Healthy,  Parenting,  Review

Peran Ayah Dalam Mendukung Pemberian ASI

Sharing this:

Empower Parents, Enable Breastfeeding

Itu menjadi slogan yang diangkat dalam pekan ASI sedunia tahun ini. Aku sangat setuju dan merasakan betul bahwa dukungan dari orang terdekat khususnya suami menjadi faktor keberhasilan dalam mengASIhi. Perjalanan memberikan ASI bukan saja dilalui oleh ibu seorang diri tapi harus ada keterlibatan ayah di dalamnya. Peran ayah ASI sangat penting dan begitu dibutuhkan ibu agar produksi dan kualitas ASI bisa maksimal, ibu juga bisa bahagia dalam mengASIhi.ASI menjadi sumber nutrisi terbaik bagi anak-anak kita yang Allah titipkan seiring si kecil hadir ke pelukan kita. Hanya ASI moms yang mengandung jutaan antibodi alami yang sangat dibutuhkan bayi.

Banyak sekali manfaat ASI yang tidak hanya berguna bagi bayi tapi juga bagi kita, para ibu menyusui. Manfaatnya yang begitu banyak membuat ASI sangat dianjurkan pemberiannya hingga usia anak 2 tahun.Setiap ibu pasti memiliki perjalanan dan perjuangan tersendiri dalam memeberikan ASI untuk si kecil, dari mulai ASI sulit keluar, putting lecet hingga ibu harus mengalami mastitis. Dukungan dari orang terdekat untuk terus memberikan afirmasi positif bisa membantu ibu melalui segala ujian tersebut dengan baik. Gak cuma itu, bekal ilmu tentang dunia perASI-an juga penting dimiliki agar kita tau dan siap mengatasi beberapa rintangan saat mengASIhi moms.

Alhamdulillah era digital saat ini begitu mempermudah kita ya moms untuk mengakses segala informasi dan ilmu dari berbagai platform. Begitu pula acara-acara offline yang bisa kita jadikan kesempatan berburu informasi bermanfaat langsung dari narasumber sekaligus ajang untung me time. Seperti event yang baru-baru ini aku hadiri bersama suami dan anakku, event persembahan dari Prenagen dan Hello Sehat yang diadakan di Eighty Nine Eatery & Spirits Kemang.

Event ASI DARI DUA SISI

acara ASI dari dua sisi yang diadakan Prenagen
Event ASI Dari Dua Sisi

Sabtu, 16 November 2019 kemarin Prenagen dan Hello Sehat mengajak para pejuang ASI termasuk Ayah untuk sama-sama belajar lagi. Event yang bertajuk ‘ASI DARI DUA SISI’’ ingin kembali mengedukasi bahwa tanggung jawab dalam pemberian ASI ini bukan saja menjadi tanggung jawab ibu seorang tapi harus ada peran ayah di dalamnya. Jadi ayah dan ibu harus menjadi tim solid yang saling bekerja sama dan terus belajar bersama untuk menyukseskan proses mengASIhi.

Event ASi Dari Dua Sisi ini menggandeng narasumber yang kompeten dibidangnya seperti Bidan Israna Atikah, S.Keb dan sharing pengalaman keberhasilan menyusui dari influencer Febie Arimbhie. Event ini sekaligus diadakan untuk memperingati hari Ayah yang jatuh setiap tanggal 12 November. Tak hanya sosok ibu yang punya andil besar bagi tumbuh kembang anak dan urusan rumah tangga lainnya tapi ada peran ayah yang luar biasa.

Faktor Kelancaran Produksi ASI

Menurut Febie Arimbie, banyak sekali hal yang bisa Ayah lakukan untuk menyukseskan proses menyusui seperti terus memberikan afirmasi positif atau dukungan moril agar ibu tidak mudah stress dalam melewati berbagai tantangan saat menyusui. Selain itu peran ayah juga diperlukan dalam meringankan pekerjaan rumah tangga agar ibu bisa sejenak beristirahat. Melalui event ini aku juga makin percaya bahwa faktor pertama dan terpenting dalam kesuksesan mengASIhi adalah kondisi pikiran dan hati kita. Apa yang kita sugestikan dalam diri akan sangat berpengaruh, makanya mood dan kondisi psikis ibu perlu dijaga dan diperhatikan. Selain kondisi ibu yang harus bahagia ada beberapa faktor lain yang bisa membantu produksi ASI bisa lebih maksimal seperti:

  • Afirmasi Positif , ini tuh sama pentingnya seperti menjaga kondisi psikis agar terus bahagia. Hormon endorphin alias hormone bahagia juga didapatkan dari afirmasi positif yang kita tanamkan dalam diri sendiri maupun dari orang terdekat kita.
  • Istirahat yang cukup
  • Sering menyusui, konsep ASi itu supply by demand, semakin banyak frekuensi menyusui maka produksi asi akan semakin banyak
  • Pijak oksitosin

PIJAT OKSITOSIN

Pijat Oksitosin ini merupakan pijatan yang dilakukan untuk mengeluarkan hormone oksitosin, hormone yang berfungsi untuk memproduksi ASI. Di event ASI dari dua sisi kemarin, Bidan Israna memberikan tutorial cara pemijatan oksitosin yang benar, sekaligus mengajarkan para ayah ASI untuk mempraktekkan pijatan ini di rumah. Melakukan pijatan oksitosin ini menjadi salah satu peran ayah untuk mendukung ibu dalam mengASIhi si kecil.

Pijat Oksitosin ini selain memperlancar produksi ASI, bisa mempercepat proses pemulihan juga pasca melahirkan, melenturkan putting susu hingga mengatasi berbagai masalah lain yang biasanya dialami ibu menyusui seperti putting susu yang tenggelam, payudara bengkak hingga ASi yang sulit keluar.

Penjelasan Bidan Israna terkait peran Ayah dalam mendukung pemberian ASI
Bidan Israna Atikah

Untuk melakukan pijat oksitosin kita perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti handuk, waslap, kapas, baby oil, air panas, air dingin dan juga hand sanitizer. Pastikan tangan bersih sebelum melakukan pemijatan ini. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan putting susu terlebih dahulu. Caranya cukup mudah moms, yaitu dengan menempelkan kapas yang sudah diolesi dengan baby oil ke putting susu sambil ditahan selama 3 menit. Setelah itu lepaskan sambil ditekan dan diputar merata hingga ke sekitar areola.

Sebelum melakukan pijatan, oles kedua tangan dengan baby oil terlebih dahulu. Pemijatan bisa menggunakan kepalan tangan atau dengan cara mengusap lembut. Posisi ibu harus rilex dan tidak kaku, enaknya lagi ibu bisa sambil bersandar atau mengunakan bantal. Selain pijat oksitosin, kita juga bisa melakukan kompres pada payudara dan punggung guna memperlancar ASI dan mengurangi payudara bengkak akibat saluran susu tersumbat.

  • Asupan Nutrisi

Nutrisi membantu memperlancar ASI sekaligus meningkatkan kualitasnya. Bayi akan memperoleh zat gizi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Selain dari makanan padat yang sehat, asupan nutrisi bisa kita peroleh dari konsumsi susu. Pastinya di dalam susu ada nutrisi baik yang diperlukan tubuh apalagi susu yang memang diformulasikan khusus bagi ibu menyusui. Mengingat pentingnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak, Prenagen terus berupaya menyediakan rangkaian produk yang bisa para moms pilih untuk pemenuhan zat gizi. Dari mulai perencanaan kehamilan hingga masa menyusui.

Paparan dari Narasumber terkait pentingnya peran Ayah untuk menjaga asupan nutrisi bagi si Ibu
Narasumber Event ASI Dari Dua Sisi

Mba Ilona selaku Senior Brand Manager Prenagen menjelaskan bahwa Prenagen memiliki range produk yang cukup lengkap bagi para ibu dan juga si kecil. Sesuai dengan tagline Prenagen yakni Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui maka Prenagen bisa menjadi partner kita untuk mempersiapkan nutrisi sejak dini bagi buah hati. Tersedia susu dengan varian rasa lengkap yang diperuntukkan bagi ibu yang sedang merencanakan kehamilan, ibu hamil, ibu hamil yang mengalami mual dan juga ibu menyusui. Komposisi nutrisi yang terkandung dalam Prenagen mampu mendukung pemberian ASI.

Soft Launching Prenagen Almond Barley Soya

Dalam event kemarin, Prenagen sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yaitu UHT Prenagen Almond Barley Soya. Beruntungnya aku menjadi salah satu dari 25 moms yang pertama kali mencoba produk terbaru dari Prenagen ini. Jadi event kemarin menjadi kali pertama UHT Prenagen terbaru ini diperkenalkan. Inovasi terbaru dari Prenagen yang dikhususkan bagi ibu menyusui yang intoleransi susu sapi atau sedang mengurangi produk olahan.

varian baru dari Prenagen

Prenagen Almond Barley Soya ini dikemas menjadi susu siap minum yang sangat praktis. Kemasan UHT seperti ini mempermudah kita untuk minum susu kapan saja dan dimana saja. Setelah aku coba rasanya, sangat berbeda dengan susu soya kebanyakan. Rasa soyanya tidak terlalu terasa, manisnya pas dan pastinya jauh lebih enak dikonsumsi dalam keadaan dingin. Produk ini juga mengandung asam folat yang sangat diperlukan ibu hamil dan menyusui, sama seperti kandungan nutrisi prenagen bubuk.

Selain mengandung sumber asam folat, Prenagen Almond Barley Soya ini juga rendah lemak dan rendah laktosa. Siap dibawa kemanapun moms beraktifitas agar tidak lupa untuk menambah asupan nutrisi dengan minum susu. Produk terbaru Prenagen yang dikhususkan bagi ibu menyusui ini menambah daftar produk Kalbe Farma yang bisa moms kumpulkan pointnya. Yes jadi selain mendapatkan kebaikan nutrisinya, moms juga bisa mendapatkan rewards dari setiap produk Kalbe yang moms gunakan.

Kalbe Family Gift

Seperti yang disampaikan oleh Mba Marissa, Head of Marketing Kalbe Farma bahwa Kalbe secara khusus telah menyiapkan berbagai hadiah dan promo menarik bagi setiap pelanggan setianya. Setiap masing – masing produk akan bernilai point tertentu yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah menarik yang tentunya juga bermanfaat. Kalbe Family Gift ini terdiri dari voucher belanja, jam tangan, alat memasak hingga smartphone keren. Untuk mendapatkan benefit dari Kalbe Family Gift tersebut caranya cukup mudah moms. Kita bisa melakukan pembelanjaan produk Kalbe di Kalbestore atau di toko terdekat yang moms biasa kunjungi.

  • Member Melalui Website

Registrasikan diri pada website Kalbe yaitu www.kalbestore.com agar moms bisa melakukan pembelanjaan. Dengan belanja minimal Rp. 200.000 maka secara otomatis moms akan menjadi member Kalbe dan pihak Kalbe akan mengirimkan kartu membership ke alamat moms.

Setelah mendapatkan kartu member, untuk selanjutnya moms login saja ke website untuk mengetahui update point, penambahan point, mengetahui hadiah yang bisa didapatkan hingga informasi lainnya. Jika moms ingin menukarkan hadiah maka moms cukup mengisi formulir penukaran poin Kalbe Family. Selanjutnya hadiah yang moms sudah pilih akan diantar langsung ke alamat yang sudah tertera, mudah ya.

  • Melalui Whatsapp

Saat ini Kalbe Family memberikan kemudahan melalui system top up point via whatsapp. Jadi moms tidak perlu mengisi formulir ataupun mengirimkan struk beserta bukti pembelian karena semua bisa dilakukan melalui whatsapp saja. Moms bisa mengirimkan bukti pembelanjaan melalui pesan whatsapp, selanjutnya point akan bertambah. Namun ada yang perlu diperhatikan yaitu foto struk harus terlihat clear atau jelas. Jangan lupa untuk menyertakan informasi detail mengenai data diri moms, struk pembelian seperti tanggal dan paraf hingga nomor member. Informasi lebih lengkapnya moms bisa lihat di website kalbe

Jadi aku happy banget dengan datang ke event ASI Dari Dua Sisi kemarin, informasi aku dan suami semakin bertambah, jadi tau peran apa saja yang ayah bisa lakukan untuk mendukung proses mengASIhi dan faktor apa saja yang bisa dimaksimalkan untuk membantu kelancaran ASI. Yuk moms terus berupaya memberikan yang terbaik bagi buah hati dengan ASI Eksklusif.

Semoga bermanfaat…

14 Comments

  • Avatar for Renayku
    Renayku

    Wah prenagen emg paling keren deh. Varian rasa susunya enak semua. Udah gitu bagusnya low fat semua susu untuk promil, hamil, hingga melahirkan. Semangat bgt deh aku ini kalo disuruh minum prenagen hebe

    • Avatar for Aini
      Aini

      Yap bener banget. ASI bukan menjadi tanggungjawab seorang ibu. Seorang suami yang turut berpartisipasi dalam program lancarkan ASI adalah suami hebat dan pasti makin disayang istri heheh

  • Avatar for Julia
    Julia

    Ayah yang menjadi support system Ibu Dalam memgASIhi mempunyai peranan penting Yang dapat membantu sang Ibu merasa tenang Dan bahagia agar ASI yg dihasilkan berlimpah

  • Avatar for Aini
    Aini

    Yap bener banget. ASI bukan menjadi tanggungjawab seorang ibu. Seorang suami yang turut berpartisipasi dalam program lancarkan ASI adalah suami hebat dan pasti makin disayang istri heheh

  • Avatar for Diani Sekaring
    Diani Sekaring

    Truu mbak bener banget.. dukungan pak suami itu segalanya, bahkan buat hal-hal simpel kayak mijetin istri saat kecapekan, bantu istri ngasih asip, atau beliin makanan kesukaan istri itu rasanya luar biasa banget.

  • Avatar for Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni

    Betuuuul. Ayah, walau tak menyusui tapi selalu ada di setiap sisi :’) btw selama menyusui belum pernah Coba pijat pksitosin, telat taunya, keburu nyapih, hehe. Padahal ngefek banget bikin ibu rileks 😀

  • Avatar for ajeng pujianti lestari
    ajeng pujianti lestari

    Waahh, serunya bisa ikutan acara ini. Baca artikel ini juga bikin aku jadi kangen menyusui, tapi aku enggak mau hamil lagi, hehe.

    Alhamdulillah ya, jaman sekarang pengetahuan tentang menyusui makin gencar, boosternya pun macam-macam

  • Avatar for Leila
    Leila

    Baru tahu ada program reward Kalbe yang seperti itu, menarik sekali buat yang rutin pakai produk-produknya, ya. Dengan variasi produk yang luas, ada produk untuk masing-masing anggota keluarga, pasti benefitnya terasa kalau bergabung jadi Kalbe Family.

  • Avatar for anesa nisa
    anesa nisa

    been there, done there di anak pertama.
    Aku inget banget dulu waktu bayiku kuning dan posisinya ku udah di rumah. Pas ujan, bapake nganterin susu perasan yang jumlahnya alhamdulillah cukup. malem-malem pulak! Pas pulang bapaknya cerita, kata susternya, anaknya nangis melulu. Ibunya suruh tenang. HUAAAAAA di situ ku mewek kabeeehh T_T

    Eniwei waktu aku menyusui minumnya prenagen. Trus belum lama ini aku jadi member KALBE. Beneran bayak diskon dan plus-plusnya lho jadi member di sana. Sayangnya aku males banget buat ke counternya. Jadi jarang ikutan olahraga dari KALBE nya sendiri deh. HUhuhuhuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares