitulah proses yang dilakukan Kelir Berdikari untuk mengolah biji kopi.

Tak hanya sampai disitu, saat ini Kelir Berdikari juga mengembangkan sebuah tempat ngopi di Kawasan Gertas Bernama HillSide Café (Instagram: @hillside_cafe). Bukan café biasa, tempat ini juga menjadi salah satu wisata lereng kelir yang cukup sering dikunjungi.

Sumber foto: Instagram @hillside_cafe

Pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Ungaran, persawahan dan kota kecil Ambarawa sambil menyeruput kopi. Pemandangan yang sungguh langka bisa didapatkan di tempat lain. Vibes pedesaan sangat terasa di café ini, produk kopi yang ditawarkan juga beragam, dari biji kopi pilihan hingga siap saji.

Rasanya menyenangkan bisa duduk santai di Hillside Café sembari menikmati kopi asli dari hamparan lereng kelir, tempat nyaman yang menyediakan free wifi juga untuk pengunjungnya. Mata akan dihibur dengan hamparan hijau yang mendominasi sekaligus mengenal lebih dekat alam di sekitar lereng kelir.

Diakhir perbincangan, Muhammad Taufik menyampaikan harapannya agar semua orang bisa mencoba kopi hasil produksi mereka hingga ke seluruh Dunia. Semoga kopi khas bercita rasa tinggi ini bisa menjadi kesukaan banyak orang. Yuk nikmati secangkir kopi khas lereng kelir dengan berkunjung ke Hillside Café atau dapatkan produk olahan kopi lainnya dari Kelir Berdikari.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *