Education

Energi Terbarukan Menjadi Upaya Atasi Krisis Iklim

Energi terbarukan menjadi topik yang saat ini mencuri perhatian, beragam sumber memberikan banyak informasi juga berita terkini terkait upaya peralihan energi. Namun ternyata tak banyak orang sekitarku yang aware dan mengetahui lebih banyak mengenai energi terbarukan, mengapa penting untuk diketahui, apa saja sumbernya, hingga seperti apa implementasinya.

Kali ini aku ingin ikut berbagi informasi seperti yang dilakukan Eco Blogger Squad dan Traction Energy Asia kemarin. Melalui webinar online via Zoom, EBS dan Traction mengupas lebih detail mengenai energi perbarukan. Jumat, 17 November 2023 aku dan teman-teman EBS hadir di Online Gathering kesekian, topik yang sangat menarik ”Mengulik Energi Terbarukan yang Sedang Ramai Diperbincangkan”.

Saat ini fosil masih mengancam kelestarian alam dan masih menjadi penyebab kedua terbesar dari meningkatnya emisi karbon di udara. Perlaihan sumber energi inilah yang menjadi upaya penting untuk menggantikan sumber energi menjadi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Energi terbarukan menjadi sumber energi yang bersih, lebih efisien dan bisa tersedia dengan cepat. Ini menjadi salah satu upaya mendukung ekosistem dan kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan tenaga surya, angin, air, dan sumber energi terbarukan lainnya, diharapkan jejak karbon serta polusi bisa berkurang secara maksimal.

Informasi lainnya menyebutkan bahwa “Secara global, penggunaan energi terbarukan mampu menurunkan 1,25% emisi CO2 per kapita”  (Szetela, et al., 2022). Bayangkan selimut polusi yang menebal bisa dicegah dengan upaya beralihnya sumber energi.

Sumber energi dapat diperoleh dengan memanfaatkan sumber daya alam yang sudah ada di sekitar kita. Sumber daya yang Allah kasih secara gratis dan sudah sering kita manfaatkan. Ada tenaga surya, yang fungsinya bisa kita manfaatkan untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik, seperti yang sudah banyak diaplikasikan yaitu panel surya. Ada lagi energi angin yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik melalui turbin.

Saat ini sumber energi terbarukan lainnya yang banyak dibahas adalah Biomassa. Dari sampah bisa menjadi manfaat besar untuk menggantikan sumber energi lama. Biomassa ini seperti limbah organik dan limbah tanaman. Energi terbarukan yang diimplementasikan di Indonesia ada panas bumi dan juga Bioenergi.

Bioenergi ini menjadi energi terbarukan yang punya banyak keunggulan, ramah lingkungan dan mudah didapatkan, salah satunya minyak jelantah. Yup minyak yang sudah tidak terpakai dan sering diabaikan atau dibuang begitu saja, ternyata minyak jelantah ini bisa diproses menjadi sumber energi terbarukan. Proses merubah minyak jelantah menjadi Biodiesel dengan melakukan penyaringan terlebih dahulu, memisahkan lemak yang tercampur di dalam minyak tersebut. Selanjutnya minyak dipanaskan dan dicampur dengan beberapa bahan untuk mengubahnya menjadi sumber energi potensial.

Banyak tantangan yang perlu dihadapi untuk peralihan energi terbarukan ini, namun jika kita terus mendukung dan melakukan upaya sadar energi bersama, InsyaAllah dampak krisis perubahan iklim bisa teratasi. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk bijak menggunakan energi?

Melalui slide di atas kita bisa sama-sama belajar dan berupaya untuk sadar energi, dimulai dari diri sendiri dan dimulai saat ini. Keberlangsungan bumi dan kehidupan generasi berikutnya sangat tergantung dari perilaku kita saat ini.

 

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *