Beauty,  Lifestyle,  Review

Cara Membuat Makeup Flawless Untuk Pemula

Sharing this:

Cara Membuat Makeup Flawless Untuk Pemula – Meski pemula di dunia makeup tapi aku punya ketertarikan untuk belajar dan mengenal lebih jauh tentang fungsi dan cara menggunakan beberapa produk makeup, salah satu kegiatan untuk menambah informasi seputar dunia makeup biasanya aku membaca artikel dan tutorial seperti artikel 5 Panduan Makeup Flawless . Kadang suka amazed sama beauty vlogger ataupun para makeup junkie yang bisa luwes banget merias wajah dengan look yang berbeda-beda hanya dalam hitungan menit.

Tentang Makeup

Makeup memiliki fungsi yang berbeda bagi setiap orang, buatku makeup cukup menunjang penampilan agar terlihat lebih segar. Bagi sebagian orang lainnya makeup menjadi kebutuhan mendasar yang harus terpenuhi, ada juga yang hanya berhias sekedarnya saja. Dalam islam makeup juga tidak dianjurkan berlebihan, sebaiknya berhias untuk pasangan mahram saja. Namun demi menghargai acara yang akan kita datangi atau membuat penampilan lebih segar, makeup natural dan flawless masih boleh diterapkan. Kembali lagi dengan tujuan dan niat dalam bermakeup.

Bagi pemula sepertiku, makeup yang paling pas adalah makeup flawless atau makeup natural karena tidak membutuhkan banyak produk dan effortless. Ada yang tau seperti apa makeup flawless itu?

tutorial makeup flawless
Makeup Flawless Untuk Pemula

Flawless secara bahasa berarti tanpa celah atau noda, salah satu jenis riasan wajah yang tidak tebal namun wajah terlihat segar dan terlihat alami tanpa noda. Makeup flawless ini bisa memberikan kesan seolah wajah tanpa makeup sama sekali, sangat menonjolkan kecantikan alami.

Dalam bermakeup aku sangat menyukai tampilan senatural mungkin tanpa warna-warna yang mencolok. Biasanya dalam membuat tampilan flawless, aku hanya menggunakan beberapa produk saja. Seperti base makeup, bedak, lipstick dan eyeshadow. Selain produk makeup yang tidak terlalu banyak, aku juga gak bisa mengukir alis atau mempertajam mata dengan eye liner, bisa dibilang juga ini makeup minimalis yang gak butuh waktu lama untuk menggunakannya.

Namun makeup flawless bukan berarti kamu tidak bisa mengeksplorasi warna atau menggunakan banyak produk makeup loh, tentu saja hal ini dikembalikan lagi kepada selera dan kenyamanan kamu dalam menggunakan riasan wajah. Ada beberapa makeup flawless yang juga menggunakan warna-warna yang bold atau terang, jadi tidak melulu warna pucat atau soft. Apapun tampilan makeup favorite kamu, menurutku ada beberapa hal yang biasanya perlu diperhatikan sebelum bermakeup seperti:

Tips Sebelum Bermakeup

  • Gunakan Makeup Yang Nyaman

Menurutku bermakeup sama halnya ketika kita menentukan dan mengenakan sebuah outfit atau pakaian, meski setiap tahunnya ada trend fashion ataupun trend makeup, kamu tidak harus mengambil hal itu sebagai panduan utama yang harus diikuti. Hal pertama yang harus timbul dalam diri adalah rasa nyaman. Nyaman gak sih ketika kita pake lipstick warna ini atau PD gak sih kalo alisnya diukir kayak gitu. Soalnya ketidaknyamanan atas apa yang kita pake nantinya bakalan menganggu aktivitas atau interaksi kita dengan orang lain. Sibuk cari kaca buat mastiin is it fixed to my face? Atau malahan jadi susah senyum dan muka tiba-tiba kaku gitu. Nyaman akan berbuah rasa percaya diri, kalau udah percaya diri makeup seminimalis apapun akan terlihat oke bahkan kecantikanmu akan lebih menonjol. Jadi gunakanlah makeup sesuai dengan kenyamanan diri sendiri terlebih dahulu.

  • Tidak Berlebihan

Makeup flawless menonjolkan sisi alami dan kelebihan yang ada pada wajah kita. Sehingga gak perlu semua bagian wajah kita bingkai dengan banyak polesan. Kita cukup pertajam satu bagian wajah yang perlu ditonjolkan, misalnya bibir. Gunakan warna yang sedikit lebih terang dibanding warna lain yang kamu gunakan untuk merias bagian wajah lainnya.

  • Jangan Lupakan Skincare

Aku termasuk tipikal orang yang lebih mementingkan penggunaan skincare. Apalagi tipe kulitku yang cenderung kering, duh resiko penuaan dini bisa lebih cepat datang. Sama halnya dengan mereka yang sering banget pake makeup setiap saat. Butuh yang namanya skincare untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik, selain itu bisa merawat kekenyalan dan lapisan kulit terdalam. Penting banget kita mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan rajin menggunakan skincare dan memperbaiki lifestyle kita. Jadi gak cuma menghias wajah saja tapi wajah juga butuh dirawat dari dalam dan luar. Kulit wajah yang terawat akan membuat makeup lebih menempel loh, finishing makeupnya jadi lebih bagus.

  • Membersihkan Wajah Sebelum Pakai Makeup

Step ini kayaknya gak kalah penting sama pemakaian skincare untuk merawat kulit wajah. Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum pakai makeup ya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pastikan tidak ada noda, kotoran atau bekas makeup sebelumnya karena nantinya makeup yang diaplikasikan pada wajah yang belum bersih dapat mengakibatkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo hingga gangguan kulit lainnya. Sebaiknya lakukan double cleansing agar kotoran dan noda pada wajah bisa terangkat secara sempurna.

Kalau kalian punya tips atau hal lain yang penting dilakukan sebelum pakai makeup, please sharing juga ya di kolom komentar postingan ini. Nah kita langsung aja nih ke tahap menggunakan makeup flawless bagi pemula seperti aku. Tampilan makeup flawless ala aku tu minim produk dan aku yakin kalian pasti punya produknya di rumah. Produk yang dibutuhkan hanya base makeup (ini optional), cc cream, bedak dan lipstick.

varian kosmetik k-link
rangkaian produk D’Flora Kosmetik

Tahapan Makeup Flawless

  • Gunakan Base Makeup

Base makeup ini jadi wajib buat aku karena kondisi kulit aku yang kering terutama di bawah mata dan bibir. Makanya aku pakai base makeup di area tersebut biar kulit gak makin kering ketika ditutup makeup. Produk yang aku pake cukup ringan sih, cuma oil khusus untuk perawatan kulit aja yang Alhamdulillah sejauh ini bisa melembabkan kulit dan juga ngeblend sama cream atau bedak yang aku pake. Nah kalo kamu punya masalah sama kayak aku, kamu juga bisa pake tambahan oil atau pelembab biar kulit gak makin kering. Sejatinya base makeup ini bukan produk wajib, digunakan sesuai kebutuhan dan tipe kulit kamu.

  • CC Cream

cc cream dari k-link
D’Flora CC Cream

Setelah pakai base makeup, aku langsung pakai cc cream. Kemarin happy banget bisa dapat kesempatan untuk mencoba CC Cream D’Flora dari K-Link. Jadi K-Link saat ini tidak hanya menyediakan produk kesehatan seperti yang sering kita tau, K-Link makin berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk kosmetik yang halal dan aman untuk membatu kita merias wajah.

CC Cream D’Flora yang aku pakai ini warnanya agak light dengan yang biasa aku gunakan. Untuk CC Cream yang aku gunakan ini shadenya ivory. Awalnya aku khawatir muka akan keputihan tapi pas aku coba aplikasikan tipis-tipis hasilnya malah lebih bagus. Teksturnya tidak terlalu kental jadi kamu bisa keluarkan sedikit demi sedikit agar tidak luber. Nah menggunakan CC Cream sebaiknya di tap tap ke wajah secara perlahan, hindari mengaplikasikan cream dengan menggosok.

tekstur cc cream ala k-link
Tekstur CC Cream – Shade Ivory

Ini tektur dan shade ivory yang aku gunakan. Kamu bisa memilih shade yang terdekat dengan warna kulit kamu atau kalau dapat warna yang lebih terang kamu bisa aplikasikan secara tipis, bisa juga diblend dengan produk lain yang lebih dark. Mengaplikasikan CC Cream bisa dilakukan dengan menggunakan jari atau menggunakan brush, senyamannya kamu aja ya. Kalau aku biasanya dengan menggunakan jari. Gunakan CC Cream dengan merata ke seluruh wajah dan juga leher (bagi yang tidak berhijab).

CC Cream dari D’Flora ini bisa kamu gunakan sebagai base makeup atau sebagai korektor untuk menutupi jerawat atau bekas noda yang ada di wajah. CC Cream D’Flora juga hadir dengan SPF 35 PA++ nya yang melindungi kulit wajah dari sinar UV. Harga untuk CC Cream ini adalah Rp. 264.000 (wilayah A) dan Rp. 280.000 (wilayah B).

  • Bedak

loose powder untuk makeup flawless
D’Flora Loose Powder

Setelah menggunakan cc cream, aku langsung melanjutkan riasan flawless dengan memakai bedak. Kali ini aku mencoba menggunakan loose powder. Biasanya aku penggemar berat compact powder namun dengan loose powder ini jadi menambah experience aku dalam bermakeup. Loose powder yang aku gunakan masih dari rangkaian produk D’Flora.

Bagi pemula seperti kita, tak perlu khawatir dan bingung aplikator apa yang sebaiknya digunakan. Tiap aplikator mempunyai kelebihan dan kekurangan jadi gak ada salahnya mencoba berbagai aplikator seperti jari, spons ataupun brush biar pengalaman bermakeup kita semakin banyak ya.

Kalau aku biasa menggunakan spons untuk bedak yang compact namun karena kali ini aku menggunakan loose powder jadi aku akan mencoba brush sebagai aplikatornya karena khawatir bedak akan menempel terlalu banyak pada spons. Sebelum mengoles ke muka, biasanya aku akan tap tap terlebih dahulu brush ke tangan agar pemakaian bisa merata dan tidak terlanjur tebal di satu bagian wajah.

D’Flora loose powder ini ringan banget dan wangi. Aroma bedaknya soft sih gak terlalu strong. Loose powdernya sangat ngeblend sama cc cream namun aku buth dua kali apply bedaknya ke wajah baru full covered.

Teksturnya yang ringan membuat produk ini pas digunakan untuk makeup flawless. Tersedia dalam 2 pilihan shade yaitu shade Beige dan Golden Beige. Kabar baiknya ada versi yang compact juga loh, sepertinya aku akan purchase yang compact powder nih karena aku suka wangi dan teksturnya. D’Flora loose powder ini dibandrol dengan harga Rp. 247.000 untuk wilayah A & Rp. 262.000 bagi wilayah B.

Kelebihan lainnya yang aku suka dari produk ini adalah ingredients yang terkandung di dalamnya. Selain ada SPF 30 PA ++ , ada Sunflower seed oil yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit, lauroyl lysine dan Alpha Arbutin yang mencerahkan kulit secara alami. Worth it to buy sih menurutku.

  • Lipstick + Eyeshadow

warna lipstick k-link
D’Flora Lip Perfection (Btw agak patah ujungnya karena dimainin anak)

Last finishing dari rangkaian makeup flawless yaitu mengoleskan lipstick dan eyeshadow. Nah uniknya lipstick yang aku pakai ini gak cuma bisa digunakan di bibir tapi bisa aku gunakan sebagai eyeshadow ataupun blush on, multifungsi dan bikin hemat deh. Lipstick D’Flora ini teksturnya sangat oily, sebenarnya sangat cocok dengan tipe bibirku yang agak kering jadi bisa lebih lembab namun aku lebih nyaman dengan finishing yang matte, jadilah aku blend dengan lipstick matte favoriteku, hasilnya cukup bagus.

blending warna lipstick
Bagian Atas: Shade no 5 D’Flora Lipstick – Bagian bawah: shade produk lain yang biasa aku gunakan

Aku dapat shade no 5 yaitu Red Pink yang warnanya cukup terang buatku. Setelah dioles ke bibir, kamu bisa gunakan lipstick ini sebagai eyeshadow, saranku sih kamu bisa mengaplikasikan ke kelopak mata dengan jari. Tap tap perlahan saja agar hasilnya rata dan tidak tebal.

D’Flora Lipstick ini tersedia dengan 6 pilihan warna lainnya seperti nude, red blood, red heart, deep pink, red pink dan peach (aku sih penasaran sama warna nudenya nih). Nah untuk stay poweringnya, aku bilang sih ini cukup bagi pemula atau yang aktivitasnya tidak terlalu padat, ketahanan lipstick tiap orang kan tergantung dengan aktivitasnya ya.

Finishing

hasil makeup flawless dengan produk k-link
Hasil makeup Flawless

Taraa inilah hasil dari makeup Flawless yang aku buat. Aku ngerasa nyaman sih sama warna – warna yang soft atau earth tone gitu, jadi kalau kamu suka yang lebih bright atau bold kamu bisa mengganti shade lipstick , eyeshadow atau menambahkan sedikit blush on.

Rangkaian produk K-BeauCareline D’Flora ini cocok digunakan untuk makeup flawless. Tektur ringan dan finishing yang natural membuat pemula seperti aku tidak kesulitan dalam menggunakan ketiga produknya. Kamu juga bisa coba di rumah ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares