Applications,  Education,  Technology

PT Komunitas Cerdas Indonesia Kembangkan Konsep Social E-Commerce

Sharing this:

Hai semuanya, kalian tau gak kalau angka pengguna aktif internet di Indonesia sekarang tuh meningkat signifikan menjadi 196 juta orang atau naik 12% dari tahun 2019? Yes semenjak pandemi melanda Negri internet jadi kebutuhan harian yang terus dipenuhi. Peningkatan yang luar biasa ini sebenarnya sudah diprediksi juga sih di beberapa tahun terakhir. Seperti yang kita tau ya, Indonesia memang sudah menduduki peringkat ke delapan sebagai Negara yang konsumtif terhadap penggunaan internet. Dua platform digital masa kini seperti facebook dan Instagram menjadi platform yang paling sering dikunjungi saat ini dan menyusul beberapa aplikasi sosial lainnya.

Mengurangi mobilitas di luar rumah membuat aku dan pengguna internet lainnya semakin aktif  berselancar di dunia maya, melihat berbagai informasi yang wara wiri di timeline atau sekedar add to chart beberapa produk favorite yang ada di e- commerce, itu jadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan selama #dirumahaja. Siapa yang suka gitu juga?

Nah kebayang kan kalau pertumbuhan digital yang melesat tajam ini jadi peluang juga untuk mendapatkan dan memulai sebuah bisnis juga investasi. Saat semua hal beralih ke digital, banyak yang bisa kita lakukan melalui handphone dan jaringan internet saja, hal ini tidak hanya merubah gaya hidup tapi juga pola transaksi dan menjadi media bisnis.

Rasanya sudah ada puluhan paket yang tiba di depan pintu rumah sejak pandemi ini, kecenderungan belanja melalui e-commerce memang menjadi gaya hidup yang saat ini lebih asik dan aman untuk dilakukan dari rumah. Gaya belanja via e-commerce yang meningkat tajam, ternyata sudah dibuktikan loh dengan munculnya survey lembaga terpercaya. Jumlah belanja online di Indonesia tahun 2020 melonjak hingga mencapai Rp. 600 triliyun, wow! Angka yang diyakini akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya nih, apalagi jika pandemi masih belum terselesaikan dan kita masih terus mengurangi mobilitas di luar rumah. Kabar baiknya, semakin banyak pelaku bisnis ikut mengimbangi hal ini dengan terus melakukan inovasi tanpa henti. Seperti inovasi yang dilakukan oleh PT Komunitas Cerdas Indonesia (PT KCI).

Mengutip penyataaan pendiri Microsoft yakni Bill Gates, “Jika bisnis anda tidak dalam internet, maka bisnis anda akan punah”. Dari Bill Gates kita belajar ya bahwa menjadikan bisnis tersedia dalam bentuk digital menjadi hal sangat penting di masa kini dan juga mendatang. Untuk itu, social e-commerce menjadi opsi yang banyak dipilih bagi para pelaku bisnis baru, UMKM bahkan brand besar sekalipun untuk terus meningkatkan percepatan distribusi produk secara digital.

Memanfaatkan media digital dan pola jual beli masyarakat modern saat ini, KCI mengembangkan sebuah konsep baru yaitu Social E-Commerce sebagai pilihan investasi dan bisnis di masa mendatang. Konsep tersebut nantinya bisa kita nikmati melalui aplikasi mobile bernama Viplus.

 

Melalui konsep social e-commerce yang sedang dicreate oleh KCI, kita bisa menikmati pengalaman berbelanja yang lebih interaktif. Akan ada produk suplemen kesehatan yang bisa kita ketahui dan order hanya melalui sebuah aplikasi mobile.

Inovasi dari KCI ini akan menggabungkan kekuatan sosial masyarakat dengan industri digital big data atau dikenal dengan social concept, sehingga bisnis yang dibentuk akan berpeluang semakin berkembang. Ditambah lagi dengan kekuatan jari para pengguna internet saat ini, akan memudahkan percepatan dalam meningkatkan traffic digital advertising. Semoga bisnis dan investasi yang sedang dikembangkan ini nantinya akan berkontribusi memajukan ekonomi Indonesia ya aamiin.

 

Semoga Bermanfaat

 

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *