Healthy,  Review

Review Korset Pasca Melahirkan Membantu Mengembalikan Tubuh Ideal

Sharing this:

Berat badan pasca melahirkan hampir jadi issue serius buat sebagian orang, bahkan jadi komentar atau pertanyaan umum yang dicetuskan beberapa orang saat mengunjungi seorang ibu yang baru melahirkan. Seriously, aku mengalaminya sendiri. ‘Wah bunda gemukan ya’’ komentar pertama saat melihat aku keluar rumah setelah beberapa minggu tidak kelihatan. Masih banyak komentar yang mengarah ke body shaming lainnya, sehingga mengembalikan bentuk tubuh ideal pasca melahirkan itu jadi peer banget buat sebagian ibu.

Awalnya aku gak pernah kepikiran untuk mengembalikan berat badan seperti sebelumnya, biarin aja dulu karena aku lagi menikmati masa- masa menyusui Zahwan tanpa kepikiran soal berat badan. Komentar komentar ‘ajaib’ kayak diataslah yang bikin busui kayak aku mulai sadar ‘iya ya aku kok masih lebar kayak masih hamil’ ehmm ‘Duh perut kok jadi ada lipetan gini ya’ dan pertanyaan lainnya yang lagi wara wiri di pikiranku.

Buat beberapa ibu komentar kayak gitu bikin insecure bahkan ada yang membuat si ibu jadi depresi loh. Makanya stop di kita aja ya bun, jangan menanyakan soal berat badan dan body shaming issue lainnya ketika kita menjumpai sahabat atau teman yang baru saja melahirkan. Nah buat yang udah terlanjur dapet pertanyaan kayak gitu, yes kayak yang aku alami juga, yuk ambil sisi positifnya aja. Mungkin kita jadi diingatkan untuk mulai atur makanan, jangan mentang-mentang lagi menyusui apa aja dimakan (ini reminder buat aku banget haha), mungkin kita lagi diajak untuk pelan-pelan mulai berolahraga lagi, atau itu cara supaya korset yang sudah kita beli gak  mubazir. Ehh jadi inget korset yang belum dicuci:D

Ngomong-ngomong soal korset, inituh jadi salah satu item wajib ya yang harus disiapkan sebagai perlengkapan menjelang melahirkan. Selalu ada di dalam shopping list para buibu. Korset buat aku tuh kepake sampai masa-masa menyusui, kebayang kan bun rasanya pinggang yang pegel saat harus duduk berjam-jam pas menyusui. Nah korset ini membantu menopang pinggang dan juga menjaga postur tubuh tetap tegak.

30 hari pasca bersalin adalah masa emas untuk berusaha mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelumnya juga periode optimal untuk penyembuhan, makanya sangat disarankan juga oleh orang tua kita. Sudah sejak dulu kala korset ini jadi alat yang bisa membantu memperbaiki posisi rahim dan segudang manfaat lainnya. Orang tuaku bahkan menyarankan untuk menggunakan korset minimal sampai 40 hari pasca melahirkan, lebih baik lagi ditambah dengan pemakaian stagen, himbau mereka. Realitanya aku tak cukup betah untuk memakai stagen setiap hari, jadi korset satu-satunya yang lebih sering aku gunakan.

Korset juga aku gunakan sampai masa menyusui. Manfaatnya bisa menjaga postur tubuh terutama tulang belakang saat kita harus bergerak atau saat menyusui si kecil. Jadi resiko nyeri pinggang dan tulang belakang bisa berkurang. Meskipun banyak manfaatnya, kita juga perlu cermat nih bun memilih korset yang aman bagi kulit dan kesehatan kita.

Jangan sampai korset yang kita pakai justru menyebabkan iritasi ke kulit, memar, kram ataupun malah menghambat perederan darah yang bisa memberikan efek bahaya untuk kesehatan. Jadi kita perlu memilih korset dengan memperhatikan bahan yang digunakan dan pertimbangan lainnya. Kebetulan saat ini aku lagi menggunakan salah satu korset yang menurutku bahannya nyaman, selain itu praktis untuk dipakai sehari-hari. Ini bisa jadi rekomendasi korset pasca melahirkan yang bisa kalian pertimbangkan.

Review MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band

Pertama kali pakai aku langsung suka sama kepraktisan korset ini, mudah digunakan juga mudah dilepaskan. Maklum bun masih keinget gimana repotnya pakai korset yang model diiket-iket itu loh, harus tiduran dulu trus tali-talinya diikat satu persatu. Kalau korset dari MOOIMOM ini gak perlu diikat, hanya perlu direkatkan saja. Kita juga mudah mengatur tingkat elastisitas korsetnya, mau kencang atau di adjust sesuai kenyamanan yang kita inginkan.

Bamboo Postpartum Belly Band ini bahannya juga nyaman, gak bikin gatal apalagi iritasi ke kulit. Mungkin karena terbuat dari bahan berkualitas yang memang disesuaikan dengan kondisi kulit. Korset ini terbuat dari Serat Poliester yang mengandung arang bamboo dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti Lateks, Nilon dan Rayon.

Bahan arang bambu yang digunakan sebagai bahan utama dari korset MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly ini ramah lingkungan sehingga punya daya serap yang baik, selain itu anti bakteri dan anti bau. Makanya pas dipakai untuk sehari-hari tanpa khawatir akan menimbulkan bau yang tak sedap.

Ketika menggunakan korset ini aku sama sekali tidak merasakan gatal, dan tidak menimbulkan rasa sesak. Happynya lagi pas baca fungsi dari korset Bamboo Postpartum Belly Band ini yang mengclaim mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga membantu mengecilkan perut dan pinggang. Wah impian aku banget nih untuk mendapatkan lingkar perut seperti sedia kala.

Cara pakai korset MOIMOM tipe Bamboo Postpartum Belly Band ini sangat mudah dan praktis, cukup gunakan di perut sampai ke bagian pinggang lalu rekatkan. Tinggal tarik untuk menyesuaikan kekencangannya. Untuk menambah kekencangan korset ini, jangan lupa tarik juga bagian perekat tambahannya ya. Bamboo Postpartum Belly Band ini hadir dengan 3 ukuran yaitu M, L dan XL yang masing-masing punya ukuran tersendiri.

Biar korset lebih awet dan fungsinya tetap bisa dirasakan, jangan lupa untuk memperhatikan cara membersihkan dan merawatnya ya. Untuk korset Bamboo Postpartum Belly Band jangan dicuci dengan mesin cuci ya bun, cukup gunakan tangan saja, korsetnya cepat kering ko. Untuk tutorial atau informasi lengkap cara membersihkan korset, bisa dilihat disini ya.

Masih penasaran sama manfaat dan informasi lainnya? Bunda juga bisa kunjungi MOOIMOM Bamboo Postpartum Corset, oh iya untuk bunda yang mau langsung purchase bisa gunakan kode voucher BLOGANDIKA10 ya untuk mendapatkan potongan harga yang pastinya bikin hemat belanja.

Semoga Bermanfaat

 

 

 

10 Comments

  • Elly Nurul

    Well noted kakak riaa… aku udah mengincar ini korset, InshaAllah sudah masuk wish lisht korset yang harus aku punya dan wajib pakai selepas melahirkan nanti,, supaya bodynya kece seperti ka ria.. aamiin

  • Alfa Kurnia

    Aku nyesel nggak telaten pake korset waktu abis lahiran dulu. Karena dulu punyanya korset yang kurang nyaman. Jadi bikin sesak nafas. Sekarang ibu-ibu udah enak nih ada korset dari Mooimom yang nyaman.

  • chairina

    Bagus korsetnya. kalau aku pribadi dari mulai hamil malah harus diet jadinya setelah lahiran kurus plus lemak juga hilang karena rutin minum air lemon. aku dulu pake Produk Mooimom ini bantal anak untuk di stroller.

  • Fenni Bungsu

    Jaga bentuk agar tetap ideal bisa dilakukan dengan cara bijak pakai korset ya. Jadi rekomendasi nih buat para ibu pasca melahirkan

  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Aku dulu gak pakai korset krn gak tahan engap pas menyusui, tapi dulu gak ada korset khusus melahirkan yg ada sih apa ya namanya stagen kalau org jawa bilang yg suka dipakai mbah2 itu haha
    Kalau zaman now kan udah banyak korset pasca melahirkan kayak mooimom gini pastinya udah dirancang utk kenyamanan ibu menyusui kan ya, jd pakai aja tak masalah hehe

  • Siska

    Aku gak tahan pakai korset habis lahiran. Rasanya kok gak bebas aja mau ngapa-ngapain ya.. hehe. Tapi mungkin next harus coba korset ini deh, kayaknya nyaman dipakai.

  • Annafi

    Aku pernah baca forum katanya banyak yg ga betah pakai korset setelah melahirkan. Padahal banyak manfaatnya ya.. mungkin tergantung bahannya juga, kalau MOOIMOM Bamboo Postpartum kayaknya berkualitas karena gak bikin gatal

  • Laela

    Korset ini wishlist waktu hamil dulu cuma belum sempat gara2 lahiran prematur. Padahalpasti perut jadi lebih nyaman banget yaa pakai korset, apalagi korset Mooimom yang didesain khusus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares