Healthy,  Review

Nutrisi Pendamping di Masa Menyusui Sekaligus Kehamilan Keempatku

Sharing this:

Pregnancy and Breasfeeding Moments in the same time. Yup tahun ini aku menjalani masa kehamilan sekaligus menyusui di waktu yang bersamaan. Aku kembali merasakan perjalanan kehamilan, sungguh anugerah yang tak disangka dan tentunya tidak direncanakan sama sekali haha. Ini menjadi kehamilan keempat yang akan menambah cerita dan perjalananku sebagai seorang ibu. Pastinya perjalanan setiap kehamilan akan berbeda, akan banyak ‘kejutan’ dan tantangan yang harus dilalui. Kurang lebih 4 bulan lagi the little one yang ada di rahimku ini akan hadir menambah cerita dan banyak pelajaran hidup tentunya.

Kehamilan keempat ini sedikit berbeda dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya. Jarak usia antara anak ketigaku dengan calon anak keempat cukup dekat. Seperti yang aku sebutkan, ini bukan kehamilan yang kami rencanakan. KB alami yang aku terapkan pada tahun-tahun sebelumnya tidak berhasil pada tahun ini dan kembali lagi ini sebuah Qadarullah, ketetapan Allah yang tidak bisa diubah atau ditolak oleh apapun atau siapapun. Proses menerima “ketetapan’’ inipun awalnya cukup sulit untukku karena aku masih menyusui anak ketigaku, Ara. Ia masih berusia 1,5 tahun saat aku mengetahui ada dua garis biru yang muncul.

Masa Menyusui sekaligus Kehamilan Keempatku

Saat mengetahui aku mengandung anak keempat, yang terlintas dibenakku adalah bagaimana dengan Ara yang masih menyusui. Padahal aku bersikeras untuk lancar menyusui hingga usia Ara genap 2 tahun.  Buatku dan sebagian besar para ibu pasti mengetahui bahwa ASI adalah nutrisi terbaik dan ideal untuk si kecil. Setiap tetes ASI yang keluar mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Pemberian ASI Eksklusif pun sangat dianjurkan sejak 6 bulan pertama kehidupan sang buah hati. Alhamdulillah ketiga anakku sebelumnya ASI Eksklusif dan akupun lancar mengASIhi mereka meskipun tidak sampai full 2 tahun. Arfa berhenti ASI di usia 21 bulan, Arsyila 18 bulan dan Ara kurang lebih berhenti menyusui di usia 20 bulan.

Jadi 3 bulan pertama kehamilan keempat ini aku masih meneruskan proses menyusui Ara. Aku mencari informasi tentang kondisi yang aku alami saat itu, apakah boleh menyusui saat hamil,  beberapa jurnal kesehatan menginformasikan bahwa kondisi tersebut diperbolehkan asalkan tidak ada gejala atau keluhan yang mengganggu kehamilan sang ibu, seperti keluarnya flek, kontraksi, pusing dan lainnya. Selama kurang lebih 3 bulan menjalani masa kehamilan sekaligus menyusui, aku tidak merasakan keluhan dan gangguan kesehatan lainnya selain mual yang memang setiap awal kehamilan aku rasakan. Keinginan kuatku untuk terus memberikan ASI ditambah kecukupan nutrisi, Alhamdulillah membuat produksi ASI tidak mengalami perubahan, kondisi kehamilanku juga tidak ada keluhan.

Proses menyusui yang aku lalui sejak anak pertama hingga ketiga, tak lepas dari beberapa faktor yang memang aku siapkan sejak awal kehamilan. Dukungan orang-orang tersayang, edukasi dan afirmasi positif ke diri sendiri secara terus menerus hingga pemenuhan nutrisi dengan konsumsi suplemen terus aku lakukan. Bahkan di kehamilan keempat ini, aku juga menyiapkan berbagai hal agar nanti proses menyusui bisa lancer dan semoga bisa full hingga si kecil berusia 2 tahun. Kelancaran menyusui berawal dari persiapan yang dilakukan pada masa- masa kehamilan. Ada banyak hal yang perlu ibu hamil dan ibu menyusui siapkan agar produksi ASI tidak hanya lancar namun bisa mendapatkan ASI Berkualitas. Belajar dari pengalamanku pada kehamilan-kehamilan dan proses menyusui sebelumnya, aku ingin sedikit berbagi beberapa hal penting yang menurutku perlu disiapkan sedini mungkin agar bisa lancar menyusui dan mendapatkan ASI bernutrisi.

Agar ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Persiapan Mental

Agar bisa lancar dalam memberikan ASI Eksklusif nanti, tentunya diawali dengan persiapan mental yang baik sejak masa kehamilan. Untukku pribadi, ada kesiapan mental tersendiri yang aku jalani karena ini merupakan kehamilan anak keempat yang tidak direncanakan. Hamil sambil mengurus ketiga anakku bukan hal yang mudah, perlunya mempersiapkan mental sejak awal kehamilan karena kesehatan mental tentu saja akan mempengaruhi kesehatan fisik.

Masa-masa kehamilan

Proses pertama yang harus aku lalui untuk mempersiapkan mental di kehamilan ini adalah proses ”accepting” , bagaimana menerima kehamilan yang tidak direncanakan ini dan menghadapi segala pertanyaan dari beberapa orang terhadap kehamilan keempat ini. Aku sharing dengan teman-teman yang memiliki pengalaman serupa, konsultasi dengan Ustadz dan mendengarkan banyak kajian hingga akhirnya bisa menerima ketetapan ini. Apapun yang Allah sudah takdirkan adalah sebuah nikmat yang kalau disyukuri akan menjadi ladang pahala dan keberkahan. Ada banyak pasangan di luar sana yang mengharapkan kehadiran buah hati di tengah-tengah pernikahan mereka, banyak waktu dan harta yang dihabiskan untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Aku harus bersyukur diberi kemudahan dalam memiliki keturunan yang Insya Allah jadi nikmat sekaligus amanah. Begitulah proses yang aku lewati agar hadirnya rasa syukur terhadap kehamilan keempat ini.

Begitupula dengan proses menyusui yang akan aku lalui nanti, butuh kesiapan mental agar produksi ASI bisa lancer dan kualitasnya terjaga. Suasana hati serta kondisi emosi seorang ibu juga akan dirasakan oleh si kecil yang sedang menyusui. Bahkan menghambat produksi atau kelancaran dalam menyusui. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seorang ibu seperti kelelahan fisik, pekerjaan yang menumpuk, judgemental dan kondisi lainnya yang jadi pemicu terjadinya stres hingga depresi.

Dari pengalaman pribadi, aku banyak belajar untuk lebih menjaga kondisi psikis. Saat sudah merasa jenuh atau lelah dengan pekerjaan harian, aku mulai meyempatkan waktu untuk self care dan me time. Meminta bantuan suami atau orang terdekat untuk menjaga anak-anak agar aku bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Lakukan hal-hal yang membuat kita relax sejenak atau lakukan hal yang kita sukai, bisa dengan gardening, ke salon atau hal sederhana lainnya. Selain itu hal lain yang aku lakukan adalah surround my self with good people and positive circle, sebagai pengguna sosmed yang hampir tiap hari berselancar disana, aku mulai unfollow akun-akun yang sering ngasih judgemental dan status negatif, sebaliknya aku perbanyak follow mereka yang ngasih positive insight. Aku percaya apa yang kita lihat, dengar dan baca akan menginfluence kita secara tidak langsung, jadi mulai filter dan build deh circle kita dengan hal dan orang-orang yang positif.  Itulah upaya-upaya yang aku lakukan untuk menyiapkan mental di kehamilan keempat ini.

  • Hindari Merokok ataupun Asap Rokok

Suka gemes gak sih moms sama mereka yang merokok sembarangan? Kita sih gak merokok tapi kita bisa sama saja dengan mereka yang merokok bahkan terkena dampak terburuknya, kesel kan? Seperti sharing pengalaman dari salah satu temanku kemarin, bayi yang baru ia lahirkan harus menjalani perawatan akibat radang paru-paru dan tidak bisa mendapatkan ASI Eksklusif. Meski faktor penyebabnya tidak diketahui pasti tapi hal yang paling berpotensi menyebabkan radang tersebut adalah paparan asap rokok dari suaminya yang merokok dan beberapa kerabatnya. Jadi jangan takut atau sungkan untuk menegur mereka yang merokok di tempat umum moms atau hindari diri kita dan anak – anak dari mereka yang sedang merokok.

  • Bekali Diri Dengan Ilmu dan informasi yang Edukatif

Perjalanan seorang ibu yang panjang dan banyak tantangan, membuat kita perlu membekali diri dengan ilmu dan informasi yang edukatif serta valid. Ilmu dan pengetahuan yang cukup bisa jadi pondasi kita dalam menyiapkan diri di masa-masa kehamilan, menyusui, ataupun dalam membersamai anak-anak.  Beruntung ya moms, era digital saat ini memberikan kita kemudahan untuk mengakses berbagai informasi dengan mudah. Namun harus tetep dan waspada juga sih sama hoax ataupun mitos-mitos yang masih banyak tersebar di luar sana. Kita bisa mengikuti berbagai kelas edukasi online, jurnal kesehatan dan sharing sesama para moms. Jika menemukan atau mendapatkan informasi yang masih membuat moms ragu, khawatir hingga insecure jangan lupa cari tau dulu atau konsultasikan dengan Dokter atau mereka yang sudah kompeten di bidangnya ya. Dengan ilmu dan informasi yang tepat, kita juga lebih maksimal dalam menyiapkan ASI yang berkualitas atau bernutrisi.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil dan Menyusui

Nutrisi jadi faktor penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil hingga mempengaruhi kelancaran dalam menyusui. Bahkan kecukupan  nutrisi harus terpenuhi sejak merencanakan kehamilan agar tumbuh kembang si kecil bisa lebih optimal. Apa yang kita makan dan minum menjadi sumber nutrisi bagi janin yang ada di perut kita juga si kecil yang sedang menyusui. Saat hamil-menyusui kita harus extra care nih sama makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang dianjurkan Dokterku juga untuk menjaga pola makan, makan makanan yang diolah dengan matang dan bersih serta konsumsi suplemen untuk membantu pemenuhan nutrisinya.

Di kehamilan ini aku lebih memaksimalkan konsumsi suplemen, apalagi saat aku harus menjalani proses kehamilan sekaligus menyusui di waktu yang bersamaan. Makan lebih teratur dan suplemen hampir tidak pernah lupa untuk diminum setiap hari. Ditambah lagi pandemi seperti sekarang, butuh suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh juga memenuhi kebutuhan nutrisiku.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Aku mempercayakan suplemen harianku saat ini dengan mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). Ini merupakan produk untuk ibu hamil juga menyusui yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting di masa menyusui yang dipersiapkan sejak masa kehamilan tentunya. Suplemen dengan kandungan lengkap ini bisa membantu kita para busui untuk dapat memberikan Asi bernutrisi pada si kecil.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini  diminum 2 kali sehari setelah makan. Bentuknya kapsul dan sangat mudah dikonsumsi, happynya lagi kapsul Blackmores ini tidak berbau sama sekali. Jadi tidak membuat ibu hamil enek atau sulit menelan.

Kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati di 1000 hari pertama kehidupan mereka, seperti yang disampaikan Mba Dian, Head of Marketing Kalbe Backmores Nutrition. Selain itu dengan suplemen lengkap seperti Pregnancy and Breast-Feeding Gold, kualitas ASI saat menyusui bisa terjaga. Seperti yang kita ketahui ya moms, tidak hanya produksi ASI yang lancer tapi kualitasnya juga perlu dijaga. ASI yang berkualitas dan bernutrisi bisa kita lihat dari warnanya yang kekuningan atau putih pucat.

Keunggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Blackmores-Pregnancy-and-Breast-Feeding-Gold
  • Mengandung 17 Nutrisi Esensial

Nutrisi esensial merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh jadi perlu asupan dari luar, baik dari makanan ataupun suplemen.Padahal manfaat dari nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mengandung 17 nutrisi esensial yang diperlukan tubuh, dengan mengkonsumsi 2 kapsul sehari Insya Allah kebutuhan nutrisi esensial kita bisa terpenuhi.

  • Tinggi Asam Folat

Aku pernah membaca pentingnya pemenuhan asam folat bagi ibu hamil bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi sejak si ibu merencanakan kehamilan. Segitu pentingnya asam folat bagi perkembangan janin di dalam kandungan, membuat Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold menyediakan kandungan asam folat dengan jumlah yang tinggi sesuai kebutuhan ibu hamil juga menyusui. Asam folat sangat berperan dalam pembentukan otak dan saraf bayi. Asam folat juga mencegah terjadinya kecacatan pada tumbuh kembang bayi, mencegah resiko anemia dan resiko kehamilan lainnya yang tidak diinginkan.

  • Tinggi Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin juga si kecil pada saat menyusui. Kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh bayi tapi juga untuk si ibu. Seperti yang kita ketahui kekurangan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan sang ibu mengalami osteoporosis, belum lagi menghambat pembentukan tulang dan gigi bayi.

  • Zat Besi yang tidak menyebabkan Konstipasi

Zat besi berperan penting dalam metabolisme dan fungsi saraf dalam tubuh. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan zat besi yang cukup agar tidak anemia dan tidak mudah kelelahan. Nah zat besi di dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini tidak menyebabkan konstipasi loh.

  • Omega 3 atau DHA yang tidak Berbau

Beberapa kali aku pernah menemukan suplemen yang mengandung DHA namun berbau amis dan bikin enek, sehingga sulit untuk dikonsumsi. Terlebih jika kondisiku di awal kehamilan yang masih sering mual dan penciuman lebih sensitif. Untungnya kapsul Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang mengandung omega 3/DHA ini tidak berbau sama sekali. Fungsi Omega 3/DHA sendiri adalah untuk membantu perkembangan otak dan syaraf si kecil.

  • Vitamin dan Mineral

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil juga ibu menyusui, kedua nutrisi ini berperan dalam proses pertumbuhan juga metabolisme dalam tubuh. Selain itu vitamin dan mineral juga berfungsi dalam pembentukan energi dimana ibu hamil dan menyusui membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan kondisi normal (saat tidak hamil/menyusui).

  • Sudah Halal

Produk Blackmores pregnancy and breastfeeding gold ini sudah melalui porcine test dan hasilnya porcine free, jadi halal untuk dikonsumsi. Untuk sertifikat halal saat ini sedang dalam proses registrasi.

  • Sudah Teruji Klinis

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan produk yang sudah lama dan menjadi suplemen terkemuka di Australia. Melalui Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) kini kita bisa mendapatkan suplemen ini dengan mudah, produk yang berkualitas tinggi dengan bahan alami serta sudah teruji klinis.

Selain itu Kalbe Blackmores Nutrition juga memiliki komitmen dalam mendukung pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. KBN ikut berkontribusi dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 pada bulan Agustus ini melalui kerja samanya dengan Yayasan non-profit yaitu Bumi Sehat. Yayasan ini memberikan perawatan bagi ibu dan bayi untuk pengupayaan kelahiran yang layak juga menjalankan tiga Pusat Kesehatan dan Pendidikan Masyarakat di Indonesia.

Bumi Sehat Foundation

Sudah sejak 2017 Kalbe Blackmores Nutrition ber kerjasama dengan Bumi Sehat Foundation untuk mendukung agar setiap ibu dan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dan kesehatan mereka terjamin. KBN melalui Yayasan Bumi Sehat sudah menyalurkan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di klinik Bumi Sehat. Semoga kerja sama ini terus berkelanjutan ya sehingga semua ibu dan bayi di Indonesia bisa terpenuhi nutrisi juga kesehatannya.

Masa-masa hamil dan menyusui akan menjadi moment terpenting seorang ibu yang tidak bisa diulang, yuk moms kita optimalkan dengan pemenuhan nutrisi yang cukup dan tepat. Bantu penuhi kebutuhan nutrisi dengan Suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang bisa dipersiapkan sejak masa kehamilan karena ASI Bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. Suplemen ini bisa moms dapatkan di beberapa E-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli yang bertuliskan Official Store ya moms. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi Website Blackmores atau Official Instagram Blackmores.

Semoga Bermanfaat

Happy World BreastFeeding Week Moms,  Support breastfeeding for a healthier planet

38 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares