Kidzania Jakarta
Education,  Review

Kidzania Jakarta, Tempat Bermain dan Belajar Untuk Anak

Sharing this:

Assalamualaikum, hai moms biasanya kalau weekend sering ajak si kecil kemana nih? Saat ini banyak sekali ya tempat seru yang edukatif untuk dijadikan pilihan menghabiskan akhir pekan bersama anak-anak, salah satunya Kidzania. Minggu lalu aku senang sekali bisa mengajak Arfa, anak pertamaku merasakan pengalaman bermain ‘peran’ di Kidzania Jakarta.

Kidzania ini menjadi edutainment park yang berada di lantai 6 Pasific Place, Jakarta. Awalnya aku tak menyangka jika Kidzania ternyata berada di dalam sebuah mal. Di dalamnya pun cukup luas, 7500 meter persegi yang menyediakan 70 establisment berbagai profesi. Ini menjadi pengalaman pertama kami mengunjungi Kidzania.

Di Kidzania Jakarta anak-anak bisa melakoni berbagai macam profesi, lengkap dengan atribut dan berbagai perlengkapan pendukung lainnya. Benar-benar sama dengan profesi sebenarnya loh. Jadi Kidzania menyusung konsep kota impian anak-anak, mengajak mereka untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka.

Terima kasih sekali kepada Mominfluencer juga Allianz yang sudah mengajak aku dan Arfa untuk bermain di Kidzania. Melalui campaign ‘Cintai Keluarga Cintai Bumi’ Allianz ingin mengajak para orang tua untuk mempererat bonding dengan keluarga melalui aktifitas seru di Kidzania. Di acara tersebut Allianz juga mengadakan Family Challenge dimana para orang tua dan anak harus menyelesaikan misi untuk mengumpulkan stempel yang bisa didapatkan dengan mengunjungi minimal 3 establisment.

keseruan mom influencer di Kidzania Jakarta
Foto Bersama Mominfluencer.id

Selagi anak-anak asik bermain, para orang tua di acara tersebut bisa mengikuti talkshow parenting yang diadakan oleh Allianz. Tema yang dibahas adalah pentingnya mengetahui minat dan bakat anak sejak dini. Hadir Mba Firesta Farizal, M.Psi seorang psikolog anak yang akan berbagi ilmu dan informasi penting mengenai bakat dan minat anak. Diacara tersebut hadir juga Bapak Hadi Sukmono selaku product development Allianz Life dan acara makin seru dengan kehadiran Mona Ratuliu mewakili para moms masa kini.

Saat pertama kali tiba aku dan Arfa melakukan registrasi di loket dan diberikan gelang sebagai tiket masuk juga cek yang bisa ditukar dengan uang-uangan Kidzania Jakarta. Jadi tempat yang pertama kali kami kunjungi adalah Bank BRI untuk menukarkan cek tersebut menjadi uang Kidzania.

uang Kidzania Jakarta yang didapatkan dari gaji profesi dan bisa digunakan selama di area permainan
uang kidzania

Profesi pertama yang Arfa coba adalah menjadi wartawan sebuah surat kabar Kompas. Ia mengenakan seragam dan perlengkapan lainnya. Dia belajar bagaimana membuat berita dengan mengunjungi salah satu establishment lain dengan membawa papan berisi pertanyaan yang harus diajukan. Tidak tanggung-tanggung, setelah itu hasil wawancara tadi di ketik dan di print layaknya surat kabar sungguhan lengkap dengan foto mereka saat melakukan wawancara.

belajar menjadi profesi jurnalis
Menjadi Wartawan Surat Kabar

Kurang lebih 15-25 menit waktu yang Arfa habiskan untuk bermain peran. Beruntungnya hari itu ia tidak perlu lama mengantri. Profesi kedua yang Arfa coba adalah menjadi kurir pengantar paket dari sebuah E commerce online. Dengan seragam merah lengkap dengan topinya ia berkeliling mengantarkan paket. Dia sungguh menikmati.

Setelah itu Arfa langsung mencari establishment lain di lantai 2, seperti menjadi polisi, membuat coklat, meracik the. Arfa juga bisa membawa pulang coklat yang ia buat juga beberapa establishment makanan lain. Dia benar- benar bersemangat untuk mencoba peran lainnya hingga enggan berisitirahat.

belajar menjadi pembuat teh
Mencoba membuat teh

Melihat antusias Arfa yang begitu besar, akhirnya aku berinisiatif membeli makanan yang mudah dimakan seperti kentang goring dan burger. Jadi Arfabisa makan sambil menunggu antri di establishment yang ia inginkan. Selanjutnya Arfa mencoba menjadi seorangpetugas pemadam kebakaran, ia mencoba memadamkan api dengan menaiki mobil khusus pemadam kebakaran.

belajar menjadi petugas pemadam kebakaran
Menjadi Petugas Pemadam kebakaran
Kartu Sim yang bisa dibuat anak di Kidzania
Arfa Punya SIM

Akupun teringat akan sesi satu yang hampir selesai. Di Kidzania Jakarta ini terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang, nantinya mereka yang sudah berada di sesi pertama harus mengakhiri permainan dan keluar dari Kidzania. Nantinya akan dilanjutkan dengan sesi kedua. Akhirnya Arfa memaksimalkan waktu yang sebentar lagi habis dengan membuat SIM untuk bisa merasakan pengalaman menyetir mobil. Uang-uangan Kidzania bisa digunakan untuk membuat SIM seperti ini. jadi saranku nih mom, daripada uang Kidzania tidak terpakai, moms bisa membuat SIM yang nantinya bisa dibawa pulang. Sim tersebut lengkap dengan foto sang anak. Untuk membuat SIM seperti ini, anak perlu melakukan pemeriksaan di RS Kidzania terlebih dahulu dengan membayar 10 lalu baru membuat SIM dengan uang 20 nya.

Hari itu Arfa sangat menikmati dan benar-benar bahagia bisa merasakan mimpinya terwujud yakni menjadi petugas pemadam kebakaran juga pilot. Sepertinya ia gak akan menolak jika aku ajak kembali ke Kidzania. Tempat edukatif yang bisa memberikan stimulasi kepada anak-anak untuk mewujudkan cita-cita mereka. Semoga kelak ia akan makin bersemangat meraih mimpinya untuk menjadi nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares