Fashion,  Lifestyle,  Review

SOVLO Membuat Kita Bangga Dengan Ilustrator Lokal

Baru-baru ini aku happy banget karena dapat kabar baik seputar market fashion di Indonesia. Gimana gak senang, sebagai fashion enthusiast sejak SMA, aku excited banget untuk kepoin fashion items apa aja yang lagi happening dan kali ini ada brand lokal baru yang menggandeng banyak illustrator lokal Indonesia untuk berkolaborasi menghasilkan produk-produk fesyen yang ciamik. Namanya SOVLO, sebuah UKM yang dilahirkan oleh Lotus Group.

Awalnya aku mengira SOVLO ini perusahan fesyen dunia yang ikut meramaikan dunia mode di Indonesia, ternyata SOVLO merupakan perusahaan lokal yang baru hadir, tepatnya di tengah pandemi. Alhamdulillah ternyata SOVLO merupakan hasil karya anak bangsa. Dengan kehadiran perusahaan lokal, maka semakin banyak profesi dan aspek ekonomi lainnya yang akan terbantu.

Ngomongin fashion, aku termasuk pecinta mode yang isi lemarinya didominasi sama produk lokal.  Dari mulai hijab hingga alas kaki, Sebagian besar hasil kreativitas designer lokal, pokoknya top to toe buatan Indonesia. Selain harganya yang affordable, beberapa design dan cuttingan fesyen lokal itu unik dan limited. Udah gitu material yang digunakan sudah banyak yang oke dan nyaman untuk digunakan, tinggal disesuaikan aja sama personal style masing-masing.

Kalau suka dengan produk-produk fesyen yang bergambar atau memiliki ilustrasi unik, SOVLO jadi pilihan tepat sih. Design ilustrasinya manjain mata dan dijamin limited, gak pasaran. Kedepannya SOVLO ingin menggandeng banyak illustrator lokal untuk membantu mereka menghasilkan berbagai produk fesyen, kebayang nih makin banyak ilustrasi-ilustrasi kece yang akan muncul. Seperti yang disampaikan Ibu Lidya Valencia, CEO dan Founder SOVLO pada acara presscon kemarin.

Presscon Banga Ilustrator Lokal

Jadi 9 November 2021 lalu, aku diajak untuk menyaksikan acara peluncuran kampanye #BanggaIlustratorLokal yang diadakan oleh SOVLO. Melalui acara tersebut aku semakin mengenal SOVLO yang punya tujuan mulia juga untuk membantu para penjahit lokal yang terdampak pandemi. Ya selain memberikan apresiasi bagi kreativitas illustrator lokal, SOVLO juga menghidupkan kembali sumber penghasilan bagi penjahit-penjahit lokal di Indonesia. Seperti yang kita tau ya, pandemi menghentikan beberapa industri fesyen sehingga banyak penjahit yang harus dirumahkan.

Jumpa pers kemarin Ibu Lidya juga menyampaikan bahwa karya para illustrator lokal Indonesia itu sangat baik dan disukai konsumen, sayang rasanya jika ilustrasi yang dibuat tidak bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka. Melalui SOVLO para illustrator bisa diapresiasi karyanya sehingga bakat dan passionnya nanti bisa lebih berkembang lagi.

Selain kehadiran Ibu Lidya selaku CEO dan Founder, hadir juga Pak Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menparekraf. Pak Sandi menyempatkan hadir di virtual launch kemarin dengan menggunakan kemeja kece design dari ilustator lokal. Kehadiran beliau menjadi wujud dukungan untuk SOVLO agar semakin banyak menggaet para pelaku ekonomi kreatif, salah satunya illustrator. Pak Sandi juga menyampaikan bahwa saat ini industri kreatif menjadi tulang punggung dari ekonomi negara. Semoga semakin banyak pengusaha-pengusaha kreatif yang bisa mengubah krisis menjadi peluang bisnis dan mampu memberdayakan banyak bakat dan tenaga kerja untuk bertahan dan berkembang bersama.

Rasa salut dan apresiasi ditunjukkan oleh Pak Sandi, sama seperti yang aku rasakan ketika SOVLO mampu membantu puluhan penjahit lokal untuk bangkit serta mengajak para illustrator lokal untuk berkarya bersama. SOVLO yang merupakan singkatan Souvenir Lokal, ternyata sudah banyak menerima permintaan produk dari perusahaan dan para artis loh, dalam bentuk pembuatan souvenir (ilustrasi eksklusif) ataupun produk custom lainnya.

Produk-produk SOVLO – source from SOVLO

SOVLO yang lahir pada JUNI 2020, ternyata sudah menjual lebih dari 50.000 items produk kepada para penikmat produk fesyen di Indonesia. Produk-produk SOVLO memang beragam dan menarik banget sih, aku saja sudah melirik beberapa items yang memiliki ilustrasi unik, sudah membayangkan bakalan kece nih kalau dipadu padankan dengan berbagai outfit. Produk-produk SOVLO tuh beragam banget, tasnya aja variatif, ada sling bag, tote bag, waist bag hingga laptop sleeve. Gak cuma tas, SOVLO juga punya pouch, masker, card case, dan juga pakaian.

Ilustrasi yang menempel di berbagai produk SOVLO juga bervariasi dan unik. Tema-tema dari ilustrasinya positif, seperti strong woman, kembang nusantara, Indonesian strong woman, grateful Indonesia, Indonesia Maju dan masih ada yang lainnya. Nah saat ini SOVLO memiliki kolaborasi special nih dengan illustrator muda berbakat, kak Popomangun. Melalui kampanye Bangga Ilustrator Lokal, Popomangun sudah membuat berbagai ilustrasi yang sudah bisa kita beli melalui beberapa E-Commerce atau offline storenya SOVLO.

Acara presscon kemarin seru dan interaktif banget, aku bisa mengajukan pertanyaan langsung dengan kak Popomangun. Kali itu aku menanyakan bagaimana kesan berkerja sama dengan SOVLO juga proses menemukan ide hingga akhirnya karya ilustrasinya bisa terwujud. Kak Popomangun senang bisa menjadi berkolaborasi dengan SOVLO, seperti yang ia sampaikan juga bahwa seniman pasti ingin karyanya bisa diapresiasi dan juga memberikan pemasukan. Kerja sama ini menjadi wadah agar karyanya bisa direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO.

Ada yang menjadi nilai tambah dari produk-produk yang ditawarkan SOVLO yaitu Garansi Service Lifetime. Baru kali ini sih aku mendengar ada brand fesyen yang memberikan garansi seumur hidup seperti yang diberikan SOVLO. Jadi kalau produk seperti tas dan lainnya robek atau rusak, kita bisa mengajukan penggantian kepada SOVLO, great deal banget ya. Makin kepengen gak sih beli produk SOVLO 🙂

OFFLINE Store Sovlo- sorcu Instagram SOVLO

Nah buat dapetin fashion items SOVLO, kita bisa order online di Tokopedia atau Shopee dan bisa juga beli langsung melalui Offline Storenya yang ada di Post Bloc Jakpus dan Urban Farm PIK Jakut. Offline store yang berada di Urban Farm PIK ini baru buka loh, kalau lagi ke PIK wajib mampir ya untuk melihat berbagai produk fesyen dari SOVLO. Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa kunjungi Official Instagram SOVLO. Ada link di profilenya juga untuk direct order ke beberapa pilihan online storenya. Semoga bermanfaat ya…

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to [email protected] . Enjoying reading :))

13 Comments

  • Dennise

    Congratulation for SOVLO.Angkat 2 jempol nih kakak untuk produk yang ditampilkan SOVLO, ada sentuhan seninya dengan desainnya. Tidak pasaran & cute. Aku mampir nih ke Tokopedia mau lihat langsung produk kerennya

  • Yuniari Nukti

    Aku paling senang mengenakan sesuatu yang bernuansa corak ilustrasi gitu mbak. Memang jatuhnya berkesan ramai tapi justru itulah daya tariknya. Makin rame dengan sentuhan karakter kecil-kecil makin menarik dilihat. Kayak tas dan kemeja di atas. Ternyata kemeja laki keren juga dikasih karakter ya, hehe.. Semoga kehadiran SOVLO bisa mengangkat konten kreator kita untuk semangat berkarya

  • Lia Lathifa

    Ikut bahagia sudah ada SOVLO wadah untuk para ilustrator mengembangkan ide kreatifnya, patut didukung biar Indonesia makin banyak dikenal dengan ilustrasinya yang kece dan gak kalah kualitasnya

  • Travel Galau

    Keren keren keren…. Karena aku selama ini paling suka jajan yg ada ilustrasi2-nya ikut senang banget ada kerjasama dengan SOLVO ini. Keren banget. Semoga bisa jadi saling membantu untuk memulihkan perekonomian ya

  • Risalah Husna

    Woww, akhirnya kenal juga dengan Sovlo ya. Aku followernya Sovlo bahkan sejak jumlah follower nya masih sedikit banget. Punya produk2 Sovlo juga. Karena memang udh jatuh hati sama Sovlo. Dan Sovlo ini local brand yang harganya paling affordable dari product sejenis. That’s way, aku sukaa.

  • Fenni Bungsu

    Wadah untuk para pelaku usaha yang kreatif seperti ini memang diperlukan, sehingga saling mendukung ya agar produk lokal makin dikenal dan usaha yang dirintis pun berkembang. Dukung selalu UKM kita ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published.