Lifestyle,  Review

Rekreasi Di Masa Pandemi, Ke Ancol AJa

Sharing this:

Assalamualaikum, gimana nih kabar moms dan keluarga di rumah? Masih sibuk nemenin anak daring, berkreasi di dapur atau sudah mulai beraktivitas di luar rumah nih moms? Apapun kegiatan atau aktivitasnya jangan lupa untuk terus  stay safe and healthy ya moms dengan menerapkan 3M dan jaga daya tahan tubuh, Insya Allah kita semua sehat dan bisa terhindar dari paparan virus Covid19.

Sudah berbulan-bulan sejak pandemi di tanah air aku dan anak-anak di rumah aja, sampai akhirnya bulan Agustus lalu kami keluar rumah untuk staycation sejenak. Tentunya dengan memilih tujuan wisata yang menerapkan protokol kesehatan. Ide staycation ini berawal dari komentar si sulung ‘’Bun kapan kita jalan-jalan lagi? kan bisa pakai masker pas keluar rumah’’.  Mungkin kegiatan belajar via daring membuat ia mulai merasakan kejenuhan, apalagi materi pembelajaran yang ia dapatkan saat ini cukup padat. Proses adaptasi materi dari TK ke SD langsung dilakukan via online, wah sepertinya memang butuh refreshment nih, pikirku dan suami. Kalau anak-anak di rumah gimana moms? Udah mulai protes minta liburan?

Kondisi pandemi ini memang membuat kita harus extra care ketika mengajak anggota keluarga khususnya anak-anak ke tempat wisata. Banyak perlengkapan guna menerapkan protokol kesehatan yang harus dibawa juga pengarahan terlebih dahulu ke anak-anak agar mereka bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru. Pengalaman rekreasi singkat kemarin saat pandemi mengajarkan aku beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan nih moms.

Tips mengajak anak-anak pergi rekreasi di masa pandemi:

  • Pastikan kondisi kesehatan kita dan anak-anak atau orang yang akan kita ajak rekreasi sehat. Tidak mengalami demam, flu, batuk atau sakit apapun
  • Menyiapkan disinfektan spray, tissue basah, masker cadangan, multivitamin, hand sanitizer dll di dalam tas
  • Membawa perlengkapan pribadi seperti alat solat, tumbler atau botol minum pribadi, handuk dll
  • Menerapkan 3M yakni menggunakan masker, sering mencuci tangan dan juga menjaga jarak
  •  Hindari pergi rekreasi di tanggal-tanggal merah atau peak season
  • Saat berada di fasilitas umum seperti tempat makan, kursi atau lainnya, jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan terlebih dahulu atau cuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah menyentuh barang dan permukaan benda di sekitar
  • Usahakan menggunakan kendaraan pribadi
  • Pilih destinasi atau tempat tujuan rekreasi yang menerapkan protokol kesehatan dan berkomitmen membatasi kapasitas area wisata
Pertunjukan Hewan- rekreasi edukatif Source: www.ancol.com

Biasanya destinasi seperti apa nih yang jadi kesukaan anak-anak atau anggota keluarga lain? Kalau aku paling suka ajak anak-anak berlibur ke wisata alam atau rekreasi yang edukatif. Berlibur ke wisata alam, anak-anak tuh bisa engage with nature, berinteraksi dan belajar banyak hal baru dari alam. Nah kalau wisata edukatif biasanya aku mengajak mereka untuk melihat aneka satwa atau biota. Seru dan jadi proses belajar yang menyenangkan ketika  anak-anak bisa mengenal beragam hewan secara langsung. Apalagi menyaksikan pertunjukan dan atraksi hewan-hewan tersebut.

Untuk menyaksikan pertunjukan hewan secara langsung ataupun mengenal keberagaman biota laut, kita bisa berkunjung ke Sea World Ancol atau Ocean Dream Samudra Ancol moms. pasti udah cukup familiar donk sama dua destinasi rekreasi tersebut. Selain mudah dijangkau karena letaknya yang strategis, Ancol juga sudah menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung ataupun seluruh petugas disana.

Bicara soal Ancol, aku ingin menginformasikan nih moms kabar terbaru dari Taman Impian Jaya Ancol. Seperti yang kita ketahui, pandemi beberapa bulan lalu sempat membuat wisata Ancol ini menerapkan aturan yang sangat ketat guna upaya menghentikan penyebaran virus corona sekaligus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah DKI Jakarta. Aturan yang diberlakukan seperti pembatasan pengunjung, anak-anak dibawah 9 tahun, lansia diatas 60 tahun atau ibu hamil sempat tidak diperbolehkan mengunjungi beberapa tempat wisata disana.

Namun saat ini Taman Impian Jaya Ancol sudah bisa dikunjungi lagi oleh anak-anak di bawah 9 tahun moms, yeaay kabar yang mengembirakan ya, kita bisa ajak anak-anak rekreasi lagi ke Ancol. Aturan ini berlaku untuk dua wahana edukasi Ancol yaitu Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, gak perlu khawatir karena dua wahana ini sudah menerapakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemrov DKI Jakarta, seperti:

  • Pengunjung dan seluruh staf yang bertugas wajib mengikuti dan menerapkan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak)

source : www.ancol.com
Fasilitas mencuci tangan – source: www.ancol.com

Tidak hanya pengunjung yang akan memasuki area wahana yang perlu menerapkan 3M tapi seluruh petugas atau staf yang bertugas di hari itu wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, baik dengan sesama staf lainnya dan juga para pengunjung. Pihak Sea World Ancol dan Ocean Dream juga menyediakan tempat khusus untuk mencuci tangan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Terdapat kran air dan tentunya sabun yang dapat digunakan kapanpun. Fasilitas yang disediakan ini semoga bisa memaksimalkan upaya kita untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama berada di area rekreasi.

Selain menyediakan fasilitas mencuci tangan, Sea World Ancol dan Ocean Dream juga memberikan signage atau tanda pada kursi-kursi yang akan digunakan pengunjung sebagai upaya pemberian jarak. Di beberapa area pertunjukan kursi-kursi pengunjung juga sudah diatur letaknya dengan jarak 1.5 – 2 meter.

  • Melakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Berkala

Penyemprotan Disinfektan -source: www.ancol.com

Para petugas Sea World Ancol dan Ocean Dream juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala ke seluruh area wahana. Dari mulai area saat pengunjung baru datang hingga lokasi pertunjukan. Penyemprotan disinfektan ini memang sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran atau penempelan virus di permukaan atau benda di sekitar wahana. Petugas penyemprotan juga menggunakan APD lengkap layaknya petugas medis yang sering kita lihat.

  • Meminimalisir kontak langsung dengan hewan atau biota yang ada di Sea World Ancol atau Ocean Dream

Ada beberapa ketetapan baru yang dilakukan pihak Sea World Ancol dan Ocean Dream  untuk menjaga para hewan atau biota agar tetap sehat dan  tidak kontak langsung dengan para pengunjung. Seperti yang kita tau ya moms, sebelum pandemi terjadi, kita masih bisa memberikan makan penyu di kolam toochpool Sea World ataupun berinteraksi langsung dengan lumba-lumba, namun saat ini pihak Sea World Ancol dan Ocean Dream merubah ketentuan tersebut. Hal ini dilakukan untuk membatasi kontak langsung antara pengunjung dengan para hewan atau biota yang ada disana.

  • Pembatasan Kontak Langsung Antara Petugas dan Para Pengunjung

Tidak hanya menerapakan pembatasan kontak langsung antara hewan dan para pengunjung, tapi pihak Sea World Ancol dan Ocean Dream  juga berupaya membatasi kontak langsung antara staf atau petugas dengan para pengunjung dengan memberlakukan jaga jarak dan juga himbauan untuk membeli tiket melalui online. Pembelian tiket via online dapat dilakukan melalui website www.ancol.com

  • Pembatasan Jumlah Pengunjung

Himbauan untuk melakukan pembelian tiket via online yang ditetapkan pihak Sea World Ancol dan Ocean Dream ternyata tidak hanya bertujuan untuk memberikan batasan kontak langsung loh moms tetapi juga membantu mereka untuk membatasi jumlah pengunjung. Yup hal itu penting banget dilakukan agar area wahana atau rekreasi tidak terlalu penuh. Jadi Sea World Ancol dan Ocean Dream hanya membuka kapasitas pengunjung sebanyak 50% saja dari kapasitas normal. Aturan ini bisa mengoptimalkan upaya untuk memberikan jarak  atau physical distancing antara para pengunjung selama menikmati show atau pertunjukan di dalam.

Semoga kita bisa sama-sama saling jaga ya selama berada di wahana atau destinasi rekreasi. Komitmen yang dilakukan Sea World Ancol dan Ocean Dream ini semoga bisa meningkatkan kembali wisata di Indonesia di tengah pandemi. Diharapkan masyarakat juga berkomitmen untuk saling menjaga dan disiplin menerapakan protokol kesehatan dimanapun agar Indonesia segera terbebas dari paparan virus Covid19.

Another good news nih moms, Sea World Ancol dan Ocean Dream juga memberikan promo menarik agar kita semua bisa kembali rekreasi lagi ke Ancol. Promo yang berlangsung selama bulan November ini (periode 2-30 November 2020) adalah harga tiket bundling untuk dua wahana sekaligus. Harga Samudra Ancol pada saat weeday ialah Rp.55.000 dan Weekend sebesar Rp. 70.000, nah moms bisa membeli tiket bundling untuk lebih hemat. Tiket bundling untuk wahana Samudra dan Sea World pada saat weekday dikenakan sebesar Rp, 115.000 saja sedangkan saat weekend sebesar Rp. 135.000, lebih hemat kan moms😊

So gimana moms udah siap ajak keluarga rekreasi kembali ke Ancol? Untuk update informasi dan promo menarik lainnya moms bisa follow official Instagram mereka ya atau kunjungi official website Ancol.

 

Semoga bermanfaat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares