Lifestyle

Siapkan Perlindungan Kesehatan Keluarga Sedini Mungkin

Sharing this:

Menuju usia 30an membuat aku mulai merasakan beberapa keluhan kesehatan. Bangun tidur kok kepala agak pusing ya, terkadang perut keram seperti terikat kencang dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Rasa khawatir semakin bertambah ketika mengingat apa saja yang sudah aku makan dan niat olahraga rutin yang belum aku realisasikan.

Usia memang mempengaruhi kondisi kesehatan setiap individu namun pola hiduplah yang ternyata memiliki andil besar dalam menentukan kesehatan kita saat ini dan masa depan kelak. Apa yang kita konsumsi dan bagaimana kita menjalani hidup, baik kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa.

Saat ini concernku tidak hanya pada kesehatanku saja tapi juga suami dan anak-anak. Merekalah yang menjadi source of happiness ku di rumah, terbayang kalau mereka sakit. Pastinya rumah sepi dan banyak hal yang jadi terbengkalai.

Sebagai mom millennial aku sangat sadar betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat demi kualitas hidup dan pastinya keuangan yang lebih baik. Iya donk kesehatan itu sangat mempengaruhi keuangan keluarga. Apalagi biaya kesehatan saat ini sulit sekali diprediksi. Bayangkan saja jika harus terus-terusan sakit, pastinya keuangan keluarga juga jadi berantakan.

Sudah banyak literasi keuangan yang membahas soal dampak kesehatan yang mengganggu kondisi keuangan keluarga. Makanya banyak financial planner yang memberikan rekomedasi untuk mempersiapkan perlindungan sejak dini. Sejauh ini kami baru mempersiapkan perlindungan berupa dana darurat. Harapannya dana darurat itu tidak digunakan sih tapi jika memang harus keluar, semoga jumlahnya bisa mengcover biaya pengobatan. Tapi apakah sudah aman hanya dengan menyiapkan dana darurat?

pentingnya perlindungan kesehatan keluarga
Sumber foto by Roy Degaldo

Tentu saja tidak. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Persiapkan banyak preventif planning untuk menjaga hal – hal yang tidak bisa diprediksi. Baru- baru ini aku tersadar akan pentingnya perlindungan kesehatan saat ayah mertuaku harus operasi jantung. Sakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya dan pastinya tidak ada yang menginginkannya. Saat itu tidak hanya kesabaran yang diuji tapi juga secara finansial sangat menguras biaya.

Biaya operasi besar tersebut berkisar ratusan juta belum lagi beliau harus melakukan checkup sebulan sekali. Kejadian itulah yang membuat aku sadar, kesehatan itu jadi investasi dan perlu dilindungi sejak dini. Mempersiapkan perlindungan kesehatan keluarga sejak awal bahkan kalau bisa sebelum menikah atau saat merencanakan untuk berkeluarga.

Perlindungan yang perlu kita miliki bisa bermacam – macam. Saat ini banyak sekali produk perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahkan anggaran yang kita miliki. Kita tinggal menyesuaikan produk perlindungan yang dipilih dengan kemampuan finansial kita. Pastinya sudah saatnya kita memiliki perlindungan bagi kesehatan keluarga.

Siapkan Perlindungan Sejak Awal

  • Kenali kebutuhan

Hal pertama yang perlu kita perhatikan saat memilih produk perlindungan kesehatan adalah mengenali kebutuhan apa saja yang kita inginkan. Ada banyak produk perlindungan yang bisa mengcover berbagai biaya pengobatan, dari mulai rawat jalan hingga rawat inap. Apakah kita perlu keduanya atau hanya saat rawat inap saja. Semua itu bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan.

  • Anggarkan biaya

Sudah tugasnya ibu mengatur keuangan keluarga setiap bulannya, menempatkan uang sesuai pos masing – masing. Sebagai chief yang mengatur cashflow keuangan, sudah saatnya kita para ibu membuat pos baru yang nantinya difungsikan sebagai biaya perlindungan kesehatan.

  • Rencanakan Sejak Awal

Perencanaan yang baik dan matang jauh lebih baik dibanding mempersiapkan saat kejadian. Ada beberapa orang yang memang bisa mempersiapkan perlindungan sebelum memutuskan berkeluarga, selain tabungan kesehatan dia sudah memiliki perencanaan untuk memiliki produk perlindungan bagi keluarganya kelak. hal itu dilakukan karena memang lebih banyak pengeluargan dan biaya tak terduga saat sudah berkeluarga. Jadi buat kalian yang masih single, perbanyaklah menabung:)

Kesehatan keluarga merupakan investasi masa depan yang sesungguhnya. Kerja keras kita saat ini tidak akan berarti jika kita atau keluarga mengalami sakit. Selain menjaga pola hidup untuk lebih sehat, sudah saatnya kita melindungi mereka dengan produk perlindungan yang tepat.

Sequis For Better Tomorrow

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares