Healthy,  Lifestyle,  Uncategorized

Support System dari Alvinia Christiany Untuk Para Orang Tua dengan Anak Autis

Jadi ibu itu luar biasa rasanya, anugerah yang Allah kasih dengan berbagai ujian dan nikmat di dalamnya. Menjadi bagian dari tiap detik pertumbuhan dan perkembangan anak membuat rasa syukur semakin bertambah. Tak hanya moment-moment indah bersama anak, tetapi mengadapi tantangan yang kadang begitu melelahkan. Dari seorang ibu kita selalu bisa melihat yang namanya cinta tanpa batas, kesabaran tanpa henti dan ketulusan doa yang tak pernah berhenti.

Perjalanan jadi ibu itu penuh ujian, tak selalu manis. Apalagi untuk para ibu hebat yang Allah titipkan anak yang special, dengan kondisi autis. Kalau mendengar cerita para ibu ini bahkan aku pernah melihat langsung bagaimana kesabaran mereka diuji, rasanya aku tak pantas sama sekali mengeluh ketika si kecil lagi GTM. Sungguh Allah menitipkan hati yang begitu lapang kepada mereka, para ibu dengan anak yang mengidap autisme.

Masih banyak stigma negatif bahkan tatapan ‘tajam’ yang sering didapatkan para ibu dengan anak yang mengidap kondisi neurodevelopmental disorders ini. Padahal para orang tua khususnya ibu sangat membutuhkan dukungan besar untuk terus kuat menjalani perannya. Support system sangat  dibutuhkan agar orang tua tetap mampu mengoptimalkan perkembangan anak dengan segala tantangan yang terus dihadapi.

Menjawab kebutuhan para ibu yang diamanahkan anak-anak kondisi khusus, menggerakkan kepedulian Alvinia Christiany untuk memberikan dukungan dan menyediakan wadah berbagi melalui sebuah platform TemanAutis.

sumber foto: Instagram @temanautis

Tak hanya merangkul, Alvinia dan teman-temannya mengembangkan website temanautis.com untuk menyediakan beragam pengetahuan seputar autisme, menjadi jembatan informasi yang dibutuhkan masyarakat khususnya para orang tua dengan anak yang mengidap autis. Website ini sungguh memberikan manfaat besar sebagai wadah berbagi yang bisa diakses siapa saja secara gratis.

Temanautis menyediakan pemaparan para ahli, referensi klinik, inspirasi hingga layanan konsultasi gratis. Orang tua dengan anak autis akan merasa sangat terbantu dengan laman ini. Tak hanya itu, kita juga bisa meningkatkan literasi terkait autisme dengan membaca beragam artikel dan kisah inspiratif yang dibagikan di website ataupun official Instagram temanautis.

Ini menjadi dukungan nyata yang konsisten terus dilakukan Alvinia dan teman-temannya sejak 2017. Ada beberapa acara juga yang dicreate dengan berkolaborasi dengan banyak pihak, ada parenting talkshow, competition, webinar, dan kegiatan seru lainnya yang bisa diikuti oleh orang tua juga anak dengan autisme.

sumber foto: Instagram @temanautis

Di awal perjalanannya, Alvinia dan teman-temannya ini berbagi informasi seputar autisme melalui kegiatan di Car Free Day. Gerakan kepedulian yang diberi nama Light it Up Project mengajak Masyarakat untuk ikut aware dan peduli dengan autisme di Indonesia. Kita bisa ikut berkontribusi dengan donasi melalui pembelian kaos hingga tumbler.

Alhamdulillah kini semakin banyak orang tua dengan anak autis yang sudah merasakan banyak manfaat dari langkah kepedulian yang diwujudkan Alvinia. Setiap orang tua bisa bercerita dan berbagi pengalamannya juga melalui temanautis ini.  Mereka memiliki support system luar biasa untuk terus mendampingi anak-anak hebat itu, tak hanya itu anak-anak dengan autisme juga bisa merasakan pengalaman seru seperti anak-anak lainnya, tetap berdaya dan kreatif dengan potensi yang mereka miliki.

Gagasan mulia Alvinia dan teman-temannya layak sekali mendapatkan apresiasi dari Satu Indonesia Awards. Temanautis menjadi penerima Pewarta Astra di tahun 2022, semoga semangat berbagi ini bisa memberikan inspirasi dan manfaatnya bisa semakin menyebar. Memberikan pelukan virtual juga dukungan kuat bagi para orang tua hebat yang tak berhenti menyerah, menjadi support system yang bisa menguatkan langkah para ibu untuk terus bersemangat menjalani perannya setiap hari.

Hiii terima kasih sudah berkunjung. I'm totally happy and greatly appreciate if you kindly give me some advice and comments. For any enquiries, kindly send email to ria.iyha29@gmail.com . Enjoying reading :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *