Healthy,  Lifestyle,  Parenting,  Review,  Uncategorized

Perpaduan Sentuhan dan Wewangian Mampu Optimalkan Perkembangan Otak Bayi

Sharing this:

Hai Moms, kali ini aku mau membahas wewangian yang bisa perbaiki mood anak sekaligus para orang tuanya nih. Seperti yang kita tau ya moms kalau wewangian itu bisa mempengaruhi suasana hati, meningkatkan mood hingga mempengaruhi perkembangan otak pada bayi. Yup efek wewangian bisa sepenting itu, mempengaruhi perkembangan otak jika disertai dengan sentuhan si ibu pastinya.

Sentuhan seorang ibu ternyata tidak hanya memberikan efek menenangkan kepada anak atau bayi tapi banyak sekali manfaat yang bisa di timbulkan. Itulah mengapa banyak pakar atau psikolog anak sangat menyarankan agar setiap ibu terus berupaya memberikan sentuhan kepada si kecil setiap harinya. Ada satu quote yang sangat aku ingat mengenai pentingnya sebuah sentuhan ‘’ketika bayi atau anak tak mampu mengerti apa yang kita katakan maka sampaikanlah melalui sentuhan’’.

Jadi ketika si kecil tak mampu mengerti apa yang kita katakan atau ia baru saja melakukan kesalahan, sebaiknya jangan langsung dimarahi moms tapi tenangkan suasana dan kondisi hati dengan memeluknya terlebih dahulu, agar ia mampu memahami dan mendengar apa yang akan kita sampaikan nantinya. Sentuhan dan bonding yang kuat akan mampu memberikan kepercayaan diri pada anak, memberikan ia rasa nyaman dan aman juga dampak yang paling membuat aku amazed adalah sentuhan yang dipadukan dengan wewangian mampu mempengaruhi perkembangan otak pada bayi. Kok bisa?

Jawabannya aku temukan setelah kemarin aku mengikuti Virtual Launching Cussons Baby Powder, Selasa 15 desember 2020. Acara ini tidak hanya memperkenalkan produk terbaru dari Cussons Baby tapi memberikan banyak informasi baru tentang dampak wewangian dan gentle touch pada bayi, insightful pokoknya. Selain mengundang Yuanita Christiani sebagai mom celebrity yang sharing tentang parenting experiencenya, Baby Cussons juga menghadirkan para experts seperti Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK selanjutnya hadir juga Dr. Haryono Hartono, PhD selaku Head of Research and Development, APAC PZ Cussons, Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A dan Ibu Rahma Anna Setyani selaku Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids.

Virtual Launching Cussons Baby Powder

Pada sesi talkshow, Profesor Francis McGlone menyampaikan bahwa secara ilmiah sentuhan dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal karena sentuhan adalah elemen fundamental terhadap perkembangan otak bayi. Bahkan beberapa riset menyebutkan bahwa efek sentuhan juga mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan kognitif serta kompetensi sosial dan emosional. Beliau juga menginformasikan bahwa efek sentuhan atau gentle touch kepada bayi tidak hanya memberikan dampak jangka pendek tapi juga akan berdampak hingga nanti ia dewasa dan tumbuh lebih besar (jangka panjang). Sentuhan yang dilakukan sejak bayi atau saat moment yang dialami si kecil akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan hingga ia dewasa. Kelak ia mudah untuk meregulasi stress di setiap tahapan pertumbuhannya.

Ada milyaran sel otak yang bayi miliki sejak ia lahir namun tidak semua sel otak tersebut terhubung, sehingga sangat dibutuhkan nutrisi juga stimulasi. Nah sentuhan menjadi stimulasi yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya. Pertumbuhan bayi akan sangat pesat hingga ia menginjak usia 3 tahun, jadi masa-masa golden age yang tidak boleh kita sia-siakan moms. Selain ada milyaran sel otak, ada juga Neurofibre yang terletak di seluruh tubuh, fungsi dari Neurofibre tersebut akan lebih optimal melalui sentuhan lembut dan tentunya dari hati dengan penuh rasa sayang.

source: Cussons Baby Doc

Ini dia gambaran Neurofibre yang ada di tubuh kita termasuk pada bayi. Neurofibre ini banyak terdapat di area belakang kepala, wajah dan sekitarnya, juga area perut. Nah peran sentuhan yang ditambah dengan wewangian yang menyenangkan akan sangat berpengaruh terhadap fungsi Neurofibre ini. Efek wewangian dan tekstur juga mampu menghidupkan efek sentuhan (sentuhan menjadi lembut).

Melihat perpaduan wewangian dan sentuhan yang mampu mengoptimalkan fungsi Neurofibre, Cussons Baby menghadirkan kembali produk inovatifnya yaitu Cussons Baby Powder dengan Moodscent. Dr. Haryono Hartono menyampaikan bahwa inovasi Moodscent yang terdapat di produk baby powder ini sudah dipatenkan. Teknologi Moodscent yang digunakan sudah terbukti melalui metode analisis untuk membuktikan korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian. Moodscent ini juga mampu meningkatkan emosi positif ketika digunakan.

Cussons Baby Powder Terbaru

Ada tiga varian atau wangi baru yang bisa kita sesuaikan atau kondisi seperti apa yang kita inginkan yaitu Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Ketiga aroma yang ada di produk baby Powder Cussons ini mengandung teknologi Moodscent seperti yang aku informasikan di atas. Efek dari wanginya tidak hanya bermanfaat untuk bayi atau anak tetapi juga untuk orang tua atau orang yang memakaikannya. Memberikan efek tenang dan emosi yang positif.  Hal yang sama disampaikan Ibu Rahma Anna Setyani bahwa produk berkualitas yang dihadirkan oleh Cussons Baby ini jika dipadukan dengan sentuhan lembut akan bermanfaat meningkatkan suasana hati bayi juga orang tuanya. Ketiga aroma Cussons Baby Powder terbaru ini mampu mengoptimalkan bonding kita moms sama si kecil agar lebih menyenangkan, membuat happy juga ya kalau si kecil jadi lebih wangi. Yuk kenalan lebih dekat dengan ketiga varian terbaru Cussons Baby Powder.

  • Aroma Moodscent Sakura:  Wewangian ini menghadirkan mood LOVE, bayi atau si kecil bias merasakan sentuhan mom atau dad dengan penuh cinta dan kasih sayang
  • Aroma Moodscent Vanilla:  Wewangian ini membuat mood Relax, membantu bayi atau orang yang mencium aroma ini menjadi nyaman
  • Aroma moodscent Mixed Berry: Wewangian ini menghadirkan mood Joy, aroma yang bisa menghadirkan keceriaan atau kegembiraan

Ketiga varian terbaru dari Cussons Baby ini aman digunakan atau ditaburkan ke permukaan kulit bayi, jadi moms gak perlu khawatir. Wewangian yang terkandung didalamnya sudah disesuaikan dengan standar International Fragrance Association (IFRA). Untuk penggunaan kepada bayi, sebaiknya moms taburkan bedak atau baby powder ke tangan moms terlebih dahulu lalu baru usapkan ke permukaan kulit bayi yang diinginkan. Hindari area sekitar mata dan hidung ya moms. Baby powder ini bisa digunakan setelah bayi atau si kecil selesai mandi atau saat udara di sekitar sedang panas. Wewangian dengan teknologi moodscent mampu memberikan mood relax dan nyaman kepada bayi atau si kecil di rumah. Nah buat moms yang penasaran sama ketiga wangi terbaru dari Cussons Baby, bisa langsung saja order di toko terdekat atau beberapa E-Commerce favorite moms ya….

Semoga Bermanfaat

14 Comments

  • Yeni Sovia

    Wah Cusson Baby Powder sekarang punya varian wangi baru ya mba. Jadi nggak sabar pengen coba nyium wangi barunya. Kebetulan ntar lagi aku mu lahiran. Jadi bisa pake produknya. Ngomong-ngomong acara virtualnya jadi mengingatkan kita untuk sering-sering memberikan sentuhan pada anak ya mba. Untuk bonding dan perkembangan otaknya

    • Dian

      terima kasih banyak ya mbak, dari tulisan ini aku baru tahu klo sentuhan dan wewangian bisa mempengaruhi perkembangan otak anak
      selama ini yg ku tahu hanya ttg bonding saja
      btw sejak lahir sampai sekarang anak anakku masih pakai bedak cusson lho

  • Akarui Cha

    Sepakat dengan aroma mixed berry dari cusson baby yang bisa memberi kesan ceria, joy, karena aku memakaikan kedua geng gantengku yang masih batita dengan varian bedak cusson yang ini. Sukaaaa banget sama aroma segarnya.

  • Suciarti Wahyuningtyas

    Kalau aku setuju sekali dengan efek sentuhan juga mempengaruhi perkembangan fisik dan emosional. Anak itu kalau diberikan sentuhan dari ibunya akan merasakan kebahagiaan kalau aku bilang. Soalnya anakku aja paling happy kalau diberikan pelukan, dielus-elus dan ia akan mendapatkan rasa nyaman

  • Nurhilmiyah

    Bener banget nih Mbak… sambil bedakin anak trus kita nyium aroma yang wangi kayak Cusson baby powder Sakura atau Vanilla ini wahh bikin pikiran adem dan perasaan nyaman ya. Anak juga jd tenang.

  • Fenni Bungsu

    Kalau udah mencium aroma Cussons Baby Powder serasa bau ponakan, hehe, soalnya Ponakan daku pakai bedak cussons juga, bahkan daku suka minta karena wanginya yang segar

  • Wiwin | Pratiwanggini.Net

    Cussons Baby produk yang saya suka sejak dulu. Setuju banget saya bahwa sentuhan antara ibu dan anak akan menjaga bonding antara keduanya. Saya pun dikit-dikit meluk anak saya yang kecil. Saat dia kelihatan capek atau kecewa atau marah dan sebagainya. Biasanya setelah itu dia akan nyaman dan tenang lalu kembali tersenyum ceria.

  • Nia Haryanto

    Wah, ini salah satu bedak yang aku pakaikan ke anak-anak saat mereka balita. Tekstur dan wanginya aku suka. Wow, ternyata ya, sentuhan dan wangi-wangian bikin pertumbuhan bayi bisa optimal. Sentuhan ibu memang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares