Education,  Lifestyle

Halal Sudah Menjadi Kebutuhan Masyarakat, Yuk Terapkan Halal Lifestyle

Saat ini kesadaran halal di Indonesia semakin meningkat, Alhamdulillah ini menjadi kabar yang sangat membahagiakan karena Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas muslim. Memang seharusnya halal menjadi kebutuhan masyarakat kita ya. Aku juga makin bersyukur karena semakin banyak juga pejuang-pejuang halal di social media yang ikut berkontribusi menyebarkan kesadaran halal kepada para penggiat sosmed, pengguna jejaring social untuk sama-sama berproses menerapkan gaya hidup halal.

Global halal lifestyle tidak hanya diperuntukkan untuk muslim saja, ternyata banyak juga masyarakat non muslim yang sudah menerapkan gaya hidup halal dalam kesehariannya, Alhamdulillah. Halal memberikan banyak manfaat dan menjadi sumber kebaikan, sesuatu yang halal sudah pasti baik bagi tubuh, kesehatan hingga semua aspek dalam kehidupan.

  • Kenapa harus Halal?

 Halal adalah segala sesuatu yang diperbolehkan oleh syariat atau aturan agama untuk dikonsumsi dan digunakan. Halal juga perlu dipastikan baik dari sumbernya hingga pada prosesnya. Allah SWT telah menjelaskan apa saja yang dihalalkan dan diharamkan melalui ayat-ayat suci Al-Quran yang menjadi pedoman hidup kita.

‘’Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu’’ QS Al-Baqarah:168

Nabi SAW jugabersabda, ”Sesungguhnya tidak masuk surga daging dan darah yang tumbuh dari sesuatu yang haram, namun neraka lebih berhak untuknya.” (HR Imam Ahmad bin Hanbal)

 

 

Segala yang sudah Allah tetapkan maka itu sudah pasti mendatangkan kebaikan dan manfaat untuk manusia. Baik bagi kesehatan tubuh, keamanan hingga memberikan ketenangan di dalam hati. Apa yang masuk ke dalam tubuh kita akan menentukan kesehatan hingga keberkahannya. Sehingga banyak ulama yang terus mengingatkan bahwa halal juga menjadi salah satu factor penentu terkabulnya doa-doa yang kita panjatkan.

Halal juga memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keamanan serta membuat kondisi jasmani dan rohani semakin terjaga. Kalau semua masyarakat menerapkan gaya hidup halal, maka Indonesia akan menjadi Negara yang sehat dan kuat, seperti yang disampaikan para narasumber di kesempatan webinar kemarin.

  • Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat

Jadi beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 20 April 2022, aku mengikuti Webinar bersama Danone Indonesia dengan topik ‘Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat’ yang ditayangkan secara LIVE juga melalui streaming Youtube CNN Indonesia.

Alhamdulillah melalui webinar tersebut semakin banyak informasi penting yang bisa aku dapat dan semoga bisa aku bagikan juga ke teman-teman. Sharing bermanfaat tersebut disampaikan oleh:

  1. Ibu Jetti Rosila Hadi, selaku Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center
  2. Bapak Muhammad Aqil Irham, Kepala BPJPH kementrian Agama RI
  3. Ibu Prima Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia

Melalui webinar ini para narsum menjelaskan bagaimana pentingnya menerapkan gaya hidup halal dalam keseharian kita beraktivitas, manfaat jaminan produk halal hingga proses sertifikasi halal di Indonesia saat ini.

Ibu Jetti Rosila menyampaikan sehari dalam hidup seorang muslim harus menggunakan produk dan perlengkapan yang bersih dan halal. Mulai dari bangun tidur mandi hingga beraktivitas seperti belajar atau bekerja. Tak lupa dimulai dengan menyertakan niat yang benar agar semua yang dilakukan bernilai ibadah di sisi Allah.

Halal tidak hanya produk yang bebas dari kontaminasi barang haram saja, halal mencakup  semua prosesnya, mulai dari sumber bahan baku hingga proses pengolahan atau pembuatannya. Ibu Jetti menjelaskan ‘’Barang yang diperoleh dengan cara yang baik dan juga dikerjakan secara baik, termasuk pekerjanya mendapatkan perlakuan yang baik. Halal dan juga harus tayyib.

Selain itu, meningkatkatnya kesadaran halal di masyarakat ternyata membuka peluang Indonesia menjadi produsen halal dunia dan mengembangkan sektor ekonomi local. Berdasarkan data yang Ibu Jetti sampaikan, dengan 184 Milliar Dolar belanja konsumen (2020), Indonesia merupakan Pasar Konsumen Halal terbesar di Dunia. 3 peluang utama hadir dari pertumbuhan ekspor, substitusi impor dan pertumbuhan investasi asing.

Bapak Muhammad Aqil Irham juga menambahkan bahwa Halal Awareness yang sudah global ini akan terus di dukung Pemerintah dengan memberikan jaminan konsumen atau produsesn agar mudah untuk memahami dan memperoleh kehalalan dari produk atau jasa yang akan digunakan. Untuk produk halal tentunya harus memiliki sertifikat halal, termasuk para produsen dari luar negri. Jaminan yang diberikan pemerintah selaku regulator adalah dengan melakukan langkah intervensi untuk pelaku UMKM.

  • Akselerasi BPJPH Dalam mendorong Indonesia Sebagai Produsen Halal Dunia

Saat ini BPJPH sudah melakukan percepatan peningkatan layanan publik agar dapat memberikan kemudahan sertifikasi Halal bagi pelaku UMK yang memang memenuhi Standar Halal yang ditetapkan BPJPH. Sertifikat halal ini juga menjadi value dari produk yang dipasarkan, selain itu memberikan manfaat seperti:

  1. Produsen memiliki unique selling point dalam penjualan
  2. Masuk ke pasar Halal Global
  3. Meningkatkan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada konsumen
  • Komitmen Halal Danone Indonesia

Danone yang sudah menjadi perusahaan makanan dan minuman terbesar saat ini, memiliki visi untuk terus memberikan kesehatan kepada masyarakat sebanyak mungkin. Seperti yang juga disampaikan oleh Ibu Prima Sehanputri selaku Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia pada webinar kemarin. Komitmen Danone ini membuat semua produk dan layanan disesuaikan dengan standar Danone serta aturan pemerintah yang berlaku. Jadi mutu, halal dan keamanan pangan Danone sangat dijaga hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Danone juga mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang sudah diatur Pemerintah, ya salah satunya dengan mengadakan webinar seperti ini. Menyebarluaskan Halal Awareness di masyarakat dan para pengguna internet saat ini hingga mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup halal, bersih dan sehat.

#gayahiduphalal #DanoneIndonesia

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.